Sunday, September 27, 2020

AvatarOn untuk Desain Interior Rumah yang Lebih Personal


"A house is made of bricks and beams
A home is made of love and dreams"

#RumahAdalah segalanya. Bukan hanya tempat untuk tinggal, berlindung, beristirahat, dan beraktivitas, tetapi juga tempat di mana doa dilantunkan, cinta ditumbuhkan, dan impian dilambungkan.

Yup, semuanya berawal dari rumah.
  • Bagi saya, rumah adalah ladang. Tempat menabur dan menuai kasih sayang. 
  • Bagi suami, rumah adalah tempat pulang. Untuk melepas lelah dan melabuhkan rindu.
  • Bagi si sulung, rumah adalah laboratorium. Tempat berkarya dan berkreasi.
  • Serta bagi si bungsu, rumah adalah taman bermain. Tempat pertama belajar mengenal dunia.

Oleh karena itu, selama ini saya berusaha agar rumah yang kami tinggali selalu sehat, aman, dan nyaman.

Sehat berarti rumah yang kami tinggali selalu bersih. Cahaya matahari bisa masuk dengan leluasa. Sirkulasi udara lancar karena memiliki ventilasi yang baik. Ketersediaan air bersih mencukupi. Dan lain-lain.

Aman berarti rumah yang kami tinggali dapat melindungi dari bahaya. Child friendly juga, sehingga anak-anak bisa bebas bereksplorasi tanpa khawatir tersengat listrik, jatuh dari tangga, terluka karena benda tajam, dan lain-lain.

Nyaman berarti rumah yang kami tinggali bisa memfasilitasi semua kebutuhan anggota keluarga. Meski ukurannya enggak besar, tapi kami bisa melakukan semua aktivitas di rumah dengan leluasa.

Tapi jujur dari segi desain interior, rumah kami tuh sangat biasa. Saya jarang menghias rumah. Lebih senang mengisi rumah dengan barang-barang berdasarkan fungsinya. Enggak pernah memedulikan bahannya bagaimana ataupun warnanya apa, yang penting kualitas dan manfaatnya. 

Hasilnya rumah kami polos banget. Enggak ada konsep maupun tema. Ruang tamu, ruang tengah, kamar tidur utama, kamar tidur anak, moodnya sama semua. Yang agak berbeda hanya dapur dan kamar mandi, hihihi....

Setelah enam bulan di rumah aja, akhirnya hati ini terketuk juga untuk mulai mempercantik rumah. Dengan desain yang minimalis namun tetap hangat, supaya menjadi semakin betah lagi. Tapi bingung deh, mulai dari mana ya....

Makanya, rasanya senang sekali ketika saya mendapatkan kesempatan dari Kumpulan Emak-Emak Blogger untuk menghadiri diskusi “Wujudkan Tiap Ide #RumahAdalah Bagi Anda dengan Personalisasi”. Acara yang diadakan oleh Schneider Electric ini digelar secara virtual, pada hari Kamis, 17 September 2020 yang lalu. 


Pentingnya Mendesain Interior Rumah yang Lebih Personal

Narasumber pertama, Rina Renville, Chairman Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta menyampaikan bahwa di era digital ini, semakin banyak orang yang bisa bekerja dari rumah. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Bukan hanya bekerja, semua aktivitas harus dilakukan di rumah.


Betul banget nih. Selama enam bulan ini, sudah jelas suami WFH (Work from Home) dan anak SFH (School from Home). Dalam hal beribadah, biasanya saya salat sendiri karena cowok-cowok salat berjamaah di masjid. Sekarang semuanya salat berjamaah di rumah. Soal olahraga, biasanya pulang kantor jadwal suami penuh dengan kegiatan lari, basket, futsal, menembak, dan lain-lain. Sekarang harus puas olahraga di rumah aja. 

Keahlian pun bertambah. Saya yang biasanya bisa menikmati me time ketika cowok-cowok cukur rambut, sekarang malah jadi tukang cukurnya, hehehe.... Plus, untuk mengalihkan perasaan khawatir, saya yang biasanya menyiram tanaman aja malas, sekarang mulai berkebun juga, menanam sayuran secara hidroponik.

Dan lain sebagainya yang enggak mungkin saya sebutkan satu per satu. Pokoknya semua aktivitas dilakukan di rumah demi melindungi diri dan keluarga, serta memutus rantai penularan Covid-19. Agar bisa berkegiatan dengan lebih nyaman, kami melengkapi rumah dengan barang-barang yang dapat mendukung aktivitas-aktivitas tersebut. 


