Wednesday, January 18, 2017

Jajanan Sehat untuk Jav


"Bunda, Jav mau jajan itu...."
"Jangan yang itu, yang lain aja...."
"Mau yang itu...."
Saya geleng-geleng sambil senyum.
"Itu teman Jav juga beli, boleh sama ibunya."
Huh! Kalau sudah begitu, saya bingung harus bagaimana.

Sejak Jav kecil, saya memang enggak pernah membiasakan dia untuk jajan. Jajan sekali-kali sih boleh lah, untuk menambah wawasan, hihihi.... Itupun jenisnya sangat dibatasi. Alhamdulillah, enggak ada masalah. Hingga akhirnya Jav mulai mengenal jajanan dari teman-temannya.

Sedih deh. Saya juga sebenarnya tukang jajan sih, hehe.... Tapi namanya seorang ibu, pasti selalu mengusahakan yang terbaik untuk anaknya kan. Begitu pun saya, meskipun suka jajan, ya jajannya curi-curi di belakang Jav, supaya dia enggak kabita. Hanya saja semakin Jav besar, semakin sulit saya curi-curi. Ditambah lagi, Jav sendiri sudah mengenal jajan karena teman-temannya.

Saya juga enggak bisa menyalahkan teman-teman Jav--dan orang tuanya. Soalnya jajanan pinggir jalan di Bandung tuh enak-enak sih. Ini beberapa contohnya:
  • Cilok. Merupakan singkatan dari aci dicolok. Bahan utamanya memang tepung tapioka (aci) yang diberi bumbu kemudian dikuus. Ada yang polos, ada juga yang berisi daging cincang, telur, sosis, keju, dan lain-lain. Dalam penyajiannya, dilengkapi dengan sambal kacang dan kecap.
  • Siomay. Merupakan olahan ikan yang dicampur dengan tepung tapioka, dibungkus kulit pangsit, kemudian dikukus. Ikannya bisa juga divariasikan bersama daging ayam atau udang. Sama seperti cilok, cara penyajiannya dilengkapi dengan sambal kacang, kecap, dan tentu saja jeruk nipis.
  • Seblak Basah. Jajanan khas Bandung ini sudah mulai menyebar ke kota-kota lain. Merupakan kerupuk bawang yang direbus kemudian dimasak bersama telur dan bumbu pedas. Selain kerupuk, variasinya banyak juga. Ada mi, kwetiau, batagor, siomay, sosis, makaroni, dan lain-lain.
  • Tahu Bulat. Tahu bulat ini seperti lagunya, gurih-gurih enyoy, hohoho.... Paling enak dimakan ketika masih panas dengan ditambah taburan bumbu bubuk rasa bawang, keju, barbeque, jagung, dan lain-lain. 
  • Martabak Manis Mini. Olahan tepung terigu ini rasanya lembut dan manis. Apalagi ditambah topping susu, cokelat, dan keju. Enggak cukup hanya makan satu buah. 

Namun sebagai ibu, saya enggak boleh kehabisan akal. Saya pun memikirkan bagaimana caranya agar Jav bisa tetap menikmati jajanan, tapi dengan cara yang lebih sehat dan higienis. Salah satunya ya dengan cara membuat sendiri di rumah. 

Iya, saya memang enggak jago memasak. Untungnya sekarang ini banyak sumber-sumber di internet yang menyediakan resep-resep masakan untuk dijadikan contoh. Termasuk di antaranya ResepKoki. Situs ini berisi kumpulan berbagai jenis resep-resep baik masakan lokal maupun dunia. Resep cilok, siomay, seblak basah, tahu bulat, martabak manis mini, semua ada dan mudah untuk dipraktikkan. Selain itu, dilengkapi juga dengan berbagai artikel dan tips memasak. 

Sumber: ResepKoki
Makanya, buat teman-teman yang suka bingung di dapur, coba cek situs ini deh. Kalau enggak mau tertinggal resep-resep terbarunya, bisa juga berlangganan newsletter di sini. Nanti teman-teman akan dikirimi resep via email setiap 2-3x seminggu. Atau teman-teman malas memasak karena enggak mempunyai alatnya? Di situs ini juga ada online shop-nya loh. Lengkap.

Jadi, dengan adanya ResepKoki ini, enggak ada lagi alasan untuk malas menyediakan jajanan dan masakan sehat untuk keluarga kan ;)

4 comments :