Monday, November 8, 2021

Public Speaking Lebih Percaya Diri bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

aplikasi siap kerja qubisa

Seandainya harus tampil di depan publik, saya lebih memilih untuk menari daripada berbicara. Yup, sebegitu menakutkannya bagi saya untuk berbicara di depan orang banyak.


Enggak percaya diri, gugup, lidah kaku, kalimat terbata-bata, enggak nyambung antara isi yang ada di dalam kepala dengan kata-kata yang keluar dari mulut. Begitu lah kira-kira yang saya rasakan jika harus berbicara di depan publik.

Makanya, zaman sekolah dan kuliah dulu, kalau ada tugas kelompok, saya paling enggak mau kebagian jadi yang presentasi, hihihi....


Awalnya saya menerima saja, menganggap bahwa public speaking merupakan kekurangan saya. Hingga suatu hari saya disadarkan bahwa public speaking itu sebenarnya keahlian loh. Sama seperti menulis, memasak, menaiki sepeda, public speaking juga bisa dipelajari.

Soalnya saya ingat nih, selain presentasi pas sidang tugas akhir dan tesis, setelah bekerja, saya kan sering juga presentasi di acara seminar dan konferensi, nasional bahkan internasional. Ya memang deg-degan sih, tapi lancar kok.

Hmmm, apa ya rahasianya? Seandainya saya memahami ilmu public speaking sejak kuliah dulu, mungkin akan lebih percaya diri ketika memasuki dunia kerja.

Tips Sukses Menjadi Pembicara Handal

Jumlah penduduk semakin banyak. Persaingan di dunia kerja pun menjadi semakin ketat. IPK yang tinggi dan akreditasi perguruan tinggi yang baik memang bagus. Jika dianalogikan, hal tersebut seperti pintu yang memudahkan seseorang untuk masuk ke dalam dunia kerja.


Namun selain itu, masih banyak hal lain yang akan menentukan bagaimana di dunia kerja tersebut, seseorang dapat bertahan dan maju atau malah tersingkir. Yup, soft skill. Di antaranya yaitu kemampuan komunikasi, manajemen waktu, kejujuran, disiplin, kepercayaan diri, empati, dan lain-lain termasuk public speaking.

Membahas soal public speaking nih, ternyata bukan hanya saya loh yang takut. Berdasarkan survei kepada 3.000 responden di Amerika, hasilnya 21% takut pada public speaking. Paling tinggi mengalahkan takut pada ketinggian (17%) dan takut pada serangga (12%). Yeay, saya enggak sendiri, hihihi....

Menurut Dr. Abdul Latief, perasaan takut (gugup, grogi, cemas) ketika hendak melakukan public speaking disebabkan karena:
  • Respon tubuh yang menganggap bahwa public speaking merupakan sesuatu yang mengancam, sehingga tubuh memunculkan defensive mechanism berupa keringat dingin dan detak jantung yang lebih cepat.
  • Harapan yang terlalu tinggi. Contohnya merasa harus memberikan performa yang terbaik, atau ingin menyenangkan orang lain, atau ingin dikenal.
  • Pandangan terhadap diri sendiri. Merasa diri enggak mampu, merasa belum siap, atau merasa enggak percaya diri karena akan menghadapi orang hebat.
  • Situasi yang dihadapi. Misalnya harus menghadapi dosen killer atau datang terlambat sehingga enggak sempat mengenal audiens 

Untuk mengatasinya, berikut tips dari Dr. Abdul Latief:
  1. Persiapan. Penting banget nih. Ketika sudah siap, berbagai kemungkinan buruk akan bisa dihadapi. Maka persiapkan segalanya baik materi maupun mental dengan sebaik-baiknya dan sedetail-detailnya. 
  2. Latihan. Kemampuan ini memang membutuhkan jam terbang. Oleh karena itu diperlukan banyak latihan. 
  3. Berpikir positif. Setelah berusaha dan latihan secara maksimal, selanjutnya berdoa dan serahkan hasilnya kepada Allah.
  4. Relaksasi. Netralisir detak jantung dengan mengatur pernapasan 478-nya yaitu 4 detik mengambil napas, 7 detik menahan napas, dan 8 detik membuang napas.

