Thursday, October 20, 2022

Smartphone Gaming Paling Buas: ASUS ROG Phone 6 Series


"Cita-citaku ingin menjadi gamer..."

Begitu salah satu pernyataan yang diucapkan anak saya ketika dia mempresentasikan materi 'Aku dan Versi Terbaikku' saat Tutup Tema di sekolahnya bulan September kemarin.

Waduh....

Kalau kalian, bagaimana jika anaknya bercita-cita ingin menjadi gamer? Didukung atau dilarang?

Ketika Anak Bercita-Cita Menjadi Gamer

Kalau saya, pastinya kaget dulu dong.... Bukan karena profesi gamer-nya ya. Karena saat ini, cita-cita menjadi gamer memang bukan hal yang aneh lagi. Tapi tetap aja di dalam hati ini rasanya ada yang mengganjal. Dan ujungnya malah jadi berprasangka buruk, "Jangan-jangan dia ingin menjadi gamer karena dikiranya jadi gamer itu gampang kali ya? Kerjanya cuma duduk-duduk santai sambil main game." Duh, heuheu....

Saya berpikir begitu bukan tanpa alasan. Soalnya akhir-akhir ini, motivasinya sedang menurun. Hari-hari dijalaninya dengan santai, mengalir, apa adanya.... Saya sampai capek berantem terus. Makanya langsung konsultasi sama psikolog sekolah. Dan ternyata memang ada PR di emosinya, fiuh....

Sambil berusaha menyelesaikan PR emosinya, saya tetap tenang dan tentu aja mendukung cita-citanya. Yang penting sekarang dia semangat melatih rasa percaya diri dan konsisten dalam mengejar cita-citanya. Sehingga apapun cita-citanya, entah itu gamer atau yang lain, bisa dia kejar dengan modal percaya diri dan konsisten tersebut.

Jadi daripada melarangnya bermain game, berikut yang saya lakukan ketika anak bercita-cita menjadi gamer.

Meminta Komitmen
Sebelum mendukungnya, saya bertanya dulu padanya, "Kamu tau kalau jadi gamer itu enggak gampang? Harus kerja keras? Harus tekun? Harus semangat pantang menyerah?" Dia pun menjawab, "Tau." Lalu saya bertanya lagi, "Gimana caranya?" Jawabannya, "Latihan terus," hadeuh.... Bukan jawaban yang saya harapkan, tapi seenggaknya dia mengerti kalau untuk menjadi gamer itu enggak mudah dan harus kerja keras.

Beri Kesempatan untuk Latihan
Katanya kan mau jadi gamer profesional, bukan cuma gamer casual yang tujuannya cuma untuk hiburan, berarti ya harus latihan serius dong. Dengan latihan secara rutin, dia bisa berlatih menyusun strategi, mengalahkan musuh, dan lain-lain. Namun tentunya dengan waktu yang dibatasi. Maksimal 1 jam aja sehari, itupun setelah dia menyelesaikan semua kewajibannya. Jadi masih ada sisa screentime 1 jam lagi untuk kegiatan yang lain. Selain itu, game yang dimainkan pun harus sesuai dengan syarat batas usia minimal.


Tentukan Target
Ingin jadi gamer profesional berarti harus mempunyai target dan berusaha untuk mencapainya. Makanya, dia suka mabar sama ayahnya untuk push rank Mobile Legends. Selain itu, dia juga sedang rajin mabar sama temannya untuk mengumpulkan sejumlah crown Stumble Guys, supaya bisa bergabung dengan komunitas Stumble Guys katanya.

Belajar dari Pengalaman Gamer Profesional
Beda dengan profesi lain, saya tuh enggak memiliki pengetahuan sama sekali soal gamer ini. Apa betul cuma modal latihan aja? Pastinya enggak dong ya. Makanya saya selalu mendorong dia untuk bersama-sama mencari tau kisah dan gaya hidup para gamer.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental
Dari membaca kisah hidup para gamer, ternyata untuk menjadi gamer profesional itu harus memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik juga. Caranya yaitu dengan makan makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, dan olahraga. Kalau olahraga, anak saya sukanya sepeda dan basket. Dengan terjaganya kesehatan secara menyeluruh, bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus, melatih koordinasi antara tangan, mata, dan otak, mempercepat refleks, bahkan memperbaiki keterampilan komunikasi.

Tetap Melakukan Kegiatan Lain
Boleh dong mengejar cita-cita menjadi gamer, tapi bukan berarti seharian cuma main game aja. Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, main game cuma 1 jam sehari. Sisanya, gunakan untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman di bidang lain. Bidang yang sedang dia sukai saat ini yaitu desiner grafis dan bahasa Inggris. Makanya sekarang dia menjadi admin dan desainer grafis untuk akun instagram DKM masjid di komplek. Beberapa minggu yang lalu juga sempat membacakan pidato berbahasa Inggris saat perayaan Maulid Nabi di PAUD dekat rumah.


