Friday, July 28, 2023

Games Edukasi untuk Anak


Digital Native

Istilah "digital native" merujuk pada generasi yang tumbuh dan hidup di era digital yang sudah maju, yaitu ketika teknologi komputer dan internet telah menjadi bagian yang enggak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mereka cenderung memiliki pengalaman dan pemahaman alami tentang teknologi digital, karena telah terpapar sejak usia dini.

Menurut dr. Aisyah Dahlan, posisi gawai itu sekarang adalah seperti kita dahulu bahwa buku itu adalah jendela dunia. Yup, di era digital seperti sekarang, gawai adalah jendela dunia. Jadi tujuannya sama, yang berbeda hanya medianya. Mau enggak mau, suka enggak suka, ya begini lah keadaannya.

Games Edukasi

Sejak pandemi Covid-19, jujur penggunaan gawai anak-anak memang menjadi enggak terkontrol. Untungnya ada program gawai sehat di sekolah. Sejak saat itu, kami membuat kesepakatan bersama mengenai penggunaan gawai. Baik dari durasi, frekuensi, maupun kontennya. Enggak bisa 100% steril dari gawai, tetapi diatur agar penggunannya tetap bijak.


Salah satu konten yang kami perbolehkan untuk diakses oleh anak-anak yaitu games edukasi. Games edukasi bisa memberikan pembelajaran dan berdampak positif bagi perkembangan anak, namun dengan cara yang menyenangkan. Rasanya sih seperti bermain saja, padahal sambil belajar juga.

Games Edukasi di mortgagecalculator.org

Sesuai dengan namanya, mortgagecalculator.org merupakan website yang berisi kalkulator hipotek. Mungkin ada teman-teman yang merasa asing dengan istilah hipotek? Dalam pembelian properti, istilah hipotek lebih dikenal dengan sebutan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Nah, kalkulator hipotek bisa menghitung pajak dan tingkat bunga secara akurat, sehingga memudahkan penggunanya untuk memperkirakan rencana pembayaran hipotek/cicilan bulanan.

Selain kalkulator hipotek juga segala hal yang berkaitan dengan uang dan pembiayaan, website ini juga menyediakan Money Games, yaitu video game online tentang usaha, bisnis, dan pengelolaan keuangan untuk anak-anak. Gratis serta tanpa iklan!

Meski namanya Money Games, ada banyak game lain di website ini yang dikelompokkan sesuai kategori berikut:
  • Real Estate Games
  • Money Games
  • Cryptocurrency Games
  • Farming Simulation Games
  • Grocery Store Games
  • Restaurant Simulation Games
  • Business Simulation Games
  • Software Development Games
  • Office Politics Games
  • Environmental Games
  • Other Fun Games

Banyak banget dan semuanya seru-seru. Tinggal pilih saja sesuai preferensi masing-masing.

Games Edukasi Favorit Rashya

Usia Rashya kan masih 5 tahun, makanya saya memilihkan game dengan tingkat kesulitan yang paling mudah. Dari beberapa game yang sudah dicoba, ini 3 game favorit Rashya.

Belajar Penjumlahan bersama Treze Coins
Treze Coins ini cara memainkannya sangat mudah. Anak-anak cukup mengumpulkan koin untuk dimasukkan ke dalam mesin gumball. Ada 3 pilihan tingkat kesulitan. Mulai dari yang paling mudah dengan nilai koin 1, lalu 1 dan 10, serta 1, 5, dan 10.


Cara bermainnya, kumpulkan koin sesuai dengan jumlah yang tertera di layar bagian atas. Apabila jumlahnya sudah benar, koin-koin tersebut bisa dimasukkan ke dalam mesin gumball, lalu permennya keluar deh.

Sederhana sekali ya. Namun secara enggak langsung, game ini melatih anak-anak belajar berhitung penjumlahan.

Belajar Meniru Pola dengan Ice Cream Bar
Ice Cream Bar merupakan permainan simulasi toko es krim. Anak-anak pastinya suka banget sama es krim dong ya. Nah di sini, anak-anak bermain peran sebagai penjual es krim yang melayani pembeli dengan menyajikan es krim sesuai dengan permintaan pembeli.


Cara bermainnya, ketika pembeli datang, lihat es krim yang mereka inginkan. Pilih cup atau cone sebagai wadahnya, kemudian susun es krim berdasarkan urutan warna yang sesuai dengan keinginan pembeli. Apabila sudah selesai, es krim bisa disajikan kepada pembeli.