Selama hampir 24/7, kami selalu bersama-sama menjalankan berbagai aktivitas di rumah. Merupakan hikmah yang patut disyukuri bagi kami yang biasanya harus menjalani LDM (Long Distance Marriage). Namun, menurut Mbak Rina, perlu juga untuk membangun energi positif di rumah agar dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. 

Setuju banget. Bayangkan deh, sebelum pandemi, ada banyak cara untuk melepas penat. Cuci mata ke mal, menonton film di bioskop, ngadem di gunung, cari angin ke pantai, bertemu teman-teman, dan lain-lain. Sekarang? Di rumah terus. Ketemunya sama lu lagi, lu lagi, pemandangannya pun tembok lagi, tembok lagi, hihihi....

Makanya memang penting sih menciptakan sendiri suasana 'pelepas penat' di rumah melalui desain interior yang nyaman, memanjakan mata, dan memberikan energi positif. Salah satu caranya yaitu dengan mendesain interior rumah yang lebih personal dan unik. “Personalisasi merupakan perpaduan antara kejujuran terhadap diri sendiri, keunikan, dan perhatian terhadap hal-hal detil."

Tren desain interior saat ini adalah back to nature. Bisa didapatkan dengan mengatur pencahayaan, menambah aksen, serta memilih warna dan material yang dekat dengan alam.

Nah, cara sederhana dalam personalisasi desain interior adalah dengan memasukkan berbagai detail kecil yang memiliki makna khusus berdasarkan pengalaman personal, sehingga dapat membuat penghuninya merasa gembira dan terinspirasi. Contohnya seperti menambahkan foto keluarga dan memajang koleksi benda yang memiliki cerita bersejarah.

Kampanye #RumahAdalah

Selanjutnya Niken Widyasti, Operational Offer Manager Schneider Electric Indonesia menjelaskan mengenai Kampanye #RumahAdalah. Kampanye ini diluncurkan Schneider Electric untuk menginspirasi masyarakat agar berani menjadi diri sendiri dan menghidupkan kembali rumah. Bahwa rumah seharusnya memungkinkan semua penghuninya mencapai dirinya sendiri, mencerminkan siapa dirinya, gayanya, dan gaya hidupnya.


Dalam kampanye #RumahAdalah, Schneider Electric menggandeng beberapa influencer seperti Living Loving, Rumah Nano, Nana Mirdad, Dr. Agnes, dan Ellyse Sinsilia untuk berbagi kisah bagaimana mereka memaknai arti rumah bagi dirinya dan keluarganya.

Schneider Electric juga mengajak masyarakat loh, untuk merefleksikan kembali arti rumah, kemudian mengekspresikan dan mewujudkan ide-ide menghidupkan kembali rumah yang mungkin selama ini terkubur karena kesibukan yang padat.

Teman-teman ikutan juga yuk.


#RumahAdalah Tempat untuk Tumbuh dan Berekspresi

Salah satu influencer Schneider Electric, Nike Prima, Co-Founder & Creative Director Living Loving, mengatakan “Bagi saya dan keluarga, #RumahAdalah tempat untuk tumbuh dan bebas berekspresi menjadi diri sendiri."


Dalam mendesain interior rumah, Mbak Nike memiliki prinsip untuk membangun koneksi sedekat mungkin antara interior dengan apa yang menjadi nilai-nilai penting dalam keluarga. Oleh karena itu, Mbak Nike menekankan betapa pentingnya diskusi antar anggota keluarga dalam menentukan desain interior rumah.

Hasilnya yaitu desain interior yang simpel, lega, airy, modern, banyak cahaya, tetapi hangat dengan dominasi unsur kayu. Oleh karena itu, Mbak Nike sangat selektif dalam memilih finishing, fixtures, furniture hingga ornamen dekorasi yang selaras. Termasuk sakelar. Sakelar biasanya memiliki bentuk yang standar, apalagi sakelar pada rumah dari developer.

Tetapi sekarang sudah ada sakelar dari Schneider Electric. Menurut Mbak Nike, sakelar tersebut bisa menjadi pilihan untuk membuat desain ruangan menjadi selaras dan sesuai karakter pemilik rumah, karena dapat dicetak dengan berbagai desain.

AvatarOn, Sakelar dengan Personalisasi Cover

Yup, sejalan dengan kampanye #RumahAdalah, Schneider Electric kembali memperkenalkan terobosan terbarunya yang dapat menjawab kebutuhan personalisasi desain interior. Yaitu sakelar AvatarOn, sakelar pertama di Indonesia yang memungkinkan sakelar menjadi satu kesatuan konsep interior rumah yang semakin memperkuat kesan stylish, personal, dan multifungsi. 

