Saturday, March 30, 2024

Tips Mengenalkan Makanan Sehat Kepada Anak


Adakah teman-teman yang anaknya picky eater?

Pentingnya Anak-Anak Mengonsumsi Makanan Sehat

Tubuh merupakan amanah dari Tuhan yang perlu dijaga kesehatannya. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Yup, mengonsumsi makanan sehat merupakan gaya hidup yang harus dibiasakan sejak anak masih kecil.

Kenapa? Karena mengonsumsi makanan sehat dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik, mendukung sistem kekebalan tubuh anak, mengurangi risiko penyakit kronis di kemudian hari, serta memberikan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas dengan baik.

Namun pada praktiknya, membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat kadang enggak semudah itu. Apalagi zaman sekarang, di mana pilihan makanan semakin beragam, meski sayangnya enggak semuanya sehat.

Tips Mengenalkan Makanan Sehat Kepada Anak

Berikut 7 tips mengenalkan makanan sehat kepada anak agar mereka terbiasa mengonsumsi makanan sehat sejak kecil.

Perkenalkan Sejak Dini
Mengenalkan makanan sehat kepada anak bisa dilakukan sedini mungkin. Enggak perlu menunggu hingga anak mengonsumsi MPASI, tetapi bisa dimulai sejak anak masih berada di dalam kandungan. Yup, rasa ketuban dan ASI itu sama loh dengan rasa makanan dan minuman yang biasa ibu konsumsi.

Beri Teladan
Anak belajar dengan cara melihat kemudian mencontoh perilaku orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk menunjukkan kebiasaan baik mengonsumsi makanan sehat setiap hari di depan anak. Jadi makan mi instannya menunggu anak kalau sudah tidur deh, hihihi....

Ajak Memasak Bersama
Ajak anak untuk memasak dan menyiapkan makanan bersama. Selain menjadi kegiatan yang baik dan menyenangkan, memasak bersama juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak, serta membuat anak lebih menghargai usaha dan makanan yang sudah dibuat.

Yakinkan Anak Agar Mau Mencoba
Kadang anak tuh langsung menyimpulkan enggak menyukai suatu makanan hanya karena melihat tampilannya yang kurang menarik. Padahal belum dicoba loh. Makanya penting meyakinkan anak untuk mencobanya terlebih dahulu. Baru setelah itu anak boleh bilang suka atau enggak suka.

Tidak Memaksa
Kalau ternyata anak memang enggak suka, ya sudah, enggak perlu dipaksa. Tapi bukan berarti jadi menyerah juga, coba lagi lain waktu. Orang tua biasanya berasumsi bahwa anak membenci suatu makanan, hanya karena mereka menolak makanan tersebut 1-2 kali. Padahal penerimaan anak pada suatu makanan dapat berubah setelah mencoba makanan tersebut setidaknya 10 kali. Lucy Cooke menyebutnya sebagai Magic 10.

Dukung Melalui Cerita
Cerita melalui buku atau video biasanya lebih menarik dan membekas di pikiran anak-anak. Termasuk cerita tentang makanan sehat, banyak kok buku dan videonya. Bahkan untuk umat Muslim, banyak buku yang menceritakan kewajiban untuk memilih makanan yang bukan hanya halal tetapi juga tayib.

Dukung Melalui Games
Selain buku dan video, games juga bisa dijadikan salah satu media agar anak terbiasa untuk mengonsumsi makanan sehat. Kegiatan yang cukup menghibur dan menantang ini bisa membuat anak mengenal makanan sehat dengan cara yang menyenangkan dan tanpa paksaan.

Kids Games di culinaryschools.org

Berbicara soal games, teman-teman bisa mendapatkan berbagai permainan online untuk membantu anak-anak mengenal makanan sehat di culinaryschools.org/kids-games/ loh. Sesuai dengan namanya, situs ini menyediakan koleksi ratusan permainan online yang berhubungan dengan dunia kuliner. Mulai dari permainan tentang makanan, pertanian, memasak, seni kuliner, bisnis restoran, hingga karier yang berhubungan dengan perhotelan. Semuanya bisa dimainkan secara gratis.