Game ini bagus untuk stimulasi kognitif dan persepsi visual anak-anak. Selain harus teliti memerhatikan kesesuaian pola/urutan es krim dengan keinginan pembeli, anak-anak juga harus cepat menyajikan es krim sambil memerhatikan waktu yang tersisa. Apabila berhasil mencapai target jumlah pembeli yang berhasil dilayani, permainan berlanjut ke level selanjutnya.

Belajar Memilah Sampah dengan Twin The Bin
Twin The Bin merupakan permainan daur ulang di mana anak-anak mengumpulkan sampah berdasarkan tipenya. Di awal permainan, anak-anak diberi petunjuk untuk mengumpulkan sampah tipe apa, yaitu sampah organik, sampah plastik, sampah kaca, atau sampah kertas. Sampahnya bergerak melintas di atas konveyor, dan secara acak didorong ke bawah.


Nah, tugas anak-anak yaitu membawa tempat sampah sambil mengejar sampah yang jatuh dari atas agar masuk ke dalam tempat sampah. Apabila sampah yang dimasukkan sesuai dengan tipenya, mendapat 20 poin. Namun jika salah, dikurangi 10 poin.

Game ini melatih ketelitian, kecepatan, dan konsentrasi juga. Seru deh, Rashya senang sekali bermain game ini. Jadi tahu cara memilah sampah berdasarkan tipenya. "Mah, mau main game sampah," begitu katanya, hihihi....

Penutup

Dari 3 game yang sudah saya sebutkan tadi, adakah yang menarik perhatian teman-teman untuk dimainkan bersama anak-anak? Jangan lupa, selain ketiga game tersebut, masih banyak game lain yang enggak kalah seru dan lebih menantang. Jangankan anak-anak, saya saja suka, hehehe....

Yang penting, gunakan gawai dengan bijak ya. Atur durasi, frekuensi, dan kontennya, sesuai dengan nilai yang terdapat di keluarga masing-masing. Bermain game tentu boleh banget, tetapi jangan lupa mengajak anak untuk tetap aktif bergerak.

46 comments :

  1. Wah, anak-anakku kayaknya bakalan suka nih dengan games yang kayak begini. Selain menghibur juga bikin mikir dan ngedukasi mereka untuk bisa ngatur uang ya. Mau nyobain ah, siapa tahu mereka suka. Dulu pernah mereka suka dengan game pengusaha kafe gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul teh, anak-anak pasti suka, bermain sambil belajar...

      Delete
  2. Wah, anak-anakku kayaknya bakalan suka nih dengan games yang kayak begini. Selain menghibur juga bikin mikir dan ngedukasi mereka untuk bisa ngatur uang ya. Mau nyobain ah, siapa tahu mereka suka. Dulu pernah mereka suka dengan game pengusaha kafe gitu.

    ReplyDelete
  3. Penggunaan gawai sudah tak terhindarkan sekarang ya Mbak. Bahkan anak 5 tahun saja sudah pintar pencet sana-sini mencari permainan yang mereka senangi. Saya agak kuatir dengan mata mereka. Tapi orang tua pasti tahu lah yang terbaik untuk anak-anak mereka ya Mbak, bermain game edukasi misalnya, pasti ada jadwal dan jam-nya. Gak sembarangan dikasih bermain game dengan gawai canggih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya engga nyari sendiri, saya coba dulu, baru ajak anak main game yang cocok ;)

      Delete
  4. Wah makasih ya mak sudah sharing rekomendasi game anak yang ditujukan untuk edukasi. Nanti kucoba main sama ankku kali aja dia senang, lumayan kan bisa bermain sambil belajar.

    ReplyDelete
  5. Menarik semua sih ini gamenya. Game favorit kami tuh yg mengelola restoran pizza.. nih anak kecil pada diajari manajemen lewat game. Keren pisan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, game restoran pizza juga saya suka, makanan favorit soalnya, hihihi...

      Delete
  6. Yg ice cream suka. Kalau zaman sekarang anak2 terpapar karena dunia digital, tergantung usernya ya mba. Ini seru deh buat anak2 asal nggak berlebihan jam mainnya ya^^ makasih infonya mba, jadi pengin main sama anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, paling main game 2-3 putaran aja, jangan lama-lama...

