Wednesday, July 14, 2021

Brain Academy: Solusi Belajar dari Ruangguru

brain academy online

Balada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Hari itu saya sedang menemani Jav belajar. Tiba-tiba adik ipar mengirim pesan di Whatsapp Group keluarga. Isinya meminta tolong kepada siapa saja yang bisa, untuk menyelesaikan beberapa soal Matematika.

Materinya tentang perbandingan. Jelas, itu bukan tugas anaknya, karena keponakan saya masih TK. Saya tanya dong, tugas itu punya siapa. "Temen. Kasihan stres dia. Anaknya 3," begitu jawabnya. Berhubung sedang luang, saya pun membantu menyelesaikan tugas tersebut.

Beberapa minggu kemudian, adik ipar mengirim pesan lagi di Whatsapp keluarga. Lagi-lagi meminta tolong untuk menyelesaikan beberapa soal Matematika milik anak temannya. Kali ini materinya tentang skala, jarak di peta, dan jarak sebenarnya. Karena kasihan, saya pun kembali membantu menyelesaikan tugas tersebut.


Sebenarnya saya kurang sreg dengan sikap sang ibu. Anaknya yang memiliki tugas, mengapa ibunya yang stres. Meski sedang PJJ, seharusnya anak menyelesaikan sendiri tugasnya. Kalau ibunya yang mengerjakan, nilainya untuk sang ibu dong. Eh bukan, justru nilainya untuk saya, kan saya yang mengerjakan, hihihi....

Bukankah lebih baik anaknya dibimbing agar mengerti sehingga bisa mengerjakan soalnya sendiri? Jika selama PJJ seperti itu terus, nanti ketika sekolah sudah normal lagi anaknya enggak bisa apa-apa dong. Kasihan....

Namun saya hanya menyimpannya di dalam hati. Saya juga berusaha berempati terhadap sang ibu. Keadaan seperti itu bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Pertama, proses PJJ yang kurang optimal. Kedua, kondisi orang tua yang kesulitan dalam menemani anaknya belajar, baik kesulitan dalam memahami materi, kesulitan dari segi waktu, atau mungkin juga kesulitan dari sisi kesabaran, hehehe.... Apalagi katanya anaknya ada 3. Kalau semuanya PJJ, memang pusing sih.

Benar kata Pak Nadiem, pandemi Covid-19 dan PJJ ini rentan menyebabkan learning loss.

Brain Academy dari Ruangguru

Saya enggak ingin menyalahkan siapa-siapa. Daripada begitu, lebih baik mencari solusinya. Akhirnya saya memberi tahu adik ipar supaya temannya tersebut mendaftarkan anaknya di Brain Academy.

brain academy online

Teman-teman pasti sudah tahu Ruangguru dong? Ruangguru merupakan aplikasi belajar online terbaik dan terbesar di Indonesia. Memiliki 300 ribu lebih pengajar dan sudah dimanfaatkan oleh 22 juta lebih pengguna loh. Rating-nya juga mencapai angka 9,3 dari 10.

Nah, Brain Academy merupakan salah satu produk dari Ruangguru. Merupakan tempat bimbingan belajar yang menyediakan kombinasi bimbel offline dan online bersama guru les terbaik.

Cabangnya tersebar di berbagai kota di Indonesia. Berhubung kami tinggal di Bandung, saya merekomendasikan Brain Academy cabang Buah Batu dan Padjadjaran kepada teman adik ipar. Fasilitasnya asyik banget loh, lengkap dan modern serta didukung dengan berbagai teknologi terkini.

Brain Academy Online

Berhubung sedang pandemi dan PPKM, orang tua enggak perlu khawatir karena sekarang sudah ada Brain Academy Online. Berikut beberapa keunggulannya.

Interaktif
Meski online, proses belajar tetap dilakukan secara live dan interaktif bersama Star Master Teacher, baik menggunakan aplikasi maupun melalui desktop. Dengan begitu dapat memutus jarak, ruang, dan waktu, sehingga memudahkan anak-anak memahami pelajaran selama PJJ.

Klinik PR
Ada PR dari sekolah? Tenang, tugas sekolah bisa dikerjakan bersama Star Master Teacher secara eksklusif dalam grup kecil melalui video call. Tuh, jadi tugasnya bukan dikerjakan oleh orang tua ya, tapi dikerjakan sendiri dibantu Star Master Teacher.

Konseling Pendidikan
Bagi yang membutuhkan konsultasi pendidikan dan perkembangan belajar anak, tersedia fasilitas konseling secara privat melalui video online dengan guru wali. Adapun untuk bahan evaluasi, disediakan juga laporan perkembangan anak untuk orang tua.

Modul Belajar
Belajarnya memang dilakukan secara online, tetapi ada modul lengkap untuk belajar 1 tahun yang dicetak dan dikirim ke rumah.

Pengembangan Diri
Nilai akademis memang penting, tapi ada juga hal lain yang enggak kalah pentingnya. Asyiknya nih, di Brain Academy terdapat kelas tambahan untuk pengembangan diri seperti tips masuk ke PTN favorit, prospek karir, public speaking, dan kreativitas.

Komunitas Diskusi Soal
Penasaran dengan soal yang sulit untuk diselesaikan? Bagikan berbagai latihan soal yang sulit tersebut ke dalam grup. Nanti ada tutor dan teman dari seluruh Indonesia yang siap membantu menjawab.

Klub Hobi
Mempunyai hobi tapi terkendala pandemi? Enggak perlu sedih karena ada klub hobi sehingga bisa bertemu dengan teman yang sehobi dari seluruh Indonesia. Ada lebih dari 50 Klub Hobi di Brain Academy loh.

Tryout Ujian
Melengkapi berbagai fitur keren di Brain Academy, terdapat juga Try Out Ujian dengan tipe soal terbaru untuk membantu persiapan menghadapi ujian.

