Friday, March 17, 2023

Yuk, Ngabuburit dengan Kegiatan Asyik dan Bermanfaat!


Bulan Ramadan yang senantiasa dinantikan umat muslim akan segera tiba. Salah satu kegiatan menarik yang hanya dilakukan pada bulan tersebut adalah menunggu waktu berbuka puasa atau dikenal dengan sebutan ngabuburit. Banyak hal menarik nan seru yang bisa dilakukan agar ngabuburit jadi lebih bermakna dan enggak membosankan.

Mulai sekarang, jangan hanya bermalas-malasan ketika menantikan waktu berbuka, ya. Cobalah melakukan beberapa kegiatan ini supaya waktu senggang jelang berbuka semakin bermanfaat:

Membagikan Takjil Gratis di Luar Rumah
Kegiatan seru pertama yang cuma bisa dilakukan di bulan Ramadan adalah berbagi takjil gratis. Kalau punya rezeki berlebih, jangan ragu membuat atau membeli takjil lalu membagikannya kepada sesama yang membutuhkan, seperti pengemudi ojek, tuna wisma, pemulung, tukang becak, dan lainnya. Enggak harus menyiapkan takjil yang harganya mahal kok. Takjil sederhana yang dikemas rapi sudah lebih dari cukup bila ingin berbagi.

Keterbatasan akses transportasi enggak akan menjadi masalah sebab kini pesan rental mobil di Jakarta maupun daerah sekitarnya jadi lebih mudah melalui Traveloka. Karena Traveloka sudah bekerja sama dengan banyak rental berkualitas untuk memfasilitasi segala kebutuhan. Tinggal pilih mobil sesuai bujet yang tersedia dan kapasitas yang dibutuhkan. Keliling kota untuk berbagi takjil jadi makin mudah bila sudah mendapatkan mobil sewaan melalui Traveloka.

Mengadakan Acara Buka Puasa Bersama
Momen ngabuburit juga enggak lepas dari acara buka puasa bersama (bukber). Aktivitas yang satu ini memang mengasyikkan dan bermanfaat untuk menjalin silaturahmi. Usahakan untuk merencanakan acara bukber sejak jauh hari agar persiapannya matang dan berlangsung secara lancar. Namun, jangan lupa kalau tujuan utama bukber adalah menjalin silaturahmi. Jangan sampai melalaikan kewajiban salat selama berbuka bersama ya. Susunlah acara secara cermat untuk memastikan bahwa acara bukber menjadi kegiatan bermanfaat.

Mencoba Resep Masakan Baru
Jika memutuskan untuk enggak bepergian selama ngabuburit, masih ada rekomendasi kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah, yaitu mencoba resep masakan baru. Pastikan sudah mencari resep minimal satu hari sebelum mencobanya agar masih ada waktu untuk menyiapkan bahan-bahan secara lengkap. Ada banyak sekali resep yang bisa dicoba, mulai dari resep takjil yang praktis, hidangan utama, hingga hidangan bersantan untuk persiapan Idulfitri. Jangan ragu melakukan modifikasi resep agar cita rasanya lebih sesuai dengan selera keluarga.

Menyiapkan Takjil di Masjid Terdekat
Suasana gotong royong di bulan Ramadan memang terasa kental karena banyak aktivitas yang dilakukan bersama, misalnya menyiapkan takjil di masjid terdekat. Apabila mempunyai rezeki berlebih dan waktu luang, enggak ada salahnya membantu menyiapkan takjil untuk para jemaah yang akan menunaikan salat magrib di masjid. Selain menyenangkan dan menambah pahala, kegiatan ini juga bermanfaat meningkatkan kepedulian dalam diri sendiri. Jangan ragu mengajak anggota keluarga, tetangga, dan para sahabat untuk melakukannya bersama-sama.

Membaca Buku di Rumah
Ada satu lagi kegiatan menarik yang sangat inspiratif dan cocok untuk mengisi waktu ngabuburit, yaitu membaca buku di rumah. Jika selama ini selalu sibuk sampai enggak sempat membaca buku, maka jadikanlah momen ngabuburit tahun ini sebagai momentum untuk melakukan perubahan. Bisa dimulai dari memilih buku-buku dengan topik bahasan ringan sebagai upaya adaptasi. Selanjutnya, pilihlah buku-buku dengan tema lainnya yang berkaitan dengan agama, pekerjaan, atau disiplin ilmu yang sedang dipelajari.

Mencoba Berkebun di Halaman Rumah
Waktu ngabuburit enggak akan membuat mati gaya apabila digunakan untuk berkebun. Kegiatan ini bisa dimulai dari halaman rumah. Pilihlah jenis tanaman hias atau tanaman warung hidup yang mudah dikembangbiakkan, misalnya pohon tomat, sayuran hijau, atau pohon bunga berukuran kecil. Siapkan media tanam dan peralatan berkebun lainnya secara lengkap. Jika memilih tanaman yang masa hidupnya singkat dan mulai menanam sebelum Ramadan tiba, kemungkinan besar sudah bisa panen ketika menjelang Idul fitri.

Meluangkan Waktu untuk Berolahraga
Ibadah puasa bukanlah halangan untuk tetap berolahraga secara teratur. Sebaliknya, justru harus tetap giat berolahraga demi mempertahankan stamina dan kesehatan selama berpuasa. Waktu ngabuburit cocok dimanfaatkan untuk berolahraga karena membantu meminimalkan dehidrasi. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang dan lakukan maksimal satu jam jelang berbuka puasa. Bila waktu berbuka sudah tiba, maka harus lekas mengonsumsi air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berolahraga. Beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan saat ngabuburit antara lain yaitu yoga, pilates, jalan kaki, dan bersepeda.

Berpuasa sambil mempertahankan produktivitas bukanlah hal mustahil bila melakukannya dengan tekad yang kuat. Semoga puasa kita tahun ini lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang-orang terdekat di sekitar kita. Selamat menunaikan ibadah puasa!

1 comment :

  1. Waktu menunggu berbuka puasa memang sering jadi kegabutan yang hakiki, karena udah puncaknya lapar dan tidak ada yang bisa dikerjakan. Memang ada baiknya untuk menghabiskan waktu dengan yang lebih bermanfaat agar puasa tidak terasa menyiksa, bisa diterapin ini. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete