Monday, September 18, 2023

Perempuan dan Motor: Bengkel Servis Motor Terbaik


Perempuan dan Motor

Emak-emak naik motor matic, sen ke kanan belok ke kiri.

Meski bukan pengendara motor, sebagai sesama perempuan, saya tuh enggak suka dengan stigma negatif soal perempuan dan motor matic ini. Iya sih, memang ada emak-emak yang seperti itu. Tapi... saya juga sering kok melihat dengan kepala sendiri kalau yang suka naik motor matic, sen ke kanan belok ke kiri itu dilakukan oleh kaum adam juga. Lebih banyak malah. Kasihan emak-emak....

Kalau sayanya kebetulan sedang santai, ya ketawa-ketawa saja sama anak-anak sambil ngomong, "Tuh lihat, kata siapa emak-emak naik motor matic, sen ke kanan belok ke kiri? Ini buktinya bapak-bapak juga begitu."

Tapi kalau anak-anak sedang terlambat, saya belum sempat makan, rungsing, belum gajian rasanya gemas dan terganggu juga dengan kelakuan bapak-bapak, om-om, dan aa-aa yang membuat bingung dan kagok pengguna jalan lain ini.

Makanya sebagai perempuan, saya ingin mengajak teman-teman perempuan pengendara motor untuk melawan stigma tersebut. Banyak loh contoh nyata pengendara motor perempuan yang sukses. Seperti Tiffany Coates, Nikki Misurelli, Steph Jeavons, dan lain-lain yang berhasil mengelilingi dunia menggunakan motor.

Enggak sulit kok untuk menjadi pengendara motor yang sukses. Berikut tipsnya:
  • Miliki keterampilan mengendarai motor yang baik. Keterampilan ini bisa didapatkan melalui pelatihan bersama instruktur yang kompeten.
  • Kenali fitur-fitur yang terdapat pada motor. Serta pahami juga fungsi-fungsinya.
  • Pahami peraturan lalu lintas. Serta yang enggak kalah penting, perhatikan juga etika dalam berkendara.
  • Gunakan perlengkapan keselamatan yang lengkap. Meski hanya mengantar anak ke sekolah di seberang komplek, helm tetap harus digunakan.
  • Lakukan perawatan motor secara teratur. Sehingga kondisi motor bisa tetap baik.

Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

Yup, perempuan juga harus tahu soal perawatan motor. Mulai dari kapan dilakukannya, serta bagian apa saja yang perlu dicek. Servis motor dilakukan setiap motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Berikut adalah bagian yang wajib dicek saat servis motor matic.

1. Oli Mesin
Sesuai namanya, oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung bagi mesin. Biasanya pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin apabila motor sudah mencapai jarak tempuh 2500 km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan
Oli gardan berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Makanya teman-teman pengguna motor matic wajib untuk rutin menggantinya. Waktu penggantiannya
menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, lalu dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi
Selain oli, busi merupakan bagian motor yang namanya sering disebut-sebut apabila motor bermasalah, hehehe.... Busi berfungsi untuk untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Apabila businya enggak berfungsi dengan baik, maka motor akan sulit untuk dinyalakan.

4. Kampas Rem
Kampas rem merupakan salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting untuk keselamatan dalam berkendara. Apabila kampas rem sudah tipis, maka rem akan menjadi kurang pakem, sehingga membahayakan pengendaranya serta dan pengguna jalan lain.

5. Filter Udara
Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran supaya enggak ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator.

6. Aki atau Accu
Dalam kondisi mesin motor mati, tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt. Sedangkan jika mesin sedang menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Apabila tegangan aki enggak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, makan aki harus segera diganti.

7. Ban
Pemeriksaan ban dilakukan untuk mengecek tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan lain-lain.

8. Tune up Motor Rutin
Servis motor tune up adalah servis rutin yang dilakukan untuk memeriksa semua komponen motor, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Kadang tune up juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun teman-teman enggak perlu khawatir, mekanik pasti akan menginformasikannya terlebih dahulu kok. Apabila teman-teman setuju, baru deh dilakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Mungkin nih ya, perempuan itu malas melakukan perawatan motor karena 'takut ditipu' sama mekanik. Makanya, supaya berani dan pede bisa servis motor ke bengkel sendiri, selain harus memiliki pengetahuan tentang motor, tentu harus memilih bengkel servis motor yang bagus dan terpercaya juga. Salah satu bengkel servis motor yang bagus dan terpercaya yaitu Planet Ban. Kebetulan ada dua di dekat rumah. 

