Sunday, July 23, 2023

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pada Mobil yang Akan Disewakan


Saat ini, usaha jasa penyewaan atau rental mobil tengah berkembang semakin pesat. Kini orang bisa dengan mudah menemukan tempat penyewaan mobil. Baik di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan kota lainnya, sampai kota yang masuk kategori kota kecil. Sedikit demi sedikit usaha penyewaan mobil ini sudah merambah ke daerah dan pelosok pedesaan. Ini adalah salah satu bukti adalah usaha jasa sewa mobil semakin berkembang.

Terlebih, saat ini teman-teman dapat mencari rental mobil dengan mudah, yaitu melalui aplikasi. Salah satu aplikasi yang sangat mendukung para owner dan penyewa mobil adalah Traveloka. Rental mobil via Traveloka ini sangat memudahkan penyewa yang hendak mencari mobil rental, dan memudahkan bagi yang ingin membuka jasa rental mobil.

Akan tetapi, sebelum membuka jasa penyewaan mobil, salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh para pemilik bisnis ini adalah mobil yang disewakan harus terawat dengan baik. Sebab ini akan menentukan performa dan kinerja dari mobil yang akan digunakan, untuk jasa sewa mobil. Maka dari itu, bagi teman-teman yang ingin membuka rental mobil, mari ketahui bersama apa saja yang harus selalu diperhatikan.

1. Memeriksa kondisi eksterior secara berkala
Eksterior mobil merupakan bagian utama dan pertama kali yang dapat menarik perhatian para pelanggan. Eksterior mobil yang apik dan bagus, terawat serta modern akan membuat para pelanggan terkesan, dan sebaliknya. Maka dari itu, para pemilik jasa rental mobil harus selalu memeriksa kondisi dari eksterior mobil secara berkala.

Pengecekan ini akan meminimalisir kerugian dari bisnis teman-teman di kemudian hari. Melalui pengecekan berkala kondisi eksterior ini, maka pemilik jasa sewa mobil dapat meminimalisir kerusakan sebelum terlambat apabila ada.

Contohnya seperti bodi mobil yang penyok, bumper yang mengalami kerusakan, sampai bagian eksterior lain yang dirasa tidak beres. Hal yang penting untuk dilakukan ini juga akan meminimalisir adanya komplain dari para pelanggan kelak.

2. Memastikan interior beres
Setelah memeriksa bagian eksterior, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa bagian interior. Sebab, eksterior yang menawan tidak memiliki arti apa-apa jika interiornya tidak beres. Maka dari itu, pastikan setiap detail dari interiornya tidak ada yang rusak. Seperti jog yang jebol, atau kursi yang tidak berfungsi dengan baik.

Pastikan pula menu pada bagian depan atau supir dapat berfungsi dengan baik. Periksalah apakah starter mobil lancar, AC nya masih berfungsi, lampu internal, layanan musik, radio, tombol wiper kaca, dan lain sebagainya tidak mengalami kerusakan.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah memastikan interior mobil tetap bersih dan tidak ada sampah. Baiknya teman-teman juga menyediakan pengharum mobil supaya bagian dalam ini tetap wangi dan membuat pelanggan nyaman.

3. Service mesin dan aki secara rutin
Mobil yang hendak disewakan akan memiliki jam terbang tinggi, dibanding mobil pribadi. Ia juga akan melewati berbagai macam medan dalam penggunaannya. Maka dari itu, mesin harus selalu dalam keadaan prima, dan aki harus selalu terjaga. Sebab kondisi mesin dan aki mobil akan menjadi salah satu yang paling berpengaruh bagi performa mobil itu sendiri.

Service bagian mesin dan aki secara rutin akan menjaga performa mobil. Dengan demikian, kerusakan mesin dan akinya bisa diminimalisir. Perjalanan para pelanggan juga nantinya tidak akan terganggu oleh mesin yang rewel atau aki yang tidak bisa menyala. Service mesin dan aki secara rutin ini adalah hal yang tidak boleh terlewat dalam merawat mobil rental.

4. Memeriksa fitur keamanan dan keselamatan mobil
Fitur keamanan dan keselamatan adalah hal penting yang harus diperiksa setiap hari, dan sebelum mobil akan digunakan. Mulai dari sabuk pengaman, rem, anti lock braking system, rem tangan, dan semua fitur keselamatan dan keamanan lainnya wajib berfungsi dengan baik.

Karena kerusakan pada komponen tersebut bisa berakibat fatal bagi para penyewa mobil, dan teman-teman sebagai pemilik jasa rental mobil.

5. Memeriksa bagian-bagian yang sering bermasalah
Seorang yang memiliki jasa sewa mobil juga harus memiliki tingkat kepekaan yang bagus, untuk melakukan pemeriksaan pada beberapa bagian mobil yang kerap mengalami masalah. Di antaranya adalah ban mobil. Pastikan tekanan di dalam ban mobil dalam kondisi yang normal. Jika ban terlihat sudah tipis dan usang, maka segeralah ganti supaya tidak menimbulkan masalah yang lebih serius dan besar.

Selanjutnya, pastikan seluruh lampu bisa menyala. Sebab lampu mobil akan sangat mudah putus dan mati. Wiper juga harus selalu diperiksa dengan baik, agar saat dibutuhkan bisa digunakan dengan baik.

Itulah beberapa hal yang harus dipahami dan dilakukan bagi teman-teman yang ingin mencoba menjajal dunia bisnis rental mobil, atau bahkan sudah masuk ke dalamnya. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi kesehatan mobil yang akan disewakan.

No comments :

Post a Comment