Sunday, August 8, 2021

8 Film Keluarga untuk Ditonton Bersama Anak


Liburan kenaikan kelas kemarin, ternyata pandemi Covid-19 belum selesai. Boro-boro selesai, pertambahan kasusnya malah sedang tinggi-tingginya. Rencana staycation pun terpaksa dibatalkan (lagi).

Supaya Jav enggak bosan, salah satu kegiatan yang kami lakukan yaitu menonton film. Sudah lama banget saya enggak menonton film. Bosan juga menonton Upin Ipin dan BoBoiBoy terus, hihihi....

Makanya bulan Juni-Juli kemarin saya sengaja berlangganan beberapa aplikasi streaming. Ada yang gratis juga dalam rangka promo PPKM. Alhamdulillah, stok film melimpah.

Ada yang memang ditonton sendiri oleh Jav, ditonton Jav bersama ayahnya, dan ada juga yang ditonton Jav bersama saya. Saking banyaknya, sampai-sampai banyak daftar film yang belum sempat kami tonton. Keburu tahun ajaran baru dan Jav mulai sekolah lagi.

So, ini dia review singkat 8 film keluarga yang sempat saya tonton berdua bersama Jav.

Luca (2021)



Film animasi ini bercerita tentang Luca (Jacob Tremblay), monster laut remaja yang penasaran dengan dunia permukaan. Saat berada di daratan, selama tetap kering, ternyata penampilannya bisa bertransformasi menyerupai manusia.

Bersama Alberto sesama monster laut, Luca akhirnya memberanikan diri melanggar peraturan orang tuanya dan menjelajahi kota kecil di Italia, Portorosso. Dalam petualangannya, mereka juga mulai menjalin persahabatan dengan anak manusia, Giulia.

Ceritanya ringan dan petualangannya cukup seru. Tetapi Jav enggak puas dengan ending-nya. Sedangkan saya sih sangat terhibur dengan visualnya yang menarik dan memanjakan mata.

Rating: 8/10

Raya and the Last Dragon (2021)



Film ini bercerita tentang negeri fantasi bernama Kumandra. Dulu, negeri tersebut diserang wabah Druun yang membuat manusia berubah menjadi batu. Para naga pun bersatu, mengorbankan diri, dan mengumpulkan kekuatannya dalam sebuah kristal sehingga berhasil mengalahkan Druun.

Sekarang, 500 tahun kemudian, kristal tersebut pecah dan terbagi menjadi lima. Druun pun menyerang kembali. Raya (Kelly Marie Tran) berusaha mencari naga terakhir yang masih hidup dan mengumpulkan kelima pecahan kristal agar bisa menyelamatkan seluruh negeri dari Druun.

Saya sih suka banget. Pertama, karena tokoh utamanya perempuan. Kedua, karena jalan ceritanya dan latar tempatnya yang eksotis. Katanya diambil dari beberapa budaya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia loh. Serta ketiga, karena pesan moralnya yang keren banget, tentang kepercayaan. Recomended!

Rating: 10/10

The Mitchells vs the Machines (2021)



Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang keluarga Mitchell, keluarga yang aneh dan enggak instagramable, hehehe.... Konflik di film ini berawal dari masalah antara Katie (Abbi Jacobson) dan ayahnya Rick (Danny McBride). Rick meragukan pilihan Katie yang ingin kuliah di bidang film.

Sebagai permintaan maaf, Rick mengantar Katie ke kampus barunya, ceritanya sekalian family trip. Ternyata, dunia sedang diserang robot. Keanehan keluarga ini lah yang membuat mereka selamat dari serangan robot dan otomatis harus menyelamatkan dunia.

Suka dengan tema yang diangkat dalam film ini, yaitu hubungan keluarga. Apalagi menyentil juga isu tentang manusia yang ketergantungan dengan teknologi dan keinginan untuk selalu tampil sempurna di media sosial. Seru dan kocak.

Rating: 9/10

Yes Day (2021)



Film ini bercerita tentang keluarga Torres. Ketika masih muda, sang istri, Allison (Jennifer Garner), selalu menjawab "yes" untuk semua hal baru dan menantang. Namun sejak menjadi ibu, dengan alasan untuk melindungi anak-anaknya, "no is the new yes". Sampai-sampai anak-anaknya menganggap dia sebagai fun killer.

Akhirnya Allison setuju untuk memberi Yes Day kepada anak-anak. Sesuai namanya, Yes Day adalah hari di mana selama 24 jam anak boleh meminta apa saja dan orang tua harus mengiyakan.

