Thursday, August 18, 2022

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi yang Patut Dikunjungi

Sumber: https://www.yukbanyuwangi.co.id/bersafari-di-taman-nasional-baluran-si-afrika-van-java.html

Jawa Timur memiliki pesona yang tidak perlu lagi diragukan. Beberapa di antaranya masih tersembunyi, sehingga banyak orang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren di Banyuwangi. Berikut beberapa yang paling populer.

1. Air Terjun Jagir
Bagi wisatawan yang menjelajah di Banyuwangi, jangan lupa untuk berkunjung ke Air Terjun Jagir yang terletak di Kecamatan Glagah. Di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang masih asri.

Keunikannya berada pada tiga air terjun yang sering disebut masyarakat sebagai air terjun bersaudara, kembar, atau air terjun bidadari. Karena airnya yang sangat jernih, tempat ini diibaratkan sebagai permandian bidadari.

2. Pantai Wedi Ireng
Jika Pantai Pulau Merah sudah mainstream, cobalah melipir ke Pantai Wedi Ireng. Pantai yang berlokasi di Dusun Pancer, Kecamatan Pesanggrahan, Desa Sumber Agung. Lokasinya sendiri diapit oleh teluk hijau dan pantai yang tempatnya berdekatan. Pantai ini dikurung oleh bukit yang berjejer. Hamparan pasir putih memanjang dengan warna hijau dan biru air lautnya sangatlah menyejukkan mata yang memandang.

3. Baluran
Ingin merasakan suasana Padang Savana, beserta satwa-satwa liarnya? Tidak perlu jauh-jauh terbang ke Afrika, cukup singgah sebentar di Banyuwangi. Ada dua opsi untuk destinasi wisatanya sendiri. Sadengan yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo Dadang, kemudian yang berada di Taman Nasional Baluran.

Secara administrasi, Taman Nasional memang masuk ke dalam wilayah Situbondo. Namun, jaraknya lebih dekat dari Kabupaten Banyuwangi dan berada di perbatasan. Tidak sulit untuk menemukan lokasinya karena pintu gerbang utama terletak di Jalan Situbondo.

4. Air Terjun Lider
Air terjun yang satu ini adalah salah satu dari air terjun yang masih alami di Kabupaten Banyuwangi. Letaknya di lereng Gunung Rawung, membuat suasana di sekitar air terjun terasa menyejukkan. Tinggi air terjunnya sendiri mencapai 60 meter. Pada siang atau sore hari, air terjun kerap kali disorot oleh sinar matahari, sehingga memunculkan bias pelangi yang memukau. Uniknya lagi ada empat air terjun mini yang menjadi bagian dari air terjun utama.

5. Jawatan Benculuk
Bagi wisatawan yang menyukai dunia fantasi atau negeri di buku dongeng, pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan di kawasan Jawatan. Dilihat sekilas dari fotonya saja, pemandangan di kawasan tersebut mirip dengan famon yang terdapat di film Lord Of The Ring. Bentuk batang dan daun yang unik seolah mengingatkan wisatawan pada film fenomenal tersebut. Namun, ada juga yang menyebutnya mirip dengan cerita Alice In Wonderland.

6. Umbul Bening
Salah satu rekomendasi tempat wisata ini adalah taman rekreasi dan hiburan yang sangat cocok untuk keluarga berlibur. Aman, nyaman, dan lestari, itulah kesan yang pengunjung rasakan. Tersedia lima pilihan kolam renang dengan fasilitas water boom yang bertemakan water park.

Tidak hanya anak-anak yang bisa bermain di wahana permainan, orang dewasa pun tentu dapat menikmati semua wahana yang tersedia. Harga tiket masuknya pun sangat bersahabat.

7. Bangsring Underwater
Wisatawan yang hobinya snorkeling, tidak ada salahnya untuk menengok pemandangan bawah air Banyuwangi. Rekomendasi tempat wisata alam berbasis konservasi ini memiliki dua pilihan terumbu karang, yakni buatan dan alami. Tempat wisata ini merupakan hasil kerja keras para nelayan setempat. Suasana asri, fasilitasnya pun memadai, apalagi dengan pemandangan bawah air yang menakjubkan.

Itu dia rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Jangan lupa untuk selalu mengabadikan momen terbaik ketika mengunjungi tempat terbaik. Dengan berwisata, pengunjung akan mendapatkan sejumlah pengalaman menyenangkan dan berharga. Jadi, jangan sia-siakan waktu dan siapkan budget secepatnya.


No comments :

Post a Comment