Jadi, sakelar yang biasanya dianggap mengganggu dan kalau bisa enggak perlu kelihatan, kini memiliki desain penutup AvatarOn yang dapat disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Bentuknya yang ramping dan tanpa bingkai menjadikan sakelar AvatarOn pas menempel di dinding. Kombinasi sempurna antara estetika dan fungsional, AvatarOn meraih penghargaan iF Design Award 2017 loh.


Berikut beberapa keunggulannya.

Stylish.  Sakelar ini hadir dengan teknologi "Slim Rocker, Sure Click", yang memiliki desain kontak yang tipis dan halus.

User friendly. Mudah untuk memasangnya.

Personal. Menawarkan berbagai pilihan warna ataupun variasi lapisan. Penutup AvatarOn juga dapat dicetak dengan berbagai desain, seperti mencetak foto keluarga, replika tangan dan kaki bayi, momen bersejarah, dan lain-lain. Catat, dicetak ya, bukan stiker. Jadi gambar/fotonya enggak akan merekah dan warnanya pun enggak akan mudah pudar. 

Fleksibel. Merasa bosan dan ingin mengganti cover dengan desain yang baru? Enggak perlu khawatir, covernya bisa diganti dengan mudah kok.


Aman. Menggunakan bahan polikarbobat yang antikarat dan tahan api. Sehingga meminimalisir risiko percikan api untuk memastikan penggunaan yang aman dan andal.

Ergonomis. Mudah digunakan meski di tempat yang gelap. Karena memiliki soft LED locator yang menyatu sempurna dengan permukaan sakelar yang lebar, serta dilengkapi dengan fluorescent LED locators di bagian bawah dengan pencahayaan yang lembut dalam kondisi gelap. 

Multifungsi. Sakelar ini juga mencakup aksesori multifungsi seperti gantungan kunci dan soket pengisi daya USB untuk kenyamanan sehari-hari, menjawab kebutuhan seluruh penghuni rumah. 

Tahan lama. Telah melalui uji klak-klik sebanyak 40 ribu kali (kuat untuk 5-10 tahun).


Teman-teman tertarik? Saya sih tertarik banget. Ingin deh mulai serius mendesain interior rumah diawali dari sakelar AvatarOn ini. Fungsional, tetapi personalisasinya juga dapat banget. Saya sudah membayangkan akan mencetak foto keluarga, foto jalan-jalan, gambar tokoh kartun favorit anak-anak, serta beberapa quote cantik.


Cara mendapatkan sakelar AvatarOn ini mudah sekali kok. Dapat dibeli di pusat elektronik maupun marketplace seperti Tokopedia. Adapun untuk personalisasi desain penutupnya, bisa dibeli dan dicetak di Snapy terdekat sebagai vendor percetakan resmi Schneider Electric.


Pssst, selama masa kampanye #RumahAdalah, Schneider Electric bekerjasama dengan Tokopedia memberikan promo diskon 16% + cashback 5% loh untuk pembelian sakelar AvatarOn selama Bulan September. Wuih, penawaran yang menarik sekali dan sayang untuk dilewatkan.


Tentang Schneider Electric

Schneider Electric merupakan perusahaan global dalam transformasi digital di bidang pengelolaan energi dan otomasi. Perusahaan ini meyakini bahwa akses terhadap energi dan digital adalah hak asasi manusia yang mendasar.

Schneider Electric memastikan Life Is On di mana saja, kapan saja, dan untuk siapa saja. Untuk itu, perusahan ini menyediakan solusi digital energi dan otomatisasi untuk efisiensi dan keberlanjutan.

