Tuesday, August 16, 2016

Egg Muffin

egg muffin
Awal tahun ajaran baru ini, saya senang sekali deh. Soalnya sekolah Jav mengeluarkan aturan baru tentang bekal makanan anak-anak. Selain harus sehat, bergizi, dan tanpa zat aditif, mulai tahun ini ditentukan juga menunya. Hari Senin aneka olahan, hari Selasa bebas (karena ada jadwal berbagi orang tua secara bergantian), hari Rabu aneka kukusan, hari Kamis aneka olahan, dan hari Jumat aneka buah.

Asyik.... Di satu sisi anak-anak bisa tetap mengkonsumsi makanan sealami mungkin dengan bekal aneka kukusan. Serta di sisi lain, orang tua masih bisa berkreasi dengan bekal aneka olahan. Apalagi salah satu pertimbangan saya ketika memilih sekolah ini yaitu untuk mengembalikan kebiasaan Jav agar kembali mengkonsumsi makanan yang sehat, setelah dia mulai mengenal jajan di sekolah lamanya.

Jadi setiap akhir pekan, guru memberi tahu ketentuan menu bekal untuk satu minggu ke depan. Contohnya minggu yang lalu. Hari Senin bekal olahan ubi, hari Rabu bekal waluh (labu) kukus, hari Kamis bekal olahan telur, dan hari Jumat bekal buah pisang. 

Selain memudahkan saya karena enggak perlu pusing memikirkan menu bekal dari 'nol', saya juga merasa terbantu dalam menyediakan bekal makanan sehat dan alami untuk Jav. Bayangkan kalau saya membawakan bekal wortel kukus untuk Jav, sementara teman-temannya dibekali biskuit cokelat, pasti Jav protes lah, hihihi.... Kalau semua anak membawa bekal makanan sehat kan aman jadinya. 

Untuk menu olahannya, memang tergantung mood sih. Kalau sedang semangat, bisa membuat menu yang agak butuh niat. Tapi kalau sedang malas, ya diolah seadanya saja dengan cara yang paling praktis. Contohnya Egg Muffin untuk menu olahan telur.

Bahan:
  • 2 buah telur ayam
  • 1 siung bawang putih cincang
  • 1/2 buah bawang bombay cincang
  • 2 sdm wortel yang sudah dipotong dadu
  • 2 sdm buncis yang sudah dipotong pendek
  • 2 sdm jagung yang sudah dipipil
  • 2 sdm sosis sapi yang sudah dipotong dadu
  • 50 ml susu cair tawar
  • Garam, secukupnya
  • Merica, secukupnya
  • Keju cheddar parut, secukupnya
  • Keju mozzarella iris, secukupnya

Cara Membuat:
  1. Pecahkan telur, kocok, lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Masukkan wortel, buncis, jagung, dan sosis. Aduk rata.
  4. Tambahkan susu, garam, dan merica.
  5. Masukkan campuran sayur bersama kocokan telur. Aduk rata.
  6. Tuangkan ke dalam cetakan muffin (saya menggunakan silicon cup).
  7. Beri taburan keju cheddar dan keju mozzarella.
  8. Panggang di dalam oven hingga telur matang dan keju meleleh.

Hasil:
4 buah 

Praktis banget kan? Enggak ribet dibuat di pagi hari untuk bekal ke sekolah. Hanya potong-potong dan campur-campur, setelahnya bisa ditinggal deh dipanggang di dalam oven, sehingga saya bisa sambil menyelesaikan pekerjaan yang lain. Rasanya juga enak, gurih. Apalagi kalau dicocol saus sambal, hmmm... yummy ;)

44 comments :

  1. aduh mantap ini mah, belum pernah nyoba nih makanan ini, apa di bandung aja ya adanya teh ?

    ReplyDelete
  2. Ini sekolah ngajakin orangtuanya ikutan keringetan, hahahaha..
    Kalau saya sih malah melihat peluang bikin usaha katering untuk bekal anak-anak. Nanti saya suruh SPG kateringnya berdiri di luar pagar sekolah bagi-bagikan brosur ke para ortu, hahahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...
      di sini mah yg rajin masak suka sekalian jg bikinin buat anak2 yg ibunya ga sempet masak :D

      Delete
  3. Makasih resepnya ya.. boleh juga nih dicoba di dapur sendiri..

    ReplyDelete
  4. Sering makan ini, baru tahu namanya, ternyata Egg Muffin. Hmm, bisa dipraktekkan nih, bahannya mudah dicari juga. Thanks mbak, udah share :)

    ReplyDelete
  5. Waah sepertinya resepnya gampang ya Mbak.Dan bentuknya pun menggoda.Besok cobaa aah buat bekal anak anak.

    ReplyDelete
  6. makanan sehat untuk bekal anak sekolah, cocok sekali,
    sekarang sulit menemukan makanan yang benar2 aman dikonsumsi anak disekolah.
    resepnya harus dicoba, egg muffin

    ReplyDelete
  7. Pengen banget nyoba bikin,,, tapi sayang blom boleh makan telur Mbak...

    ReplyDelete
  8. Bagus ya sekolahnya ngadain aturan bekal makan.
    Gampang kayaknya bikinnya. Jadi pengen coba.

    ReplyDelete
  9. Perasaan dari tadi lihat postingan makanan terus. Jadi lapar nih. Sepertinya enak tu egg muffinnya

    ReplyDelete
  10. Ga punya cetakan muffin hehheh
    Bisa dibikin di snack maker y? Tapi jdinya bukan menu kukusan y

    ReplyDelete
  11. Boleh juga nih resepnya boleh lah ku saya dicoba resepnya mbak, terima kasih ya sangat muantappp sekali resepnya.

    ReplyDelete
  12. Bagus banget deh Mba ada peraturan begitu. Soalnya nih rumah saya di samping SD, di depannya (di jalan) jadi banyak pedagang jualan jajanan & sorry to say nggak tau sehat or nggak. Moga-moga saya juga bisa telaten membuatkan bekal untuk anak nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg skrg lg survei sd buat jav, salah satu pertimbangannya ya jajanannya :)

      Delete
  13. Aaaa mau coba, aku kira bikinnya susah. Ternyata hampir mirip sama makaroni schotel yah teh ? Makasih teeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mirip mac schotel cmn minus macaroni aja :D

      Delete
  14. belum kesampaian juga beli ovennya mba :D

    ReplyDelete
  15. Boleh juga nih resepnya dicobain. Kebetulan nanti bisa buat bekal adekku pas kuliah, biar hemat ngga jajan, hihi.

    ReplyDelete
  16. Wah iya nih, dicocol saus sambal tambah nikmat ya :)

    ReplyDelete
  17. Wah enaknya kalau bisa masak. Tapi ini kayaknya resepnya gampang. Save bookmark aaah...

    ReplyDelete
  18. Aku makan egg muffin ini di hongkong, disaana terkenal banget dan enak nya manja sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih... mau jg dong nyobain egg muffin yang di hongkong...

      Delete
  19. mantap nih Mba, nanti tak coba buat ah..
    makasih resepnya Mba :)

    ReplyDelete