Tuesday, July 23, 2019

Liburan Nyaman Tanpa Macet di Bandung

Sumber: ayobandung.com

Ingin jalan-jalan ke Bandung? Tapi enggak suka sama macetnya Bandung di akhir pekan? Atau jangan-jangan cuma saya saja yang kalau enggak terpaksa malas keluar rumah pas akhir pekan? Hihihi.... Ya, siapa tahu ada yang sama kaya saya, ingin menikmati berbagai wisata di Bandung tapi malas macet-macetan, bisa membaca tips sederhana dari saya nih.

Pertama, pilih objek wisata yang berada di satu kawasan. Misalnya nih, mau melihat penangkaran rusa di Ranca Upas, berarti barengnya sama Kawah Putih, Pinisi Resto, dan lain-lain deh yang berada di sekitar Ciwidey dan Pangalengan. Soalnya saya pernah tuh jalan-jalan menemani teman dari Jakarta, siangnya ke Ciwidey, terus dilanjut makan malam di Dago. Ya oke-oke saja sih, tapi asa capek pisan. 

Kedua, pilih penginapan di sekitar kawasan tersebut. Jadi enggak perlu macet-macetan atau pergi buru-buru biar enggak kena macet. Bisa curi start juga kan, sampai ke tempat wisata lebih cepat, sementara yang lain baru pada berangkat. 

Untuk penginapannya, teman-teman bisa mencoba bermalam di apartemen. Apalagi kalau sama keluarga besar, daripada menginap di hotel, lebih hemat menginap di apartemen. Ada dapurnya juga, hohoho.... Berikut beberapa apartemen murah di Bandung yang lokasinya cukup strategis, dekat dengan kawasan wisata.

Kawasan Dago

Di sini, ada Beverly Dago Apartment. Lokasinya berada di Jalan Sangkuriang No. 15. Tempatnya asyik deh, bisa duduk di balkon sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan Kota Bandung.

Sumber: traveloka.com

Tentunya, tempat wisata yang ada di sekitar Dago ini enggak perlu diragukan lagi ya, banyak. Bagi teman-teman yang ingin menikmati wisata alam sekaligus wisata sejarah, bisa trekking di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda. Tapi kalau hanya ingin jalan-jalan cantik, bisa main ke Forest Walk Babakan Siliwangi. Atau kalau mau mengumpulkan foto-foto yang Instagramable, bisa mengunjungi Dago Dreampark.


Wisata kulinernya? Eugh, lebih banyak lagi. Para penggemar mi, bisa memuaskan lidah di WaLe (Warung Lela). Jika ingin menu tradisional, bisa mencoba Boemi Joglo yang nasi liwet dan mendoannya nikmat banget. Atau mau dinner romantis sama pasangan? Banyak restoran yang bisa dipilih. Seperti The Valley Bistro Cafe, Sierra Cafe, Vitamin Sea, dan lain-lain.

Kawasan Cihampelas

Di kawasan ini ada Jarrdin Apartment Cihampelas. Lokasi tepatnya yaitu di Jalan Cihampelas No. 10. Banyak review bagus dari teman-teman yang pernah menginap di sini. 

Sumber: traveloka.com

Teman-teman pasti sudah tahu kan, bahwa Cihampelas ini merupakan sentra jeans di Bandung yang terkenal banget. Namun selain itu, di sini juga ada Bandung Skywalk Cihampelas atau yang lebih dikenal dengan sebutan Teras Cihampelas di mana teman-teman bisa jalan-jalan sambil menikmati jajanan khas Bandung. Serta yang terbaru nih, ada tempat wisata selfie juga bernama This is Me. Untuk wisata edukasinya teman teman bisa sedikit turun ke ke Kebun Binatang Bandung dan Museum Geologi.


Adapun untuk wisata kulinernya, tersedia banyak pilihan baik di Jalan Cihampelas maupun Jalan Cipaganti. Seperti Bakso Semar, Iga Bakar Cairo, atau Sapu Lidi di Jalan Cihampelas. Serta Mi Ayam Cipaganti, Bakso Malang Cipaganti, dan Cireng Cipaganti, yang pastinya berada di Jalan Cipaganti sesuai namanya, hehehe.... Oh iya, di Jalan Cipaganti juga ada restoran sop buntut yang enak banget, namanya Dapur Dahapati. Atau kalau mau steak, di sebelahnya ada Steak Hotel by Holycow!


Kawasan Ciumbuleuit

Nah, bagi teman-teman yang akan mengunjungi tempat wisata di daerah Ciumbuleuit dan Setiabudi, bisa menginap di Galeri Ciumbuleuit Apartment. Lokasinya berada di Jalan Ciumbuleuit No. 56.

Sumber: traveloka.com

Kalau teman-teman suka foto-foto, bisa mengunjungi Rabbit Town di Jalan Ciumbuleuit atau Amazing Art World di Jalan Setiabudi. Oh iya, atau bisa juga ke D'Dieuland di kawasan wisata Punclut. Selain foto-foto, di sana ada tempat makan dan tempat mainnya juga. Lengkap.