Daftar Brain Academy dari Ruangguru

Lengkap dan seru banget kan fitur-fitur di Brain Academy dari Ruangguru? Apalagi harganya juga sangat terjangkau. Ada diskon 50% loh untuk paket belajar di tahun ajaran 2021/2022 ini, dengan menggunakan kode diskon JADIHEBAT. Ada 3 macam paket, yaitu Regular, Premium, dan Elite. Tinggal pilih saja paketnya sesuai dengan kebutuhan.

18 comments :

  1. bener bener membantu orangtua kehadiran brain academy ini. Dan akhirnya aku kasih tau ke orangtua juga untuk solusi belajar adik aku

    ReplyDelete
  2. Semoga teman adik ipar daftarin anaknya ke Brain Academy ya Mbak Lia ... masa mau nanya terus kan ya ... gimana kalau PJJ sampai tahun depan? Hihi

    ReplyDelete
  3. Aduh beneran deh selama PJJ kadang nemu soal yang ajaib, Emak bingung bantu anak. Memang mesti cari solusi kayak ikutan Brain Academy dari Ruangguru yang merupakan tempat bimbingan belajar yang menyediakan kombinasi bimbel offline dan online bersama guru les terbaik.

    ReplyDelete
  4. Saya suka uring-uringan kalau pas anak belajar, kita ga siap. Belum pekerjaan juga ga bisa ditinggalkan. Terus nanya siapa sementara guru aja di kampung ga bisa dihubungi karena kendala kuota, sinyal dan jaringan. Adanya Brain Academy jelas banget bantu para orang tua dan anak yang sedang PJJ ya. Guru gurunya juga asyik dan bikin anak senang belajar

    ReplyDelete
  5. ya ampun ngakak banget sama percakapannya mbak. walau gak tahu banget artinya tapi intinya paham. soalnya aku juga begitu, wa sama anak kok isinya chat tugas. haahhahaha..

    ini bimbel online ngebantu banget ya memang, jadi enak deh kalau ortu kerja santuy2

    ReplyDelete
  6. Satu produk tapi bisa mencakup beberapa aspek penunjang ya untuk pembelajaran anak di rumah sih, solusi banget. Apalagi dilengkapi dengan konsultasi maupun anak-anak bisa membahas tugas sekolahnya dengan para pengajar Brain Academy

    ReplyDelete
  7. BRAIN Academy udah tentu siap memberikan solusi terbaik!
    Apalagi didukung RuangGuru yg super kredibel banget!
    Sukaaaaa sekaliiii

    ReplyDelete
  8. loss.. duh akuu anak 3 jugaa.
    moga nggak loss yaa kita. PJJ penuh drama dan air mata deh. Aku baru 2 yg sekolah dan jenjangnya belum yg tingkat tinggi.
    Yg penting sih anaknya beneran paham ya teh (ikutan manggil teh hihii), klo dikerjain tapi nggak paham buat apaaa. Bisa nyambi jd guru di Brain Academy itu mah teh ^^
    Solusi buat ortu yg butuh bantuan pendampingan pjj. Ada klinik PR jugaaa

    ReplyDelete
  9. Memang kadang serba dilema ya bund, anak diminta mandiri buatnya ngasal kita juga kadang yang merasa bersalah. Mau nolong jadi malah terbiasa nantinya

    ReplyDelete
  10. Anakku si sulung jg mau gabung di brain academynya Ruang guru nih kayaknya...
    Spy focus persiapan masuk SMAnya

    ReplyDelete
  11. Brain Academy by Ruangguru ini memang pilihan terbaik ya mbak
    menjawab tantangan pendidikan di masa pandemi seperti ini
    menggabungkan pembelajaran online dan offline

    ReplyDelete
  12. Iya kadang anak yang dapat PR ibunya yang panik mau mengerjakan ya jadi kurang mendidik buat anak lebih baik berlangganan bimbel online seperti Brain Academy..

    ReplyDelete
  13. sekarang banyak platform yang bisa bantu kita dan anak - anak untuk belajar dengan lebih baik lagi ya mbaa

    ReplyDelete
  14. ya sih teh mau ngomel juga da kondisi tiap ibu beda2 yah mungkin udah ga sanggup lagi ajarin makanya lemparin tugas ke orang lain sedih sih makanya bener pjj rentan learning loss :( noted buat aku yang masih puyeng kalau udah hadapin tugas bocah wkwkk

    ReplyDelete
  15. Tanggungjawab dalam mengerjakan tugas ini memang sudah bergeser banget yaa..
    Dari mulai pengasuhan hingga masalah PJJ yang semakin banyak.
    Alhamdulillah, Brain Academy mendukung kegiatan PJJ agar lebih kondusif sehingga anak tetap punya tanggungjawab terhadap tugas mereka.

    ReplyDelete
  16. Aku nih yang masih syok dengan PJJ ini mba secara anakku baru tahun ini masuk sekolah SD dan aku serta suami setiap hari kerja. tapi setidaknya dengan adanya brain academy dari ruang guru sedikit banyak dapat membantu

    ReplyDelete
  17. Keren ya Ruangguru ini. Banyak fitur dan produknya. Dan Brain Academy ini juga keren. Aku kepengen deh masukin anak bujangku. Biar bisa belajar maksimal. Soalnya aduuuh, belajar online ini berat banget. Susah deh anak bisa maksimal kalo cuma ngandelin belajar online dari sekolah. Semoga deh nanti ada rezekinya.

    ReplyDelete
  18. Belajar di brain academy dri ruangguru ini memang cukup membantu, tanpa keluar rumah bisa belajar dgn materi2 yang juga bagus, apalagi di masa PPKM ini.

    ReplyDelete