Thursday, October 5, 2023

Cara Buat BCA ID Di Mybca Sehingga Transaksi Makin Mudah

Sumber: https://www.bca.co.id/id/informasi/Edukatips/2022/09/26/10/35/serba-serbi-bca-id-untuk-akses-mudah-mybca

Hidup di era teknologi seperti sekarang ini memang ada tuntutan untuk melakukan segala sesuatunya secara lebih cepat, sehingga nantinya tidak akan ketinggalan dengan yang lain. Itulah mengapa penting sekali bagi teman-teman untuk memiliki layanan perbankan online seperti dari myBCA ini, salah satu aplikasi ebanking BCA yang punya beragam fitur menguntungkan untuk nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi. Jika ingin transaksi teman-teman makin mudah, maka harus tahu cara buat BCA ID di my BCA ini juga.

Sebagian besar diantara teman-teman mungkin sudah menjadi nasabah dari bank BCA sendiri, namun apakah teman-teman juga sudah memiliki BCA ID ini? Kebanyakan belum menggunakannya, karena mungkin merasa ribet atau belum sempat membuatnya saja. Untuk beberapa kalangan seperti diantaranya adalah generasi-generasi yang sudah tua menggunakan layanan semacam ini dirasa kurang aman, apalagi dengan pemahaman mereka yang terbilang minim, agak berbeda dengan generasi millennial sampai dengan gen Z yang justru sangat membutuhkannya.

Sebelumnya kenalan dulu dengan BCA ID yang merupakan single user ID, dimana ia digunakan untuk mengakses layanan finansial maupun juga non financial yang ada di myBCA. Cara buat BCA ID di myBCA ini pada dasarnya juga sangat mudah sehingga teman-teman tidak perlu khawatir, bahkan teman-teman bisa membuatnya lewat myBCA saja tanpa harus datang ke kantor cabang BCA terdekat. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah yang dapat teman-teman ikuti, yaitu:

1. Pastikan sudah punya aplikasi myBCA terlebih dahulu, aplikasi yang satu ini sudah tersedia dan dapat di download dengan mudah di toko aplikasi masing-masing, seperti diantaranya untuk teman-teman para pengguna Android maka bisa mendapatkan aplikasi tersebut dari Playstore, sedangkan untuk teman-teman yang menggunakan iOS, maka bisa mengunduh aplikasi yang satu ini dari Appstore.

2. Setelah itu buka aplikasi myBCA yang sudah dipasang, pada menu utama akan tertera pilihan untuk buat BCA ID sekarang atau bagi yang sudah punya akun maka tinggal masuk saja, disini karena teman-teman termasuk pengguna baru dan ingin membuat, maka pilihlah yang pembuatan akun.

3. Tinggal isi saja informasi yang diinginkan, seperti diantaranya adalah ID yang ingin dibuat, usahakan kombinasi antara huruf dengan angka, kemudian juga email yang aktif serta buat password, pada pembuatan password ini sendiri maka usahakan agar semua poin yang tertera dibawahnya terceklis, memastikan juga bahwa password yang dibuat tersebut kuat sehingga tidak mudah dibobol.

4. Masukkan nomor kartu ATM teman-teman, pastikan teman-teman merupakan nasabah dari bank BCA, sehingga sudah memiliki rekening terlebih dahulu, karena jika bukan nasabah bank BCA tentunya tidak dapat menikmati layanan yang satu ini, setelah sudah diisi semuanya dengan sesuai maka bisa klik lanjut.

5. Tunggu sms notifikasi yang dikirimkan oleh bank BCA, hal ini menandakan aktivasi pembuatan BCA ID.

6. Setelah mendapatkan SMS notifikasi maka teman-teman sudah bisa mencoba masuk kedalam akun tersebut, yaitu dengan memasukkan username serta password yang sudah dibuat, sangat mudah bukan cara buat BCA ID di myBCA ini. Namun belum selesai karena masih harus melakukan aktivasi terlebih dahulu sebelum nantinya akun tersebut bisa digunakan.

7. Cara aktivasinya mudah, yaitu teman-teman akan dikirimkan email dari bank BCA untuk melakukan langkah aktivasi BCA ID. Setelah itu coba buka email tersebut dan klik tautan untuk melakukan aktivasi ini, setelah memastikan sudah aktif, maka teman-teman bisa segera login kembali dengan akun yang telah dibuat di aplikasi myBCA.

Bisa juga dilanjutkan dengan verifikasi untuk keamanan, yaitu:

1. Masuk ke aplikasi myBCA dengan akun teman-teman.
2. Setelah itu kirimkan SMS notifikasi.
3. Nantinya di aplikasi tersebut teman-teman akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah, tinggal klik lanjut saja untuk tahapan yang selanjutnya.
4. Dalam hal ini teman-teman akan diminta untuk melakukan verifikasi lewat KTP elektronik yang dimiliki.
5. Setelah dilakukan foto tinggal ditunggu saja tahapan verifikasi foto KTP tersebut, nantinya akan muncul nama, tanggal lahir dan beberapa informasi lain yang tertera disana. Jika sudah sesuai maka bisa segera klik lanjut.
6. Selanjutnya teman-teman akan diminta untuk melakukan swafoto atau selfie, pastikan untuk mengarahkan wajah di lingkaran yang sudah disiapkan.
7. Teman-teman akan dikirimi dengan kode OTP dan bisa segera di input kesana.
8. Selesai maka verifikasi yang dilakukan sudah berhasil.

Dengan hal tersebut teman-teman sudah bisa menikmati menggunakan berbagai layanan yang ditawarkan oleh bank BCA. Sangat mudah cara buat BCA ID di myBCA ini, jadi jangan khawatir bagi para nasabah bank BCA yang belum memilikinya, maka bisa segera membuat sekarang juga, karena gratis. Sedangkan untuk yang bukan nasabah maka pastikan sudah buka rekening di bank BCA terlebih dahulu, baru nantinya bisa menikmati layanan tersebut secara mudah.

6 comments :

  1. Dengan menggunakan BCA ID di atas tentunya bisa lebih memudahkan nasabah ya

    ReplyDelete
  2. Lumayan mudah juga nih ya, Kak langkah atau cara yang ada di atas ini

    ReplyDelete
  3. Saya kira juga sangat rumit nih, Kak untuk membuat ID BCA ternyata tidak hihi

    ReplyDelete
  4. Saya jadi ingin membuat ID BCA juga nih, Kak keren banget dah

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat sekali nih, Kak artikel langkah-langkahnya. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Udah lama pake aplikasi ini, tampilannya lebih bagus menurut saya ketimbang BCA mobile dengan tampilan lamanya

    ReplyDelete