Menyediakan Fasilitas
Lalu bagaimana dengan fasilitas? Kok enggak dibahas sih? Pastinya fasilitas juga disediakan dong. Sementara ini sih jaringan internet yang lancar dan smartphone gaming ASUS ZenFone Max Pro M2 punya saya rasanya sudah cukup lah ya, hehehe.... Yup, anak saya belum memiliki ponsel sendiri. Saya memang masih memberikan 'hak pakai' aja, nanti kalau sudah SMA, baru deh diberi 'hak milik'. 


Ya, mudah-mudahan ada rezekinya saya bisa mempunyai salah satu ROG Phone 6 Series, jadi bisa dipinjamkan untuk anak bermain game, supaya lebih semangat mengejar targetnya, hohoho....

Kenapa sih harus ROG Phone 6 Series?

ASUS ROG Phone 6 Series

Ngomongin soal smartphone gaming, pastinya enggak mungkin dong kalau enggak membahas ROG Phone, smartphone gaming paling gahar sedunia. Kalian tau enggak, tanggal 21 September 2022 kemarin, ASUS baru aja meluncurkan ponsel gaming seri ASUS ROG Phone 6 di Indonesia. 


Kali ini ada 2 tipe yang bisa kalian pilih, ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. 


Penasaran enggak, fitur-fitur apa aja yang membuat ASUS ROG Phone 6 Series ini menjadi lebih 'buas'? Ini dia....

ROG Vision yang Stand Out
Katanya 'don't judge a book by its cover'. Tapi da bagaimana ya, ROG Phone 6 ini memiliki desain yang cakep banget. Sejak dulu, saya tuh selalu jatuh cinta sama desain ROG Phone. Kali ini ROG Phone 6 standar tersedia dalam pilihan warna Storm White dan Phantom Black. Sedangkan ROG Phone 6 Pro tersedia dalam warna tunggal Storm White dengan layar AMOLED ROG Vision di bagian belakangnya. 


ROG Vision di layar OLED 2 inci ini akan menampilkan animasi yang dapat disesuaikan untuk beberapa skenario, seperti: panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dan sebagainya. Bebas sih. Layar AMOLED ini bisa diaktifkan, dinonaktifkan, atau disesuaikan tampilannya sesuai selera kalian. Apalagi ASUS juga sudah menambahkan 60 animasi baru ke ROG Phone 6 Pro. Dan seandainya belum cukup, kalian bisa mengunduh lebih banyak atau membuat animasi sendiri di editor ROG Vision. Jadinya stand out banget, enggak akan ada yang menyamai.

Performa Luar Biasa
Namanya juga smartphone gaming, nomor satu pastinya butuh performa yang luar biasa supaya asyik dipakai bermain game. Nah, si 'buas' ASUS ROG Phone 6 Series ini memiliki performa yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih baik ketimbang pendahulunya. Ini karena dukungan prosesor terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform. Dibandingkan pendahulunya, prosesor ini menghadirkan clock speed CPU yang jauh lebih cepat, yakni 3,2 GHz.


Kombinasi antara CPU dan GPU Adreno 730 pun menciptakan kinerja CPU dan GPU yang 10 persen lebih tinggi. Efisiensi daya CPU juga meningkat 30 persen. Untuk meminimalisir bottleneck, ROG Phone 6 Series diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 hingga 512GB. Makanya ROG Phone 6 Series ini layak untuk disebut sebagai smartphone tercepat.


Baterai ‘Monster’ 
Main game tuh biasanya menyedot banyak daya. Tapi dengan ASUS ROG Phone 6 Series, kalian bisa bermain game sepuasnya tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Soalnya ASUS ROG Phone 6 diperkuat dengan baterai 'monster' berkapasitas 6000 mAh, menempatkannya ke jajaran flagship dengan baterai terbesar di market. ASUS juga merancang ROG Phone 6 Series dengan desain MMT yang unik, terdiri dari dua baterai 3000 mAh. Desain ini memberikan beberapa manfaat. Bukan hanya menurunkan suhu saat pengisian daya, desain ini juga memungkinkan pengisian daya 65W. 


Desain baterai dua sel juga memungkinkan untuk memposisikan motherboard di tengah frame. Dengan begitu, terciptalah keseimbangan berat yang sempurna, sehingga ASUS bisa menanamkan sistem pendinginan yang unggul. Hasilnya, memungkinkan pengisian yang lebih cepat dari 0 – 100%. ROG Phone 6 bisa terisi penuh dalam 42 menit doang (10 menit lebih cepat dibandingkan dengan ROG Phone 5). Mantap ya, cuma setengah jam lebih sedikit!