Di bengkel ini, teman-teman bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Wuih.... Jadi, servis motor rasa mesin baru itu dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuannya yaitu untuk  melakukan upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor. Tentunya dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa mesin baru yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis.

Berikut keunggulan melakukan servis motor di Planet Ban:
  • Menggunakan oli motor matic dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Dengan begitu, otomatis mesin menjadi lebih awet.
  • Apalagi jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin adem, dan tarikan ringan.
  • Ganti oli cukup dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (sekitar 4-6 bulan sekali). Lebih hemat waktu dan biaya.
  • Turut serta dalam memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Pengalaman melakukan servis motor di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor menjadi terasa berat.

Nah, kalau teman-teman servis motor di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan sehingga kinclong seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, dan semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran.

Pokoknya, servis motor di Planet Ban bisa membuat motor teman-teman menjadi seperti memiliki mesin baru. Hasilnya bukan hanya bersih, tetapi juga tarikan menjadi lebih ringan, emisi turun lebih dari 70%, serta lebih hemat BBM.

Teman-teman enggak peru khawatir dengan biayanya. Harga servis motor di Planet Ban sangat terjangkau. Untuk servis motor injeksi hanya Rp20.000, service CVT sekaligus rantainya Rp19.500, bahkan service throttle body juga hanya Rp20.000.

Penutup

So, sekarang enggak ragu lagi ya untuk rutin servis motor di bengkel. Buktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi pengendara motor yang sukses, hohoho....

29 comments :

  1. Planet Ban memang andalan banget buat servis motor ya, mbak. Apalagi lokasinya banyak..

    ReplyDelete
  2. Setuju nih, niatnya mau servis supaya motor tetap terawat eh malah jadi rusak. Jadi udah bener servis di tempat terpercaya saja seperti di Planet Ban ini.

    ReplyDelete
  3. Urusan servis motor matic aku sudah biasa hahaha. Rutin itu harus banget, soalnya kalau terlewat ntar bisa panjang ceritanya. Ganti oli gearbox, cek ban, rem dan beberapa bagian motorku setiap bulan. Asyiknya servis di Planet Ban ini kualitas barang/ spare part-nya bagus dan montir2nya berpengalaman. Mereka suka tanya dulu pada pelanggan apakah mau diganti atau ga jika diperlukan.

    ReplyDelete
  4. Memang ada banyak hal yang harus diperhatikan ya kalau hendak melakukan service sepeda motor

    ReplyDelete
  5. Kalau menurut saya yang paling penting adalah dengan mengganti oli secara rutin

    ReplyDelete
  6. Kalau hendak melakukan service memang lebih bagusnya adalah dengan mencari bengkel terbaik

    ReplyDelete
  7. Planet Ban ini memang menjadi salah satu tempat service terbaik nih ya, Kak?

    ReplyDelete
  8. Selain banyak kemudahan yang bisa didapatkan ternyata harganya juga lumayan terjangkau nih ya

    ReplyDelete
  9. kalo naik motor aku ga bisa. bisanya cuma dibonceng aja. kalo servis motor juga urusannya pak suami. etapi aku pembonceng motor yang baik lho. apalagi kalo dibonceng sama temen sesama emak, pasti aku jadi navigator yang baik dan penasehat juga (nasehatin biar bawa motor yang bener hehehe).

    ReplyDelete
  10. Kalau kata para suami, istri juga harus tau cara merawat motor. Alhamdulillah ya sekarang ada tempat service motor yang bagus. Jadi untuk para pengguna motor juga bisa service secara berkala.

    ReplyDelete
  11. Nah iya ga cuma emak kok yang sen kanan belok kiri, bapack bapack jugaaa
    emak-emak bisa jadi pngendara motor handal salah satunya jika motor dirawat dengan benar. Tentu, servisnya di Planet Ban!