Caranya yaitu dengan menggabungkan teknologi energi terkemuka di dunia, otomatisasi real-time, perangkat lunak, dan layanan ke dalam solusi terintegrasi untuk Rumah, Bangunan, Pusat Data, Infrastruktur, dan Industri.

~~~

Schneider Electric

24 comments :

  1. Seru banget ya ini saklar dari Schneider bisa di personalisasi sesuai dengan yang kita suka ya jadi bisa menyesuaikan dengan ruangan di rumah juga. Wah anakku juga pasti senang sekali nih kalau bisa bikin sesuai dengan apa yang dia suka.

    ReplyDelete
  2. Setiap rumah memang memiliki arti yang berbeda bagi setiap penghuninya ya. Bagi saya rumah adalah tempat menjadi diri sendiri, Makanya kalau di rumah saya gak suka diatur-atur. Desain rumah akhirnya juga mempengaruhi apa arti rumah bagi penghuninya ya. Saya suka yang simpel minimalis karena gak mau dibuat ribet dengan urusan beberes. Nah, sayangnya konsep desaina gak beda sama suami. JAdi benar kata Nike, harus diskusi dulu soal desain.

    ReplyDelete
  3. Sama Mbak Lia, saya pun biasa saja soal interior, kayaknya gak ada selera deh hihihi. Memang erlu nih edukasi seperti ini biar rumah lebih nyaman dihuni.

    ReplyDelete
  4. Selalu ada jalan untuk bikin kita tetap betah #diRumahAja
    Rumah adalah pusat tata surya dalam kehidupan kita
    Jadiii, terobosan AVATARON ini keren buangeettt, karena bikin personalized touch di rumah kita :D

    ReplyDelete
  5. Asiknyaaa ya sekarang kita bisa mempercantik desain rumah dengan AvatarOn. Kudu pilih2 dulu foto dengan momen mengharukan dong ya. Dipasang deh sebagai cover sakelarnya. Enak dapat promo dari Tokopedia. Cuzz ah :D

    ReplyDelete
  6. Selain bisa melakukan personalisasi ruangan di rumah, AvatarOn juga fungsional banget ya...inovasi yang keren banget deh dari scheneider

    ReplyDelete
  7. Selama ini gak kepikiran ya kalau sakelar bisa dibikin cantik. Padahal unik juga nih. Jadi berasa keunikannya

    ReplyDelete
  8. Rumah tuh tempat melakukan banyak hal. Jadi sebisa mungkin ya nyaman termasuk soal cahaya dan sirkulasi. Btw, aku suka deh sakelarnya. Cantik

    ReplyDelete
  9. Rumah sebagai tempat menuang kasih sayang supay amakin dekat satu sama lain dengan keluarga ya. Hal kecil tapi berdampak besar bagi kita ya saklar AvatarOn

    ReplyDelete
  10. Hemat banget kalo kuat sampe 10 tahun ya, dan scneider ini kan memang uda brand lama yang disukai banyak orang

    ReplyDelete
  11. Ada aja ya inovasinya, keren deh jadi bikin saklar jadi lebih berfungsi daripada sekedar untuk menyalakan lampu.

    ReplyDelete
  12. Masih masa promo ya di Tokopedia, jadi mupeng dengan sakelar yang cantik ini. Apalagi bisa memilih sesuai keinginan kita

    ReplyDelete
  13. Yes saklar yang personal akan membuat desain interior rumah yang lebih personal dan unik.

    Suka banget dengan quote “Personalisasi merupakan perpaduan antara kejujuran terhadap diri sendiri, keunikan, dan perhatian terhadap hal-hal detil."

    ReplyDelete
  14. Wah keren saklarnya..
    Ada avatarnya
    Inovatif sekali ya mbak
    Ini bs customized g?

    ReplyDelete
  15. Iya mbak udah 7 bulan lebih di rumah mulu, makanya rumah kudu jd prioritas utama gmn caranya kita tetep betah di rumah aja ya.
    Wah sakelarnya lucu yaa, bisa dicoverin pakai gambar kita, jdnya kelihatan unik deh.

    ReplyDelete
  16. Model sakelar AvatarOn bagus dan unik ya, Mbak. Bisa menambah ruangan terlihat nyaman dan unik tentunya.

    ReplyDelete
  17. Lucu banget sakelarnya. Selain fungsinya tentu saja kalau tampilan estetik bikin rumah Makin terasa personal dan lebih nyaman. Buat aku pribadi, yang kaya gini bikin rumah terasa lebih homey

    ReplyDelete
  18. Gemes-gemes deh lihat cover sakelarnya ya. Aku jadi kepengen pake deh. Biar sakelar rumah gak cuma berfungsi untuk keperluan lstrik aja. Tapi juga sebagai hiasan dinding cantik yang menyimpan kenangan. :)

    ReplyDelete
  19. Aku juga pengen ubah penataan perabot di ruangan deh biar lebih nyaman ya selama stay at home..sakelarnya unyu banget sih bisa dipercantik dan personal gitu..

    ReplyDelete
  20. Keren deh sakelarnya. Bisa dipersonalisasi gitu ya. Bikin nyaman dan berasa betah di rumah.

    ReplyDelete
  21. Auto ingat sakelar di rumah, yang cuma berwarna putih gading gitu aja. Kan kan..kalau pakai sakelarnya Schneider gini, tampilan rumah jadi lebih cakep~

    ReplyDelete
  22. Indahnyaa...
    Filosofi rumah untuk masing-masing keluarga bahkan masing-masing penghuninya bisa berbeda-beda yaa..
    Sungguh cantik apabila menggunakan Avatar On yang bisa menambah kedamaian makna rumah bagi masing-masing keluarga.

    ReplyDelete
  23. Ini saklar nya sudah ada di marketplace belum ya mbak. Pengen punya hehehe

    ReplyDelete
  24. Bagus yaa mbak sakelarnya jadi bisa dipersonalkan sebagaimana karakter anggota rumah. Jadi tambah betah di rumah deh

    ReplyDelete