Masih banyak ilmu mengenai public speaking yang saya dapatkan dari Dr. Abdul Latief. Ada cara mengurangi filler words, melatih teknik vokal, dan lain-lain. Menariknya nih, ilmu meningkatkan kemampuan public speaking ini saya dapatkan melalui kursus online gratis di QuBisa loh. Teman-teman tahu QuBisa?

Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Yup, di zaman yang sudah modern ini, semuanya pasti ingin yang serba praktis. Belanja, membuka rekening tabungan, bahkan melaporkan pajak pun dilakukan secara online. Begitu juga dengan belajar, cara belajar efektif namun praktis yang dilakukan secara online semakin banyak diminati. Apalaggi di masa pandemi ini. Namun sayangnya, platform belajar online masih sangat terbatas. Tetapi untungnya, sekarang ini sudah ada QuBisa.


QuBisa merupakan platform kursus online gratis terbesar di Indonesia. Siapa saja bisa belajar di QuBisa. Mulai dari fresh graduate yang baru akan memasuki dunia kerja, pekerja profesional yang ingin meng-upgrade kemampuan diri, hingga individu yang ingin menjadi pengusaha.


Semua pengetahuan dan keterampilan baik untuk upskilling dan reskilling yang dibutuhkan tersebut tersedia di QuBisa. Ada 750+ webinar berkualitas, 300+ total microleraning, dan 200+ kursus terbaik dengan 400+ instruktur/pengajar.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

QuBisa bisa diakses baik melalui website maupun aplikasi. Agar mendapatkan pengalaman belajar terbaik, saya mengunduh aplikasi belajar online ini di ponsel. Di Play Store, aplikasi ini mendapatkan 4,8 bintang loh. Alhamdulillah ukuran aplikasinya juga kecil, hanya 40 MB, cukup untuk ponsel saya yang memorinya sudah pas-pasan begini.

Selanjutnya untuk bisa mulai belajar, pastinya harus membuat akun dulu ya sebagai murid di QuBisa. Mudah dan gratis! Hanya perlu mengisi beberapa data saja kok.

Ketika masuk ke dalam aplikasinya, kita akan disambut dengan desain yang simpel dengan dominasi warna putih dan merah. Meski begitu, terasa cukup ramai dengan adanya poster-poster kursus dan webinar berwarna yang menjadi Feature di halaman depan.

kursus online gratis

Aplikasinya user friendly sekali. Menunya terstruktur, navigasinya mudah, loading-nya juga cukup cepat. Apabila sudah tahu tema webinar atau kursus apa yang diinginkan, langsung saja ketikkan kata kuncinya di kolom Search yang berada di baris paling atas (di bawah logo QuBisa, di atas Feature).

Sedangkan kalau masih bingung mau belajar apa, teman-teman bisa mencari kursus dengan menjelajahi QuBisa. 

aplikasi belajar online

Keterampilan Sukses Milenial (KSM)
Program ini terdiri dari kelas yang berkaitan dengan kemampuan personal. Terdiri dari kemampuan dasar, agilitas, kepemimpinan, inovasi, dan keseimbangan diri. Apapun bidang karirnya, kemampuan personal ini baik untuk dikuasai.

Keterampilan Digital Milenial (KDM)
Program ini terdiri dari kelas yang berkaitan dengan kemampuan digital. Penting banget nih di zaman yang sudah serba digital ini. Terdiri dari perkembangan digital, produktivitas digital, analisis data digital, komunikasi dan kolaborasi digital, keamanan informasi digital, dan publikasi konten digital.