Situs ini didirikan pada tahun 2007. Semua permainannya hadir menggunakan desain web HTML5 yang ramah bagi penggunanya, baik seluler maupun desktop.

Berikut kategori permainan yang ada di situs ini:
  • Food education Games
  • Serving Eaters
  • Other Fun Food-themed Games
  • Brain Games

Mengenalkan Makanan Sehat dengan Permainan di culinaryschools.org

Saya sudah mencoba beberapa games di situs ini. Berikut 5 rekomendasi permainan dari saya untuk teman-teman yang ingin mengenalkan makanan sehat untuk anak.

Fruit Sorting Game
Sesuai dengan namanya, dalam permainan Fruit Sorting Game ini anak harus memilah buah-buahan. Awalnya hanya dua macam buah yang harus dikelompokkan ke kanan dan ke kiri. Namun semakin lama, semakin banyak macamnya.


Setiap berhasil mengelompokkan buah ke sisi yang benar, bisa mendapatkan 1 jempol ke atas. Sedangkan jika salah, mendapatkan 1 jempol ke bawah. Enggak bisa santai karena dibatasi waktu. Bagus nih untuk melatih ketelitian serta koordinasi antara mata dan tangan.

Egg Go
Mirip seperti permainan sebelumnya, tapi dalam permainan Egg Go ini, ada ayam yang sedang bertelur. Nah, anak harus memisahkan telur-telur tersebut ke dalam wadah berdasarkan jenisnya. Ada telur yang menetas menjadi anak ayam, ada telur yang bisa dikonsumsi, dan ada juga telur yang busuk. Semakin lama, ayamnya bertelur semakin cepat.


Setiap memasukkan telur ke dalam wadah yang benar, bisa mendapatkan 15 poin. Tetapi kalau salah, langsung game over. Sederhana tapi seru, saya juga suka, hihihi.... Selain menambah pengetahuan anak tentang jenis telur, bisa melatih ketelitian dan kecepatan juga.

Farm Animals Memory Game
Kali ini, melalui permainan Farm Animals Memory Game, anak bisa mengenal macam-macam hewan ternak. Tentu saja, sesuai namanya, dalam permainan ini anak harus mengingat dan memasangkan kartu hewan ternak yang sama pada kartu-kartu yang tertutup.


Permainan ini terdiri dari 4 level. Mulai dari level learning (mengenal jenis hewan ternak), easy (memasangkan 4x3 kartu), normal (memasangkan 5x4 kartu), dan hard (memasangkan 6x4 kartu). Bagus deh untuk melatih daya ingat. Enggak ada batas waktu, jadi bisa bermain dengan santai.

Go to Market
Dalam permainan Go to Market ini, anak bisa belajar mengenal bahan-bahan makanan sambil belanja di supermarket. Caranya yaitu dengan mencocokkan bahan makanan di keranjang belanja dengan bayangannya.


Asyik deh, ada ayam, ikan, kubis, jamur, keju, dan lain-lain. Seru-seruan aja, enggak ada batas waktunya.

Fast Food Combat
Meski dalam judulnya ada kata Fast Food, permainan ini bukan tentang jajanan fast food ya. Dalam permainan Fast Food Combat ini, anak harus bertarung melawan musuh cepat-cepatan memakan buah yang berada di tengah. Tapi hati-hati loh, enggak semua yang muncul itu buah segar. Kadang ada jebakan buah yang busuk atau buah yang beku.


Apabila berhasil memakan buah segar, mendapat 10 poin, sedangkan bila salah memakan buah yang busuk atau buah yang beku, poinnya dikurangi 10. Siapa yang berhasil mengumpulkan poin paling banyak, dialah pemenangnya. Gemas dan deg-degan deh mainnya.

Penutup
Bagaimana, seru kan ya permainannya? Jangankan anak-anak, saya juga suka. Sederhana tetapi bagus untuk melatih anak mengenal makanan sehat. Kalau mau yang lebih menantang untuk anak yang lebih besar, banyak juga kok permainan lainnya.

16 comments :

  1. Iyaa Kak. Saladin kuperkenalkan sayur dan buah sejak dia MPASI agar dia terbiasa makan makanan sehat.

    Gamenya bagus2 dan lucuu ya, cocok buat anak2. Eh ibunya juga jadi pengen main juga.