GameCool 6 Cooling System yang Canggih
Performa luar biasa dan baterai 'monster' akan menjadi sia-sia apabila ponselnya cepat panas. Kerennya, ASUS ROG Phone 6 Series ini bisa memiliki performa yang tak tertandingi secara konsisten berkat adanya teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System. Generasi kelima dari sistem GameCool yang canggih ini merupakan pembaruan terbesar untuk pendinginan sejak diperkenalkannya seri ROG Phone.


Struktur internal pada sistem pendinginan ini lebih ditingkatkan untuk pembuangan panas yang lebih efisien daripada sebelumnya. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, sistem pendingin CPU 360° yang baru telah didesain ulang lalu difokuskan pada tata letak dual-PCB yang ditempatkan di bagian tengah. Dengan memanfaatkan metode yang eksklusif ini untuk mengisi celah udara antara dua PCB dengan senyawa termal khusus, kinerja pendinginan pun meningkat hingga 10°C.

AeroActive Cooler 6 untuk Pembuangan Panas yang Optimal
Pembuangan panas pun memainkan peranan yang penting dalam meningkatkan kinerja ASUS ROG Phone 6 Series. Kuncinya yaitu AeroActive Cooler 6 terbaru. AeroActive Cooler 6 hadir dengan Thermoelectric AI Cooling System yang terintegrasi, berbasis chip pendingin Peltier, untuk mengoptimalkan pembuangan panas menurut temperatur CPU.


Teknologi ini dapat terhubung dengan ROG Phone 6 Series melalui sambungan USB-C untuk menurunkan temperatur permukaan dekat CPU sampai 25°C. Dengan begitu kalian bisa menikmati kenyamanan dan mobilitas tanpa batas saat memainkan game yang demanding tanpa panas berlebihan. Yup, karena aksesori opsional ini bebas kabel dan bekerja dengan daya dari baterai ponsel. Modenya pun bisa diatur secara optimal tergantung pada suhu CPU dan tingkat loading game. 

Kontrol Maksimal dengan AirTrigger 6 dan Ultrasonic Buttons
Gaming tanpa kontrol yang baik pastinya hanya membuat frustasi. Itulah sebabnya ROG Phone 6 Series sudah diperkuat teknologi AirTrigger 6 terbaru yang menawarkan sensitivitas yang lebih baik, pemosisian yang lebih baik, dan lebih banyak kontrol gerak. Teknologi ini dilengkapi hingga 18 titik sentuh spesifik yang dipetakan pada layar (dengan AeroActive Cooler 6 terpasang). Sistem AirTrigger 6 bahkan dapat digunakan di luar game juga loh.


Hal baru yang terdapat di AirTrigger adalah fitur 'Tekan' dan 'Kiri' yang memungkinkan kalian untuk memetakan tindakan yang berbeda saat menekan tombol pengaktif ultrasonik dan ketika mengangkat jari dari tombol. Tambahan baru lainnya adalah giroskop yang bisa membidik atau mengontrol sudut pandang. Cukup tekan dan tahan tombol ultrasonik terlebih dahulu. Kalian pun dapat mengontrol area tampilan dengan menggerakkan atau memiringkan ponsel.

Layar Revolusioner 
ASUS ROG Phone 6 Series memakai layar AMOLED HDR10+ seluas 6,78 inci dari Samsung dan disetel oleh ROG. Untuk kenyamanan dan keamanannya, layar ini sudah diproteksi dan diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat. Selain itu dilindungi juga dengan teknologi Eye Care Display, sehingga enggak perlu khawatir ketika bermain game dan harus menatap layar lama-lama.


Dengan refresh rate maksimum 165Hz, layar ROG Phone 6 Series adalah yang tercepat dan tertajam dibandingkan laptop lain di pasaran. Touch-sampling rate mencapai 720 Hz dan latensi sentuh 23 ms, menjadikan layar ini sebagai senjata pamungkas bagi kalian yang ingin unggul dalam bermain game. 

GameFX Audio yang Imersif
Untuk pengalaman bermain game dengan sound yang imersif, ROG Phone 6 memiliki pengaturan speaker yang canggih dan penyetelan yang luar biasa oleh Dirac. Sistem terbaru ini bertumpu pada dua Speaker Super Linear 5-magnet 12x16 simetris yang didukung oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45. Bersama dengan pemrosesan sinyal digital terbaik dari Dirac, ROG Phone 6 Series menghadirkan pengalaman sound yang lebar, jernih, dan kedalaman suara yang lebih baik daripada ponsel lain di pasar.