      Delete
  7. Nah iya, sekarang zamannya digital, media digital posisinya sama seperti buku bacaan di zaman dulu. Sudah zamannya anak-anak mengenal dunia dari gawai mereka, ya...
    Kita harus berusaha supaya bisa memanfaatkan gawai dengan positif, salah satunya memberi mainan edukasi untuk anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, meski sudah terpapar gawai, kita harus bisa mengatur durasi dan konten apa aja yang bisa mereka akses...

      Delete
  8. seru sih ya anak-anak jaman sekarang, banyak games edukasi yang membuat belajar apapun jadi lebih menyenangkan

    ReplyDelete
  9. Gratis dan tanpa iklan. Ini point penting buat saya mbak, takut juga kan kalau pas lagi asyik nemani anak-anak main game di mortagecalculator, terus tiba-tiba muncul iklan aneh-aneh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, bukan hanya enggak terganggu, tapi bikin hati tenang juga ya...

      Delete
  10. Sekarang tuh lumayan deh semenjak ada games edukasi jadi bisa ngajak si kecil belajar juga lebih enjoy dan menyenangkan. Apalagi kalau soal hitung-hitungan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, bawaan ke orang tuanya juga lebih santai ya, engga perlu galak-galak, hehehe...

      Delete
  11. Aku tertarik sama Ice Cream Bar. Game jual-jualan gini tuh disukai anak-anak. Kaya main padahal sebenarnya bisa sambil belajar keuangan kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Game Ice Cream Bar yang ini lebih ke belajar warna dan pola sih...

      Delete
  12. Aku suka mainin yang real estate games. Lumayan seru itu. Kalo anak anak punya pilihan sendiri.

    ReplyDelete
  13. Banyak pilihan dan kategori ya Mna,jadi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau apa yang disukai
    Mantap sekali

    ReplyDelete
  14. Game edukasi begini bagus buat anak yaaa, bermain sekalian belajar kan jadinya. banyak pula pilihan games-nya di Money Games Mortgage Calculator..seru-seru pula!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seru-seru, mainnya bikin lupa waktu, harus pakai alarm...

      Delete
  15. Mortgage calculator kereen banyak koleksi games berkualitas buat anak-anak, jadi main plus belajar ya...

    ReplyDelete
  16. Sepertinya aku bakalan suka main yang Ice Cream Bar deh, soalnya aku suka permainan ala kedai2 gitu. Webnya kyknya seru ya, ada banyak permainan menarik, gak perlu download2 jg dan gk ada iklan. Ntar kuintip deh web-nya TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, sama-sama... Iya seru yang ice cream bar, harus teliti dan cepet melayani pembeli...

      Delete
  17. Gamesnya warna warni menyenangkan..
    Selain menambah kegembiraan anak-anak, main games juga ternyata bisa menjadi sarana belajar literasi keuangan yang menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, game itu sebenarnya bermanfaat asal pilih yang bisa mengedukasi...

      Delete
  18. Game menjadi salah satu media pembelajaran yang sangat disukai anak anak ya mbak
    Mortgage calculator ini menyediakan banyak game edukasi yang bisa dimainkan oleh anak anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, biar anak-anak engga jenuh... Asal tetap diatur durasinya ya...

      Delete
  19. saat ini game banyak peminatnya dari semua usia, memang kadang aku pikir game itu perlu sih apalagi game edukasi yang nantinya membantu skill dan knowledge nya anak-anak

    ReplyDelete
  20. aku dan anakku juga main di mortgage calc, hoho... seruuuu dan banyaak banget pilihan game-nya!
    bisa sambil belajar yah, so far game di sini kontennya aman dan mendidik. Approved mengisi screen time anak.

    ReplyDelete
  21. permainan di mortgage ini beragam banget ya
    seru-seru juga cocok dimainkan oleh anak-anak
    jadi mereka bisa belajar tentang hitung-hitungan juga keuangan dengan cara yang menyenangkan

    ReplyDelete
  22. Gamesnya ngga hanya seru dan menghibur tapi juga menambah wawasan anak tentang Literasi keuangan yaa jadi paham uang ngga metik dari pohon hehe

    ReplyDelete
  23. aakkk seru aku dah nyobain permainan di money games ini seru-seru ya. bukan games gtu aja tapi juga ngajarin anak tentang keuangan dengan bahagia

    ReplyDelete