    ReplyDelete
  2. aku lagi sadar-sadarnya atas pentingnya hidup sehat dimulai dari apa yang kita konsumsi. Dan mengenalkan kepada anak-anak begitu penting karena saat ini banyak jajanan di luar yang mengandung pengawet dll, melalui games mereka jadi lebih enjoy

    ReplyDelete
  3. PR ku sekarang ini bagaimana membuat anakku lahap dan suka makan sayur dan buah-buahan, btw games-nya gemes banget seru dan mengedukasi

    ReplyDelete
  4. hehehe... saya banget ini mbak, masak mie instan dengan telur, sawi dan cabenya nunggu anak-anak sudah tidur. Biar nggak di protes, melarang anak-anak makan mie instan, eh kok saya sendiri malah makan.

    Menarik nih ada game yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan makanan sehat pada anak-anak

    ReplyDelete
  5. Edukasi makanan sehat utk anak.tuh pentiiiingg bgt. karena memang gempuran iklan fast food agresif bangettt dan ini yg bikin anak muda dah banyak yg kena sakit degeneratif

    ReplyDelete
  6. Kalau dulu kata dokter anakku, biar anak mau makan sayur dan juga makanan sehat lainnya kita harus memberi contoh. Kalau dulu kayaknya belum ada games ini ya, sekarang enak nih jadi terbantu para orang tua.

    ReplyDelete
  7. Gemeesshh, gemeessh banget games yang ada di Culinaryschools.org
    Anak-anak pasti seneng sekaligus semangat makan makanan sehat. Rata-rata yang sulit tuh sayuran yang kliatan warnanya ijo. Hhihi.. butuh effort banget.

    ReplyDelete
  8. Bisa ya kayak gini lebih fun caranya kalau sambil.main games biasa lebih cepet masuk ke anak2 mau coba juga deh kasih tau ke adik yg punya balita, mengenal makanan sehat di culinaryschools.org/kids-games

    ReplyDelete
  9. mengajarkan anak gaya hidup sehat itu memang kudud dimulai dari keluarga. keluarga yang membiasakan anak2 makan makanan sehat bakalan kebawa tradisi itu ke anak sampai dewasa

    ReplyDelete
  10. Teladan itu paling penting sih jangan sampe nyuruh anak makan sayur tapi emaknya ga doyan sayur. Anakku yg kecilnih agak picky dan susahnya lagi dia ga tertarik mencoba menu2 baru jadi ya harus sabar dan telaten. Kayanya aku bakalan coba ajak main games2 tadi deh

    ReplyDelete
  11. Makan makanan sehat itu penting ya
    Apalagi buat anak anak
    Klo pake game gini jadi lebih mudah ya

    ReplyDelete
  12. Anakku kyknya walau dikasi contoh kalau gak mau ya gak mau huhu. Tapi herannya emang kalau dengan guru atau melihat teman dia bakalan luluh juga nyobain makanan yang biasanya dia gak mau hehe. Dari youtube atau game2 pun biasanya sangat membantu, karena anaknya penuh rasa ingin tahu mau nyobain sesuai yang dia tonton/ mainkan :D

    ReplyDelete
  13. Kalau dari games bisa ajak anak makan sehat pasti seru
    Bakalan diingat terus
    Sama waktu anak kedua kukenalkan dengan brokoli

    ReplyDelete
  14. Si kecil kami masih suka angin-anginan makannya. Sudah banyak diakalin secara menu dan cerita. "Iya, tahu. Aku tahu." jawabnya. Pakai game yang belum pernah. Kayaknya perlu dicoba juga.

    ReplyDelete
  15. Mengajarkan anak-anak untuk mengenal dan mengonsumsi makanan yang sehat, ini wajib banget. Untungnya ya, sekarang ada game culinaryschools.org biar makin mudah mengenalkan makanan sehat ke anak-anak.

    ReplyDelete
  16. Mendukung pemberian makanan sehat ke anak itu, bisa melalui berbagai cara ya. Ngga boleh menyerah sebagai seorang ibu. Apalagi kalau mengenalkannya dengan menggunakan game-game yang edukatif dan menarik

    ReplyDelete