Kamera Terbaik
Kamera mungkin bukan pertimbangan utama bagi kalian para gamer saat memilih ponsel gaming andalan. Tapi hari gini gitu loh, apa lah artinya ponsel tanpa kamera ciamik. Makanya ROG Phone 6 Series tetap memberikan pengalaman kamera terbaik dibandingkan ponsel gaming mana pun.


Ponsel ini hadir dalam formasi tiga kamera belakang, di mana kamera utamanya di belakang mengandalkan sensor SONY IMX766 50MP. Kamera ini menawarkan mode utama 12,5MP menggunakan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50MP. Kamera ini memungkinkan perbesaran 2x lossless asli dalam kondisi pencahayaan siang hari. Serta akan beralih ke zoom digital 2x berdasarkan mode 12,5MP pada kondisi pencahayaan rendah untuk menangkap cahaya yang cukup.

Kamera kedua yaitu lensa sudut ultra lebar 13MP yang mampu merekam sampai sudut 125 derajat dengan koreksi distorsi secara real time. Sedangkan kamera ketiga adalah lensa makro 5MP. Terakhir, ada kamera depan beresolusi 12 MP yang bisa merekam group selfie dalam kualitas tinggi dan melakukan video streaming secara langsung.

Menjajal ASUS ROG Phone 6 Series

Supaya enggak penasaran, mending langsung jajal ASUS ROG Phone 6 Series ini yuk. Dalam gaming test dengan game kelas berat macam Role-playing Game (RPG), apapun judul game-nya, dibabat oleh ASUS ROG Phone 6 Series ini dengan mudah. Bahkan pada setting grafis tertinggi dan frame rate tertinggi 60 fps, serta refresh rate 165Hz, game bisa dimainkan dengan mulus dengan animasi yang smooth bahkan pada pertarungan paling intens sekalipun, tanpa screen tearing yang mengganggu.

Dalam pengujian memainkan game FPS tanpa AeroActive Cooler 6 selama 60 menit, ASUS ROG Phone 6 Series mampu menghasilkan frame rate 59,39 fps, temperatur berada di kisaran 48,10C dan efisiensi daya mencapai 5,88W. Sementara untuk gameplay selama 30 menit tanpa cooler, menghasilkan 59,55 fps, temperatur 49,30C, dan efisiensi daya 5,97W. Saat dimainkan selama 20 menit tanpa cooler, frame rate mencapai 59,4fps, temperatur bertahan di angka 44,20C, dan efisiensi daya mencapai 5,91W. Impresif!

Hasilnya makin memukau saat ponsel ini memainkan game FPS menggunakan AeroActive Cooler 6 dan tanpa external power selama 60 menit. Permainan bisa mencapai frame rate 59,72fps, temperatur di posisi 43,30C, dan efisiensi daya hingga 10,2 W. Sedangkan dengan cooler dan external power, frame rate bisa mencapai 59,77 fps dan dan temperatur di angka 39,90C.


Bagaimana dengan game casual? Performa ASUS ROG Phone 6 Series makin kentara saat memainkan game-game casual khususnya dari genre survival. Berbagai pengujian pada game survival dilakukan dengan mengatur permainan pada setting paling maksimal, yaitu ExtremeHD untuk grafis dan ultra-frame rate, dan settingan lain ON. Skenarionya jelas, untuk memberikan beban yang besar pada ponsel ini.

Hasilnya, pada mode yang intens sekalipun gameplay tetap terasa sangat smooth. Frame rate stabil di angka 60 fps. Saat mulai bertarung, temperatur mulai merangkak naik dan berada di kisaran 37-410C dan ini sama sekali tak mengganggu.


Banyak yang bisa dilakukan dengan fitur Game Genie terbaru. Seperti jalan pintas kembali ke Armory Crate, memblokir semua notifikasi dan panggilan masuk, mencegah perubahan brightness secara mendadak, mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan oleh aplikasi di latar belakang, mengaktifkan perekam layar, melakukan pencarian di internet dan YouTube tanpa meninggalkan game, dan masih banyak lagi.

Adapun dalam pengujian baterai, saat ponsel ini digunakan untuk skenario berat seperti gaming, memotret, mengirimkan pesan, memutar video, dan sebagainya, baterainya mencapai titik kritis setelah 8 jam penggunaan. Dalam skenario gaming yang intens seperti FPS, pada permainan selama 37 menitan tanpa cooler, daya baterai mengalami penurunan sekitar 17 persen aja.

Cara Mendapatkan ASUS ROG Phone 6 Series

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober - 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia. Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000. So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

~~~

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien

No comments :

Post a Comment