Walau ceritanya ringan, plotnya sederhana, dan ending-nya mudah ditebak, film ini cukup menghibur dan menghangatkan hati. Kami juga menemukan beberapa pesan moral yang tersirat dalam film ini.

Rating: 7/10


Wish Dragon (2021)



Film tentang naga lagi nih. Kali ini bercerita tentang Din (Jimmy Wong) yang rindu pada sahabat masa kecilnya, Li Na (Natasha Liu). Sayangnya kehidupan mereka berdua sudah jauh berbeda.

Hingga suatu hari, seorang 'dewa' memberinya sebuah teko. Bukan teko biasa, karena di dalamnya terdapat naga yang bisa mengabulkan tiga permintaan. Tentu saja, Din memanfaatkan teko tersebut agar bisa bertemu dengan Li Na. Namun, ada orang yang berusaha merebut teko tersebut.

Ceritanya ringan dan cukup menghibur. Pesan moralnya pun mudah diterima oleh anak-anak. Jav suka. Apalagi ada plot twist-nya juga.

Rating: 8/10

Nine Lives (2016)



Film ini bercerita tentang Tom Brand (Kevin Spacey), seorang ayah yang super sibuk. Di hari ulang tahun anaknya, Rebecca (Malina Weissman), Tom mengalami kecelakaan yang membuatnya koma. Ajaibnya, jiwanya malah masuk ke tubuh kucing yang baru dia beli untuk dihadiahkan kepada Rebecca.

Tom harus berusaha agar bisa kembali ke tubuh aslinya. Karena kalau gagal, dia akan selamanya terjebak di dalam tubuh kucing. Apalagi posisinya di perusahaan pun berada di ujung tombak karena seorang pengkhianat.

Film ini enggak jadul-jadul amat, namun entah kenapa saya merasa tampilan visualnya terkesan jadul, hihihi.... Ceritanya seru, kocak, dan menghibur banget. Hanya saja, saya enggak nyaman dengan pakaian mantan istri Tom.

Rating: 7/10

The Boy Who Harnessed the Wind (2019)



Film ini bercerita tentang William (Maxwell Simba), seorang anak di Malawi yang pintar tapi enggak bisa melanjutkan sekolah karena orang tuanya enggak mempunyai biaya. Ketika desa mereka dilanda kekeringan dan kelaparan, William berusaha mencari solusinya.

Iseng mengajak Jav menonton film ini, supaya dia melihat bahwa enggak semua anak di luar sana seberuntung dia. Juga bahwa dalam segala keterbatasan, asalkan ada niat dan semangat, apapun bisa tercapai.

Tapi ternyata temponya lambaaat sekali. Saya saja cenderung bosan. Dan betul saja, pas di bagian pentingnya, Jav malah sudah ketiduran, heuheu....

Rating: 7/10

Finding Ohana (2021)



Film ini bercerita tentang Pili (Kea Peahu), gadis remaja Hawaii yang besar di Brooklyn, New York. Dia senang berpetualang. Bahkan berhasil menjuarai kompetisi Geocache dan mendapat hadiah liburan musim panas di Camp Geocache.

Sayangnya Pili enggak bisa menikmati hadiah tersebut, karena harus mengunjungi kakeknya di Hawaii. Dia antusias sekali ketika menemukan jurnal milik pelaut legendaris Monks dan petunjuk mengenai keberadaan harta karun. Bersama Ioane (Alex Aiono) kakaknya serta dua teman barunya, Pili berusaha menemukan harta karun tersebut.

Seru dan cukup menegangkan. Jadi tahu juga tentang legenda dan budaya Hawaii. Tapi Jav enggak suka karena ada cerita cinta-cintaannya, antara Ioane dan Hana, heuheu....

Rating: 8/10


Sebenarnya masih ada beberapa film lagi yang kami tonton, tapi enggak saya tulis semua reviewnya karena kalau nontonnya malam biasanya saya ketiduran di tengah film, hihihi....

Dari 8 film tadi, yang mana nih yang menjadi favorit teman-teman?


19 comments :

  1. Wah, bagus-bagus ya filmnya. Penasaran pengin nonton semua. Apalagi yang Yes Day tuh, bikin penasaran kira-kira apa saja yang dibolehin hehe..

