Monday, August 17, 2020

Mitos dan Fakta Medis Kedutan Mata Kiri

kedutan mata kiri atas

Teman-teman pernah mengalami kedutan di mata kiri? Sebagian besar orang pernah atau bahkan sering juga mengalami kedutan mata kiri atas. Banyak sekali orang yang menyangkut pautkan kedutan dengan mitos-mitos berada di sekitar kita dan beredar dari mulut ke mulut. Karena di Indonesia, hal yang seperti itu masih saja dipercayai oleh masyarakat.

Padahal dunia medis meyakini bahwa kemunculan kedutan mata bisa terjadi karena ada masalah dalam bagian tertentu. Nah, kali ini saya akan membahas beberapa mitos dan fakta medis agar teman-teman lebih paham. Selamat menyimak.

Untuk pembahasan pertama, saya akan menyebutkan beberapa mitos yang beredar mengenai kedutan mata kiri atas, diantaranya yaitu:

1. Akan bertemu dengan pasangan 
Jika teman-teman mengalami kedutan di bagian mata kiri atas, katanya menandakan bahwa teman-teman akan segera bertemu dengan kekasih yang selama ini dinantikan dan dirindukan. Akan tetapi mitos ini dipercayai jika teman-teman memiliki pasangan atau sedang menjalani hubungan jarak jauh. 

2. Bertemu sahabat 
Selain bertemu dengan pasangan, mengalami kedutan di bagian mata kiri atas juga menandakan teman-teman akan dipertemukan dengan sahabat yang sudah lama enggak bertemu. Wah, bagaimana, apakah teman-teman percaya dengan mitos ini? 

3. Mendapatkan keberuntungan 
Menurut sebagian masyarakat, jika teman-teman mengalami kedutan mata di bagian kiri juga dipercayai akan mendapatkan keberuntungan. Keberuntungan yang bisa didapatkan berbeda-beda, mulai dari bentuk harta, seseorang yang dicintai, dan lain sebagainya. 

Mungkin itu beberapa mitos yang paling sering terdengan dari masyarakat. Terserah sih teman-teman mau percaya atau enggak. Tapi menurut saya sih, kita hanya boleh percaya kepada Tuhan ya. 

Selain beberapa mitos yang telah saya sebutkan tadi, ternyata ada fakta medis yang menunjukkan bahwa kedutan di mata kiri atas itu berarti memiliki masalah di area kelopak mata. Yuk, simak fakta dari sisi medisnya.

Menurut ahli kedokteran, jika teman-teman mengalami kedutan di bagian mata, bisa terjadi karena adanya beberapa faktor, yaitu: 

1. Mata lelah 
Mata kiri yang sering mengalami kedutan biasanya terjadi akibat aktivitas yang dijalani setelah seharian penuh. Dengan menggunakan mata untuk bekerja di sepanjang hari, dapat membuat mata menjadi lelah. Mata yang kelelahan biasanya mengalami kedutan akibat saraf mata yang menegang. Selain itu, kurangnya tidur juga dapat meningkatkan risiko untuk mengalami kedutan mata. Dengan mencukupi kebutuhan istirahat, teman-teman dapat menghindari berbagai macam gangguan kesehatan. 

2. Mata kering 
Mata yang kering biasanya sering kali dialami oleh seseorang yang bekerja di depan layar komputer. Maka dari itu, jika teman-teman bekerja terutama contohnya sebagai admin, biasanya sering mengalami kedutan mata, karena sepajang hari menghadap ke layar komputer. Hal tersebut bisa membuat mata menjadi kering. Oleh karena itu, jika teman-teman ingin terhidar dari kedutan mata, sebaiknya teman-teman menjaga mata sebaik mungkin. 

3. Bell’s Palsy 
Kedutan mata kiri atas kemungkinan juga disebabkan oleh Bell’s Palsy. Bell’s Palsy ini adalah kondisi yang bisa menyebabkan kelemahan atau paralisis sementara pada otot wajah teman-teman. Masalah ini biasanya timbul karena saraf wajah teman-teman membengkak atau tertekan. 

Oke, sekian ya. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi dan menambah wawasan yang bermanfaat bagi teman-teman mengenai mitos dan fakta seputar kedutan di mata kiri.

No comments :

Post a Comment