Assessment
Nah, kalau teman-teman masih bingung juga mau belajar apa, bisa mengikuti asesmen untuk menguji kemampuan, sehingga tahu kategori mana yang sudah baik dan kategori mana yang masih kurang.

cara belajar efektif

Selanjutnya, apabila teman-teman lanjut scroll ke bawah, bisa menemukan informasi mengenai QuBisa, kelas berdasarkan kategori Kelas Terpopuler, Webinar Terdekat, Kelas Siap Kerja, Kelas Pengembangan Karir, Kelas Terbaru, serta berbagai Artikel yang mencerahkan. 

belajar gak ribet

Pengalaman Mengikuti Kelas Public Speaking di QuBisa

Sebenarnya banyak keterampilan yang ingin saya pelajari di QuBisa, seperti cara meningkatkan personal branding, photographytime management, copywriting di media sosial, dan lain-lain yang berhubungan dengan profesi saya sebagai blogger. Namun karena prioritas saat ini yaitu meningkatkan kemampuan public speaking, maka saya mencari kelas public speaking dulu.


Saya pun mengetikkan kata kunci 'pembicara' di kolom Search. Langsung saja muncul pilihan kursus yang berkaitan dengan kata tersebut.

Salah satunya yaitu kursus "Tips Sukses Menjadi Pembicara Handal" yang diajar oleh Dr. Abdul Latief (Praktisi, Akademisi, Penulis, Pembicara Publik). Cocok untuk Pemula dan Gratis. Kursus ini berisi 4 materi yang terdiri dari 12 video pembelajaran dengan total durasi belajar selama 54 menit.


Setelah kelasnya diklik, akan muncul ringkasan mengenai kursus, materi kursus, dan lain-lain, serta tentu saja video pembelajarannya. Menariknya nih, video pembelajaran tetap terkunci apabila belum menyelesaikan video pembelajaran sebelumnya. Jadi memang dipaksa belajar secara terstruktur, enggak boleh lompat-lompat.


Sebenarnya saya tuh selama ini malas belajar melalui audio atau video. Maklum lah ya, ibu rumah tangga direcokin anak-anak terus. Kalau belajarnya melalui audio atau video, membutuhkan konsentrasi pendengaran tingkat tinggi. Kadang banyak basa-basinya juga. Mau di-skip pun bingung skip-nya sampai mana. Makanya saya lebih senang belajar melalui tulisan.

Tapi belajar di QuBisa ini asyik banget. Alhamdulillah, meski durasinya singkat hanya 54 menit, enggak sampai sejam, ilmunya disampaikan dengan padat dan jelas. Sedikit resumenya sudah saya tulis ya di atas. Materinya 'daging' semua, to the point, dan tanpa basa-basi. Video pembelajarannya pun pendek-pendek, rata-rata 1-9 menit saja, sehingga bisa diselesaikan di sela-sela kesibukan. Untuk mengakses video pembelajaran di kursus tersebut kembali pun enggak sulit, langsung cek saja di halaman KursusQu.

Ah, ini baru cara belajar efektif. Kalau belajar gak ribet seperti ini, jadi semakin semangat menambah keterampilan lain lagi.

Keunggulan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Berdasarkan pengalaman tersebut, berikut beberapa alasan dan keunggulan yang membuat saya merekomendasikan teman-teman untuk menggunakan aplikasi belajar online QuBisa.
  • Aplikasi user friendly
  • Terdapat berbagai macam kelas untuk upskilling dan reskilling
  • Terdapat berbagai macam pilihan belajar dalam bentuk webinar, microlearning, dan kursus
  • Diajar oleh instruktur/pengajar yang kredibel di bidangnya
  • Durasi kursus singkat, cocok untuk teman-teman yang sibuk
  • Ada yang berbayar, tetapi banyak juga yang gratis

Keuntungan Lain Menggunakan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Aplikasi QuBisa ini, selain membantu banyak orang untuk mengembangkan diri dan belajar gak ribet, menawarkan keuntungan lain juga loh bagi penggunanya.