    ReplyDelete
  2. waaah dari semua saya baru nonton raya dan luca aja. Mau coba ah nonton yang wish dragon. bagus tuh kayaknya ya. pas banget nih lagi nyari tontonan bareng sama anak-anak.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih informasinya. Semuanya belum pernah saya tonton. Semoga bisa menyaksikan salah satu atau semuanya dengan anak

    ReplyDelete
  4. Yang nine lives sepertinya seru tuh, eh nggak sih seru semuanya... Weekend biasanya kami sekeluarga nonton film yg juga cocok buat anak2, makasih rekomendasi filmnya mbak

    ReplyDelete
  5. Yes Day udah aku tonton, bagus banget ceritanya, tentang pola asuh anak remaja. mengharukan banget sih endingnya

    ReplyDelete
  6. Jav, klo ontiii suka yg cinta2aan hahaa...Raya dan Luca udah pada nonton juga seruuu ya Lucaaaa dan Rayaaa, anak kedua aku suka.
    List lainnya belum, nanti dicobain ah, makasih yaaa teh

    ReplyDelete
  7. tontonan anak-anak buatan hollywood itu emang bagus2 ya jalan ceritanya. molly penasaran sama film nine lives.

    ReplyDelete
  8. Aku udah nonton semuanya dong. Seru emang film2 di atas. Yg mithcels vs machine tu ngakak banget tapi pesennya juga dapet banget ya mbak. Makanya selalu amazed aa film luar tu meskipun kemasannya kartun atau film2 simple tapi pesannya tu dalem banget. Yes day juga oke banget, pengen nerapin di rumah cuma kebayang klo anak2 minta yg aneh2 kutaksanggup hahahha...

    ReplyDelete
  9. wahh banyak ya film keluarga yang bisa ditonton bareng anak
    aku pengen nonton Luca dan Raya
    banyak yang merekomendasikan bagus

    ReplyDelete
  10. Dari 8 itu sama sekali belum ada yg ditonton :( dan baru sadar saya kalo emang ga pernah nonton bareng anak. Biasanya yg bareng cuma makan dan makn sama mereka. Ya ampun kemana saja saya, baiklah... Buru2 saya akan jadwalkan nonton bareng mereka. Saya pengen Raya first :) paling menarik apalagi saat Indonesia disebut

    ReplyDelete
  11. Wah dari 8 film, aku dan anak-anak baru nonton 2, yang Raya and the last dragon dan Nine Lives yang bergenre komedi...aku sampe ngakak nonton film ini, lumayanlah buat hiburan apalagi selama PPKM ngak bisa kemana-mana, next mau nonton lagi ah biar anak-anak ngak bosan selama belajar daring.

    ReplyDelete
  12. Baru nonton 3 dari kedelapan film ini.Dari ketiganya suka dengan Luca. Anakku juga favorit banget sampai diceritakan lagi dan lagi. Mau ah nonton 5 lagi yang belum kami tonton. Btw, sama kita, nonton bareng juga jadi list isi liburan di rumah saya. Bebikinan cemilan dan nonton deh barengan

    ReplyDelete
  13. Ratingnya ada yang 10/10 loo..RAYA AND THE LAST DRAGON.
    Aku jadi penasaran banget pengen nonton.

    Dan kemarin di NF ada kartun baru dari Sony pictures, Vivo.

    ReplyDelete
  14. Penasaran yang Finding Ohana aku mau nonton deh kalau bagus buat ditonton keluarga, sudah lama tidak menonton film anak

    ReplyDelete
  15. Aku sama anak-anak baru nonton Raya dan Muca nih, mba. Memang selama di rumah aja pandemi ini butuh tontonan yang bisa dinikmati bareng anak-anak. MAu coba ah nonton yang lainnya, makasih rekomendasinya

    ReplyDelete
  16. Asyik, filmnya ada di Netflix semua ya. Emang ga salah sih milih apliaksi ini, film-nya bagus-bagus. Dari kedelapan film rekomendasi ini pas banget belum ada yang aku tonton. Besok weekend nonton ah...

    ReplyDelete
  17. Wah..ada banyak rekomendasi film keluarga nih. Terus ingat dong udah lama banget gak nonton bareng anak. Kalau lihat dari posternya sih kayaknya nih mereka pada suka Luca dan Nine Lives deh..

    ReplyDelete
  18. banyak juga nih film - film keluarga yang asyiiik dan bawa banyak pesan baik yaa. mbaaaa

    ReplyDelete
  19. wohoooo ternyata ada banyak pilihan tontotan bersaama keluarga ya... saya baru nonton yang raya dan michels nih jadi tertrarik buat nonton yang lainnya. lanjutt yuk mari meluncur...

    ReplyDelete