Thursday, March 21, 2024

Tingkatkan Engagement Publik dengan Mengetahui Kelebihan, Jenis, dan Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis


Digital marketing merupakan promosi atau pemasaran menggunakan perangkat digital, koneksi internet dan dunia maya untuk mendapatkan target pasar yang sesuai. Saat ini telah banyak perusahaan menggunakan digital marketing untuk mendapatkan target penjualan yang lebih cepat.

Manfaat digital marketing sebagai penargetan pasar adalah salah satu alasan mendasar banyak perusahaan atau bisnis melakukan pemasaran digital karena membantu dalam menyusun strategi sesuai pasar.

Pemasaran digital membantu teman-teman untuk melakukan analisa pemasaran dan evaluasi melalui tingkat keberhasilan promosi, melakukan evaluasi terhadap timbal balik dan pengguna terhadap jasa atau barang yang ditawarkan.

Manfaat lainnya adalah membantu meningkatkan reputasi perusahaan atau bisnis karena perusahaan lebih mudah ditemukan dan banyak pelanggan yang telah meninggalkan ulasan baik.

Berikut adalah kelebihan menggunakan digital marketing:
  • Promosi digital lebih hemat biaya dibandingkan dilakukan secara tradisional yang membutuhkan media seperti brosur, spanduk maupun billboard yang memerlukan biaya.
  • Promosi digital dapat diukur melalui banyaknya jumlah iklan yang ditonton, feedback dari pengunjung laman dan mengetahui jumlah banyaknya transaksi yang terjadi.
  • Promosi digital akan menjangkau pasar yang lebih luas hingga ke luar negeri yang lebih hemat dibandingkan pemasaran tradisional yang membutuhkan biaya lebih untuk perluasan bisnis.
  • Promosi digital memiliki teknik pemasaran yang lebih interaktif dengan menciptakan komunikasi dua arah secara langsung antara perusahaan dan pelanggan.

Terdapat beberapa jenis pemasaran digital yang banyak digunakan untuk mempromosikan setiap barang atau jasa dari perusahaan atau bisnis menengah. SEM atau search engine marketing merupakan jenis pemasaran digital yang melibatkan mesin pencari yang dilakukan dengan menggunakan PPC dan SEO.

PPC atau pay per click dilakukan untuk membayar kepada penyedia iklan untuk mendapatkan pemasaran digital didaftar teratas, sedangkan SEO adalah search engine optimization digunakan konten pemasaran Google yang akan memudahkan konten teman-teman berada di peringkat pertama pencarian.

Jenis digital marketing yang sedang banyak digunakan adalah affiliate marketing yang menggunakan influencer untuk memasarkan produk. Biasanya influencer akan dibayar oleh penyedia iklan untuk memasarkan produk secara online dan jika berhasil menjual produk maka akan mendapat komisi atas penjualan. Content marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan berbagai konten untuk membujuk pengguna dalam menggunakan produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Terdapat juga email marketing dengan melakukan pemasaran melalui email dengan mengirimkan pesan email kepada pelanggan yang menampilkan pesan dengan menarik. Untuk mendapatkan manfaat digital marketing yang cepat, teman-teman dapat menggunakan jenis pemasaran sosial media yang banyak digunakan oleh banyak orang melalui beberapa sosial media yang menyediakan adsense untuk penyedia iklan.

Berikut adalah fakta mengenai pemasaran digital:
  • Pemasaran digital tidak semahal apa yang dipikirkan oleh orang karena teknologi digital hanya perlu diakses melalui koneksi internet dan ketersediaan perangkat.
  • Pemasaran menggunakan email memberikan nilai ROI atau return on investment dengan rata-rata 44;1 dimana setiap 1 dollar yang dikeluarkan akan mendapatkan pengembalian sebesar 44 dollar, ini akan berjalan jika menggunakan layanan email terjangkau.
  • Tidak memerlukan keahlian untuk melakukan pemasaran digital namun membutuhkan usaha keras karena persaingan yang ketat banyak orang melakukan pemasaran melalui live streaming, konten foto, dan konten video melalui postingan.
  • Pemasaran digital tidak memberikan hasil instan karena teman-teman harus membangun customer engagement, brand awareness dan interaksi dengan audiens.

Selain itu, dalam pemasaran digital jumlah pengikut bukan hal utama. Apabila pengikut banyak tanpa diikuti jumlah interaksi dan konversi maka akan memberikan reputasi buruk. Penggunaan pemasaran digital akan memudahkan teman-teman melakukan pemasaran sesuai dengan tren yang ada. Tren ini akan memudahkan pengunjung untuk memperoleh perhatian dari pengunjung konten teman-teman.

Jika teman-teman ingin belajar mengenai pemasaran digital, teman-teman hanya perlu mendaftarkan diri melalui Prasmul-ELI. Untuk mendapatkan manfaat digital marketing, teman-teman perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan target dan produk pasar. Teman-teman perlu memahami marketing funnel yang merupakan gambaran terhadap konsumen untuk mendapatkan transaksi.

Untuk melakukan marketing funnel, teman-teman perlu melalui tahapan memahami kebutuhan konsumen, mempertimbangkan produk untuk memenuhi kebutuhan, konsumen melakukan transaksi, pelanggan merasa puas setelah menggunakan produk dan pelanggan akan memberikan review atau testimoni atas kepuasan penggunaan produk.

No comments :

Post a Comment