Liga PoinQu
Kalau teman-teman memperhatikan, setiap kelas di QuBisa memiliki poin yang bisa dikumpulkan. Yup, setiap melakukan aktivitas di QuBisa seperti check-in dan mengikuti kelas, pengguna bisa mendapatkan poin. Nah, liga ini merupakan kompetisi pengumpulan poin. Bagi 50 pengguna yang mengumpulkan PoinQu terbanyak, berhak mendapatkan hadiah dari QuBisa. Asyik banget kan.

Share ReferalQu
Belajar sendiri memang enggak masalah sih. Tapi di QuBisa, belajar bareng bisa dapat cuan bareng loh. Dengan memgajak teman dan membagikan Referral Code, teman-teman bisa mendapatkan referral fee sebesar 10%. Begitupun dengan teman yang diajak, bisa mendapatkan voucher khusus 50%. Lumayan banget kan.

upskilling dan reskilling

Yuk, Unduh Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Teman-teman penasaran ingin belajar di QuBisa juga? Sesuai dengan tagline-nya 'Aku Bisa Kamu Bisa', kalau saya bisa, kalian juga pasti bisa dong. Langsung saja unduh aplikasi siap kerja ini di:

Kompetisi Blog QuBisa

Oh iya, buat teman-teman blogger, bisa juga loh mengikuti kompetisi blog yang saat ini sedang diadakan oleh QuBisa. Temanya yaitu "Memulai Karir Lebih Percaya Diri bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa". Total hadiahnya 10 juta Rupiah, mantap. Ikutan yuk, batas waktunya masih lama kok, sampai 10 Desember.

kompetisi blog qubisa


76 comments :

  1. Hihihi ada-ada aja masa sih lbh baik menari dari pada public peaking? Sama donk, bunda juga begitu tari bukan tentang menari. Dari pada hrs Public Speaking bunda lbg pede kl disuruh mengajar anak2 yg mau masuk SMA or mrmbantu mereka utk conversation bhs Inggris bavi yg mau di wawancara. Wuah pede sekali wlp bhs Inggris bunda pas-pasan percaya diri bunda okpu dp harus pidato di depan sekian banyak orang. Mending jd guru dp public speaking. Btw bagus banger quote Dr Geofakta Razali. Segalanya itu kl sering kita gunakan akan enjoy dan menjadi kebiasaan yg menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap banget bunda, lebih senang membantu di belakang layar ya

      Delete
  2. Iya Mbak Lia, pada akhirnya saya pun mengakui kalau kemampuan public speaking itu keahlian yang perlu dilatih. Saya juga belajar banyak dari QuBisa, Mbak.

    ReplyDelete
  3. public speaking emang dibutuhin banget sih apalagi buat yang kerja atau pun berwirausaha yaa, biar komunikasi dan marketing pun bisa lancar. materi2 yang disediain di QuBisa tuh emang luas dan lengkap ya mba, enak buat jadi referensi upskilling dan reskilling

    ReplyDelete
  4. kursus public speaking ini biasanya mahal sih mba.. kalau dapat yang sangat ekonomis dengan materi yang berbobot di qubisa, wah itu sih keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih sambil langsung praktik kan ya... tapi ini juga lumayan banget jadi tau tipsnya...

      Delete
  5. Aplikasi yang ada di hp saya juga nih mba. Seneng banget dapat insight pengalaman baru dan mendapat penjelasan lengkap tentang hal yang ingin kita tahu. Permasalahan public speaking ini masih menjadi hal yang menakutkan dan seringnya ngeblank. Padahal kalau dilatih bisa menguasai panggung bisa kali, ya? PR buat saya juga. Hehe ... Btw, QuBisa ini cocok buat anak milenial sekarang dan untuk upgrade ilmu untuk karyawan atau perorangan di dunia bisnis juga bisa

    ReplyDelete
  6. Walau sudah punya pekerjaan tetap sepertinya saya tertarik untuk menggunakan aplikasi Qubisa untuk mengasah skill public speaking. Soalnya di kantor sering disuruh jadi MC juga. ^^

    ReplyDelete
  7. Wah, mantep ini Qubisa menyediakan apapun apalagi publik speaking untuk kerja sangat penting.

