Saturday, December 9, 2023

10 Tips Hemat bagi Kaum Cashless yang Transaksi Serba Mudah

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/smiley-woman-holding-shopping-bags-smartphone-outdoors_10182669.htm#query=shopping&position=25&from_view=search&track=sph

Perkembangan uang elektronik memang sangat pesat di Indonesia. Dikutip dari Digitalbank.id, Menteri BUMN menyatakan sebanyak 65% masyarakat telah menggunakan aplikasi mobile untuk keperluan finansial dan transaksi perbankan. Senada dengan itu, dilansir Liputan6.com bahwa penganut cashless living melonjak hingga 60% pada tahun 2018.

Gaya hidup non-tunai memang memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Berbagai jenis pembayaran cashless tersedia seperti, e-wallet, QRIS, e-money dan lain sebagainya. Sekarang kamu tidak perlu lagi repot-repot membawa uang tunai kemana-mana karena semua bisa dilakukan secara cashless. Namun sayangnya kemudahan ini terkadang menyebabkan pemborosan pengeluaran.

Tips Agar Tetap Hemat bagi Kaum Cashless

Meski memiliki banyak kelebihan namun pemilik gaya hidup cashless sering jatuh pada gaya hidup hedon dan tidak mampu mengontrol pengeluaran. Untuk kamu membutuhkan kiat khusus agar hemat ketika memilih menjadi kaum cashless. Ini tips yang bisa kamu lakukan dalam mengontrol keuangan:

1. Tentukan Batas Top Up
Untuk membatasi pengeluaran karena kemudahan cashless kamu bisa menentukan batas maksimum untuk top up e wallet yang kamu miliki. Lakukan perhitungan kasar perkiraan pengeluaran w wallet untuk satu bulan ke depan. Pengeluaran meliputi tol, bensin, hingga jajan. Penentuan batas maksimal top up ini memiliki tujuan agar kamu tidak melakukan pemborosan pengeluaran.

2. Sisihkan untuk Investasi Lebih Dahulu
Alokasikan dana khusus untuk investasi agar penghasilanmu tidak habis tak bersisa. Investasi memang harus disisihkan di awal bulan, jangan menunggu sisa uang di akhir bulan, karena belum tentu ada sisa. Investasi ini adalah hal yang penting dilakukan agar dapat melanjutkan hidup di masa depan, maka dari itu akan lebih baik jika menyisihkan dana untuk investasi lebih dulu agar tidak terpakai untuk belanja.

3. Batasi Penggunaan Kartu Kredit Cicilan
Kemudahan cashless adalah semua, apalagi jika kamu menggunakan kartu kredit karena kamu tetap harus membayarnya di waktu yang akan datang. Agar keuangan tidak jebol, kamu bisa melakukan pembatasan penggunaan kartu kredit cicilan setiap bulannya, sehingga limit kartu kredit akan terbatas juga.

4. Tetep Atur Alokasi untuk Cashless Sesuai Anggaran
Bergaya cashless bukan berarti seenaknya saja gesek atau klik-klik untuk melakukan pembayaran. Kamu juga harus menyusun budgeting dan mematuhinya. Pisahkan uang tabungan pada rekening tersendiri yang tidak terhubung dengan m-banking atau QRIS sehingga tidak bisa kamu gunakan untuk pembayaran agar keuangan aman.

5. Hindari Menggunakan Pinjaman Online Ilegal
Walaupun menawarkan banyak kemudahan kamu tetap harus menghindari pinjaman online untuk pengeluaran konsumtif. Jangan sekali-kali menggunakan pinjaman online terutama yang ilegal, karena bunga yang dikenakan akan sangat tinggi dan sangat merugikan nasabah. Pinjaman online ilegal hanya akan merusak kondisi finansialmu karena harus mengembalikan dengan bunga yang mencekik.

6. Jangan Menghabiskan Simpanan Dana yang Tersisa
Jika kamu sudah melakukan pemindahan dana tersendiri untuk pembayaran cashless maka jangan kamu habiskan simpanan dana tersebut. Cukup gunakan sesuai kebutuhan saja, jangan membeli yang tidak diperlukan hanya untuk menghabiskan dana yang sudah kamu alokasikan. Jika ada sisa alokasi biarkan saja sebagai simpanan dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan di lain waktu.

7. Manfaatkan Promo Kartu Debit atau Kredit
Salah satu cara pembayaran cashless adalah dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Nah, kadangkala tersedia promo pembayaran jika kamu menggunakan kartu kredit atau kartu debit dari bank tertentu. Kamu bisa memanfaatkan promo ini karena sangat menguntungkan, promonya bisa berupa harga khusus diskon atau cashback untuk setiap transaksi.

8. Lakukan Pemisahan Rekening
Tips lain untuk berhemat di tengah gempuran gaya hidup cashless adalah dengan melakukan pemisahan rekening. Pemisahan ini bertujuan untuk memperjelas batasan jumlah dana yang bisa digunakan untuk pembayaran cashless dengan dana simpanan di bank untuk keperluan penting. Jika masih dalam satu rekening, maka masih ada kemungkinan dana tersebut terpakai, tapi jika sudah dipisahkan rekeningnya maka dana tersebut tidak akan tersentuh.

9. Jangan Tergiur Promo Dompet Digital
Memanfaatkan promo boleh namun kamu harus bisa memilah promo yang memberi keuntungan. Jangan kamu tergiur dengan promo yang membuatmu mengeluarkan lebih banyak. Jika ada promo pilih promo yang berupa potongan harga atau cashback saja, jangan tergiur promo yang menyuruhmu belanja lebih banyak untuk dapat hadiah, karena ini berakibat pemborosan.

10. Komitmen untuk Berhemat
Semua tips di atas tidak akan berarti jika tidak ada komitmen untuk hidup hemat dari diri sendiri. Kamu sebagai pemilik penghasilan harus berkomitmen untuk melakukan penghematan agar bisa mengontrol pengeluaran yang dilakukan. Jika sudah memiliki komitmen maka pembayaran jenis apa pun tidak akan berpengaruh, karena kamu akan tetap bisa hidup hemat.

Yuk Transaksi Pakai QRIS Bisa Top Up Mudah

Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/contactless-cashless-payment-through-qr-code-mobile-banking_15434186.htm#query=qris&position=3&from_view=search&track=sph

Mengontrol pengeluaran sangat penting dilakukan agar keuangan tetap sehat. Tidak ada salahnya menjalankan gaya hidup cashless asalkan tetap menggunakan dana sesuai dengan alokasinya. Pilih alat pembayaran yang mudah digunakan dan diisi kembali seperti QRIS.

Pasalnya, digibank QRIS bekerjasama untuk hal top up saldo beberapa e-wallet, salah satunya adalah QRIS. Adapun beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan saat melakukan pembayaran melalui QRIS, di antaranya:
  • Bayar sat set pakai digibank QRIS, cocok untuk kaum cashless yang gak mau repot.
  • Limit 10juta/transaksi/hari.
  • Nikmati promo menarik di merchant pilihan, setiap melakukan pembayaran dengan QRIS.

Sangat mudah memang melakukan pembayaran melalui QRIS lewat digibank by DBS. Isi ulang saldonya pun mudah. Info lebih lengkap tentang digibank bisa kamu klik di sini.

No comments :

Post a Comment