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah service sendiri wkwkw, bisanya cuma pake dan suamikulah yang tugasnya service dan rajin banget ngecek kondisi motor, kebetulan ada planet ban dekat rumah jadi mau service atau lainnya lebih mudah juga lebih murah pastinya.

    ReplyDelete
  13. Soal helm untuk keselamatan pengendara motor ini yang masih jadi PR besar menurutku mbak, kesadaran untuk selalu memakai helm dengan benar, masih rendah di masyarakat kita.

    ReplyDelete
  14. Buat para perempuan, emang enakan langsung ke tempat servis yang bener dan maksimal dalam servis kayak gini ya biar jadi lebih tau tentang motor dan bisa merawat motor supaya jadi awet

    ReplyDelete
  15. Planet Ban nih lengkaapppp dan ciamik bgt service nya.
    top dahh pilihan terbaik buat yg mau service kendaraan

    ReplyDelete
  16. Yess saya susah membuktikan loh mba kalo perempuan itu juga jago dan betah juga ke bengkel ,bisa juga gak harus taunya beres aja, hehehe

    ReplyDelete
  17. Motor kalau pakai Sparepart asli bikin awet, tidak jebol uang dan kualitasnya juga terjamin. Mendingan ganti di planet ban pakai yang asli deh.

    ReplyDelete
  18. Udah langganan aku dong servicotor di Planet Ban selain deket rumah servicenya juga memuaskan banget, habis ganti oli dan ban depan aku

    ReplyDelete
  19. haha ini aku banget kalau ngga diingetin suami atau dia yg cerewetin kalo soal service motor

    ReplyDelete
  20. Terus terang aku tahunya servis tu paling cuma gantgi oli, bersihin busi, sama ngecekin bannya masih kasar atau udah halus hehe.
    Deket rumahku juga ada nih Planet Ban nih, jadi pengen deh kapan2 nuntun kendaraan juga ke sana biar dicek secara keseluruhan, supaya usia kendaraan awet dan gak gampang ngadat ya :D

    ReplyDelete
  21. jaman sekarang harus bisa nguasai atau memahami motor ya mba, apalagi yang mandiri kemana2 harus sendiri nih. Penting banget nih tips ini diterapkan, makasih bun

    ReplyDelete
  22. waktu masih kuliah aku bawa motor sendiri jadi urusan servis motor pun harus paham apalagi anak kosan kan budget yak. So, mending pilih bengkel servis motor terbaik seperti Planet Ban supaya lebih yakin ditangani ahlinya. Harganya juga masih ok lah.

    ReplyDelete
  23. Perempuan juga harus rajin servis motor ya. Jangan cuma tau makenya aja hehe. Biaya servis di Planet Ban ini murah banget deh. Deket pula bengkelnya.

    ReplyDelete
  24. Kalau aku mau service motor suka tanya suami dulu. Buat mastiin apa saja yang harus dicek. Tapi gak jauh-jauh dari cek busi, rem, ban, ganti oli, dan lainnya.

    ReplyDelete
  25. Nggak laki laki nggak perempuan, emang kalau punya motor ya harus diservis secara rutin ya mbak

    ReplyDelete
  26. Kalau untuk urusan servis, biasanya suami yang bawa ke bengkel, jadinya kita terima jadi haha, tapi Alhamdulillah jadi tau juga ternyata lumayan banyak yang harus dicek pas servis. dan untuk masalah sen kanan belok kiri, alhamdulillah belum kejadian nih mak dia aku wkwkw

    ReplyDelete
  27. Buat aku yang paham motor, setiap servis cuma bilang mau servis lengkap, dan ternyata istilahnya tuh tune up motor ya, Mak? Btw, thank you rekomendasi bengkel servis motornya, kapan-kapan bisa dicoba nih ~

    ReplyDelete
  28. wah aku penasaran nih sama service motor di planet ban kapan ya buka cabang di kotaku?

    ReplyDelete
  29. Di dekat sekolah anakku ada Planet Ban, jd enak nih kalau servis sekalian jemput anak sekolah

    ReplyDelete