    ReplyDelete
  8. Saya juga nggak terbiasa ngomong di depan publik,apalagi kalo nggak menguasai materi, makin grogi jadinya, hehehe.

    Ternyata ada juga ya materi belajar public speaking di QuBisa. Wah lengkap amat sih QuBisa ini.

    ReplyDelete
  9. coba2 donlod ahh penasaran kalo aplikasi qubisa bisa buat pelatihan public speaking. emang lagi mau nambah banyak skill

    ReplyDelete
  10. Wahh sama dong aku kemarin juga pakai QuBisa inii untuk kursus public speaking lhoo. Alhamdulillah dapatnya gratis lagiii yah <3

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata ada kursus public speaking ya di QuBisa, aku jadi kepengen belajar juga mbak. Soalnya kepengen bisa deh ngomong lebih lancar di depan audience.Durasinya cukup singkat ya setengah jam'an doank tapi bisa masuk gtu materinya?
    Jd bener2 penasaran apalagi kalau yg gartis2 hehe TFS infonya

    ReplyDelete
  12. Tambah skill public speaking ini memang perlu ditingkatkan sih ya, biar gak nge-blank saat berbicara depan banyak orang.

    ReplyDelete
  13. Akoh nggak sendirian yaa mba. Beneer, mending menariii deh ya.. Klo dulu pas b.indonesia kan drama tuh, aku milih jadi penulis ceritanya aja hahaa.
    Wah public speakingnya ada yg free. Menariiik deh ini. Aku perlu nambah ilmu ini, biar nggak gagap dan mules klo tampil buat cuap2 😄

    ReplyDelete
  14. Wah banyak teman-teman yang ngereview tentang Qubisa ini..jadi bikin kepo nih, saya belum mulai sih tapi tertarik banget ntar coba ah...

    ReplyDelete
  15. Pengen juga belajar public speaking di Qubisa. Bisa nambah skill yang lain juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku di depan org banyak ngomong auto blepotan. Mending nulis deh

      Delete
    2. *tosss*
      Tapi sambil nulis sambil belajar public speaking juga yuk...

      Delete
  16. Saya belajar public speaking di organisasi sewaktu mahasiswa. Tapi pas nonton video microlearing di QuBisa baru tau banyak trik-trik biar public speaking makin lancar

    ReplyDelete
  17. Aplikasi Siap Kerja QuBisa memang paling oke buat fresh graduate yang ingin meningkatkan skill atau keahliannya agar bisa masuk ke dunia kerja dengan lebih percaya diri. Apalagi semakin hari persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan semakin sulit, jadi harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jangan fresh graduate, untuk yang udah profesional pun membantu banget

      Delete
  18. Honestly, public speaking adalah salah satu skill yang jadi top wish list saya. Pengen banget ngomong dengan tenang, PeDe, secara efisien, efektif sehingga audience akan mampu menangkap dengan mudah apa yang saya sampaikan. Saatnya ngubek-ubek QuBisa, semoga masih dapat jatah kursus gratis Public speaking juga

    ReplyDelete
  19. Kerennya Aplikasi QuBisa ini bisa membuat kita bisa upgrade skill. Seperti keterampilan public sepeaking dan skill lainnya. Kalau saya sedang mencoba skill menulis dan upgrade media sosial, mbak.. hehe

    ReplyDelete
  20. Wah banyak sekali ya berarti keuntungan dari aplikasi Qubisa ini ya mba. Dan ini yang dibutuhkan jika ingin ada ketrampilan lebih yang tentunya akan menunjang karir dan berdampak pada tambahan penghasilan. Aku jadi penasaran mau coba untuk meningkatkan pubilc speaking

    ReplyDelete
  21. Public Speaking for Life in a Millenials Way hanya terdiri dari 8 video dengan total durasi selama 28 menit. Wah beneran singkat banget ya mbak, cocok buat yang nggak bisa meluangkan banyak waktu untuk bisa fokus belajar.