Wisata kulinernya pun enggak kalah seru. Ada Miss Bee Providore, Nara Park, dan Kalpa Tree yang kekininan di sekitar Ciumbuleuit. Di sekitar Setiabudi juga banyak banget. Kalau mau menikmati masakan Sunda bisa ke Ma Uneh, kalau mau ngemil sore bisa ke Surabi Enhaii, atau kalau mau ngopi sambil makan gorengan dengan suasana yang berbeda bisa ke Warkop Modjok. Jangan lupa, ada juga restoran legendaris, Suis Buthcer dan Winner Brartwurst. Duh, menulis ini jadi lapar sendiri deh, hehehe....


Sebenarnya masih banyak banget kawasan wisata lain di Bandung. Tapi sementara segini dulu ya. Selamat memilih. Dan selamat liburan di Bandung.

19 comments :

  1. Aku pernah loh staycation semalem di Galeri Ciumbuleit Apartemen yg di gambar itu mbak, waktu itu rame2 sama tmn, lumayan enak tempatnya, kebetulan agak staategis sama lokasi yg masuk wishlist selama di bandung hehehe

    ReplyDelete
  2. Sama mbak, seneng banget sebenernya jalan-jalan ke Bandung. Tapi macetnya itu yang bikin ngebayanginnya aja udah terasa berat :P

    ReplyDelete
  3. Aku taunya cuma tiga kawasan itu doang, ternyata emang yang direkomendasikan ya Mba. Tapi tetep udah ke sana beberapa kali masih aja banyak tempat yang belum dicoba, hehe

    ReplyDelete
  4. Belum pernah ih bener-bener liburan di kota Bandung. Jadi makin pengen setelah baca ini. Dapet tips untuk menghindari macet kan ya, haha. Kan males liburan malah kena macet

    ReplyDelete
  5. kalo ke BDG, wajib datang dgn perut kosong ya :D
    Soale, kulinernya banyaaaakk dan semuanya menggiurkan
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Aku baru sekali ke kawah putih sama situ patenggang dulu mba. Itupun sudah lamaaa... Pengen deh kesana lagi. Semoga aman dr macet...

    ReplyDelete
  7. Judulnya menarik sekali Mba. Mana ada di Bandung ga macet ya. Tapi supaya liburan tetap asik. Enak juga ya bisa ngikutin cara yang Mba tulis

    ReplyDelete
  8. Wah...referensinya lengkap banget nih, jadi bisa milih lokasi yang dekat dengan destinasi wisata apalagi Bandung sekarang lumayan macet...hihihi, jadi jangan nginap di lokasi yang jauh.

    ReplyDelete
  9. Wah jadi kangen Bandung dengan aneka jajanannya.
    Emang ya, kalau perginya rombongan lebih enak sewa apartemen. Malam-malam ngobrol di temani kopi atau mie rebus nggak masalah, kan ada dapurnya

    ReplyDelete
  10. Iyaa, betul banget Nat, ni anakku studi tur nanti rutenya satu kawasan aja biar mudah dan ngga macet ya...aku pernah menginap di apartemen Bandung pas ngejuri di Mizan..

    ReplyDelete
  11. aku kayaknya kalo ke bandung juga pengennya nginep di apartemen aja sih, secara bawa anak 4 kan jadi kayaknya lebih enak aja gitu. biar bisa masak makanan si bayik juga sih

    ReplyDelete
  12. Wihhh Bandung.. bener-bener, yaa.. banyak pilihan tempat wisata, tempat menginap, dan aneka kuliner lezat. Sayang banget aku belum pernah ke Bandung. Hiks. Semoga suatu saat bisa menikmati liburan di Bandung ☺️

    ReplyDelete
  13. Liburan di Bandung tp ga ketemu macet itu pasti nyenengin banget
    Soale klo ke bandung ga pernah ga ketemu macet euy hahaha

    ReplyDelete
  14. Wah, kenapa aku nggak kepikiran sewa apartemen aja ya. Padahal, hampir tiap tahun ada acara di Bandung. Eh, hotelnya selalu balik ke yang itu-itu aja. Pengin nyoba apartemen yang di Ciumbuleuit nih. Biar sekalian dolan-dolan daerah situ. Cos kalau Dago sama Cihampelas udah keseringan.

    ReplyDelete
  15. Ku pernah nginep di Galeri Ciumbuleuit Apartment, anak-anak betah banget di sana :)
    Kangen Bandung, dulu semasa tinggal di Jakarta, bisa dua bulan sekali ke Bandung.

    ReplyDelete
  16. Hotelnya bagus banget nie jadinya bisa buat rekomendasi hotel kalau kebandung... Pengen kesanaaa nie jadinyaaa

    ReplyDelete
  17. Laa..Beverly Dago ini dekkkeet banget ama rumahku pas tinggal di Dago.
    Semua fasilitasnya oke banget.
    Deket ke mana-mana pula.

    ReplyDelete
  18. Bandung... Banuak bgt tempat wisatanya. Aku pernah ke Bandung, pas SMP

    ReplyDelete