    Saya tertarik nih pengen ikut, karena sampai sekarang saya juga merasa masih susah jika disuruh berbicara di depan umum

    ReplyDelete
  22. Aww.. Jd pengen ikut jg kelas public speaking di qu bisa. Krn aku tuh aslinya pengen tp gak pede dr dulu pengen tampil. Haha. Eh, tp dah ibu2 gini kdg mikir jg buat apa gt.. Haha. Minder lg

    ReplyDelete
  23. Keren, kak.
    Public Speaking memang ilmu yang takkan lekang oleh waktu yaa.. Justru harus terus dilatihkan. Aku dulu pernah ikutan kelas 10 pertemuan dan berapa kalipun dicoba, yang namanya ngobrol di depan orang banyak tuh selalu bikin degdegan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang harus praktik terus ya, semakin banyak jam terbang, semakin lancar...

      Delete
  24. Punya aplikasi QuBisa udah kayak punya mentor berjalan ya
    jangan jangan nanti jika benar ada metaverse (ciptaan Mark Zuckerberg itu) mentor virtualnya "hadir" beneran

    ReplyDelete
  25. Enak nih ada aplikasi QuBisa. Bisa belajar banyak ketrampilan. Sistem belajarnya online pula. INI nih yang saya suka. Video pembelajarannya juga singkat ya 1-3 menit. Enak nih. Nggak perlu butuh waktu lama untuk sekali belajar.

    ReplyDelete
  26. tetap upgrade ilmu dimanapun ya mak. di qubisa ini bisa banget kita pakai buat asah kemampuan karena sayang sekali pelatihannya kalau ga kita manfaatin dengan baik

    ReplyDelete
  27. ada kelas public speaking juga yaa.. keren banget jadi bisa belajar dari situ ya buat pede ngomong depan audience

    ReplyDelete
  28. Siapa saja jadi bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas diri dengan mengakses aplikasi QuBisa ini. Banyak pelajaran yang bisa didapatkan, tinggal kitanya aja..mau atau nggak.

    ReplyDelete
  29. asik banget yah bisa belajar publik speaking via qubisa, praktis dan bisa dilakukan dimana saja lewat apliaksinya ya mak

    ReplyDelete
  30. Aku yang nggak bisaan,pemalu kalo disuruh nomong depan umum sepertinya wajib ikutan kelas public speaking yaa. MInimal punya keberanian gitu

    ReplyDelete
  31. Banyak skill yang Kita bisa pilih ya mba di aplikasi siap kerja QuBisa Salah satunya skill Public Speaking Lebih Percaya Diri

    Bagus nih buat para lulusan yg siap kerja

    ReplyDelete
  32. Banyak banget ya kelasnya di qubisa ini. Jadi pengen belajar banyak, ada fotografi juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, segala macam ada, tinggal pilih aja sesuai kebutuhan...

      Delete
  33. akupun masih perlu belajar mengenai public speaking ini, karena memang akan banyak bertemu klien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya kalau banyak ketemu klien harus tau cara komunikasi yang efektif ya...

      Delete
  34. keren banget ini Qubisa pastinya banyak pilihan pelatihan mendukung skill sebagai content creator

    ReplyDelete
  35. Banyak yang pakai QuBisa ya, dan bermanfaat untuk upgrade ilmu di masa pandemi ini. MAu aku share ah buat yang membutuhkannya, makasih ya mba sudah sharing

    ReplyDelete
  36. Baru tau qubisa ini bermanfaat banget yah pada saat pandemi ini, mkasih kak sudh sharing jadi aq paham deh

    ReplyDelete
  37. memang kursus-kursus yang ada di Qubisa ini membantu banget ya dalam hal meningkatkan kemampuan kita. aku juga sudah coba ikutan kursusnya dan sangat membuka wawasan

    ReplyDelete