Thursday, December 21, 2017

Jualan Online, Bisnis Mudah Berpeluang Besar


Saat ini, mencari pekerjaan sudah semakin sulit, ada semakin banyak orang yang memiliki kualifikasi dan kemampuan yang semakin tinggi. Hal ini membuat ukuran untuk dapat diterima kerja pun semakin tinggi pula. Apalagi, modernisasi di segala bidang kini semakin memperkecil kesempatan untuk bekerja karena usaha padat karya semakin berkurang, digantikan dengan mesin-mesin otomatis. Hal ini juga menjadi salah satu faktor berkurangnya serapan tenaga kerja. Oleh karena itu, selain mengandalkan mencari pekerjaan, kita juga bisa berpikir kreatif dan membuat usaha sendiri. Membuat usaha sendiri dapat menjadi salah satu hal yang menguntungkan karena kita dapat menghasilkan uang sendiri, tanpa tergantung dari perusahaan. Sudah barang tentu, merintis usaha bukanlah perkara gampang. Kita harus bekerja keras agar usaha kita berhasil.

Cara menjalankan usaha kini tidak hanya dapat dilakukan dengan cara biasa. Kita dapat menjaring lebih banyak konsumen dengan membukanya secara online. Salah satu usaha secara online yang dapat dimulai secara kecil-kecilan adalah jualan online. Jualan online ini tidak mengharuskan kita memiliki toko resmi sehingga sangat memudahkan terutama bagi yang baru memulai usaha. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai jualan online dan macam jualan online yang dapat teman-teman lakukan dengan mudah.

Apa itu jualan online?
Jualan online adalah jualan yang dilakukan dengan memanfaatkan media internet secara online. Seiring dengan perkembangan zaman, dunia internet kini sudah dapat dengan mudah diakses siapa saja. Perangkat untuk dapat terhubung ke internet kini dapat dimiliki dengan harga yang terjangkau. Jaringan internet juga tersedia di hampir setiap wilayah sehingga memungkinkan banyak orang dari banyak lokasi yang berbeda dapat berkomunikasi dengan mudah di dunia maya. Pertumbuhan pengguna internet ke arah yang positif memberikan peluang tersendiri bagi para pengusaha. Kita dapat dengan mudah memasarkan produk yang kita jual dengan memanfaatkan teknologi internet. Sehingga, tidak heran, kini banyak bermunculan pengusaha yang beralih ke penjualan online.

Cara jualan online
Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk berjualan online. Bagi teman-teman yang tidak memiliki banyak modal, dapat memanfaatkan sosial media sebagai media jualan. Ada banyak sosial media yang dapat teman-teman ikuti dan dijadikan sebagai media promosi. Teman-teman juga dapat memanfaatkan berbagai supermarket online dan portal dagang yang tersedia baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Teman-teman hanya harus menjadi anggota dari portal dagang tersebut kemudian dapat menjual barang melalui portal tersebut. Keuntungan berjualan melalui portal dagang atau supermarket online adalah tingkat kepercayaan konsumen. Konsumen akan lebih merasa aman dengan berbelanja melalui portal dagang resmi. Hal ini karena adanya garansi uang kembali jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Layanan customer service juga berjalan 24 jam sehingga kita baik penjual maupun pembeli dapat mengajukan komplain kapan pun saat terjadi masalah.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memulai jualan online, semua tergantung dari keinginan, ketersediaan modal, dan waktu. Nah, berikut adalah 3 cara jualan online yang dapat teman-teman lakukan.

1. Supplier
Cara jualan online yang pertama adalah dengan menjadi supplier. Dengan menjadi supplier artinya teman-teman memiliki sendiri barang yang akan dijual. Misalnya teman-teman membuat suatu kerajinan dan menjualnya secara online. Teman-teman juga bisa menjadi penyalur atau penjual produk yang dihasilkan oleh seorang produsen. Supplier biasanya memiliki barang yang sangat banyak dan menawarkan harga yang lebih murah untuk pembelian dengan jumlah banyak. Untuk mempercepat penjualan, supplier biasanya membuka kesempatan bagi para reseller atau dropshipper yang ingin bergabung dengannya.

2. Reseller
Reseller adalah orang yang menjual kembali suatu barang. Barang tersebut didapatkan dari supplier. Supplier akan memberikan harga khusus bagi reseller dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Reseller kemudian membeli stok barang dalam jumlah tertentu dan menjualnya kembali pada konsumen dengan harga eceran. Reseller menjual barang yang ada pada stok mereka dengan mengirimnya langsung ke tangan konsumen. Dengan kata lain, reseller mengetahui spesifikasi barang dan bagaimana wujud barang tersebut secara nyata.

3. Dropshipper
Dropshipper adalah cara termudah dalam menjalankan jualan online. Hal ini karena orang-orang yang menjalankan jualan online dengan cara dropshipper tidak membutuhkan modal yang besar. Dropshipper adalah cara jualan online yang memiliki konsep mirip dengan makelar. Tidak seperti reseller yang harus membeli stok barang, dropshipper hanya perlu mencari calon pembeli. Setelah itu, dropshipper akan memberi tahu pada supplier bahwa ada pesanan barang tertentu yang harus dikirim ke alamat tertentu. Masalah pembungkusan dan pengiriman sepenuhnya dilakukan oleh supplier. Dropshipper harus menyetorkan jumlah uang tertentu sesuai dengan harga grosir produk. Sementara konsumen membayar sesuai dengan harga eceran ke penjual dropshipper. Selisih harga grosir dan eceran tersebut yang menjadi keuntungan penjual dengan model dropshipper.

Walaupun murah, penjual dengan mode dropshipper juga memiliki kerugian. Hal ini karena penjual dropshipper tidak memegang langsung barang yang dijualnya sehingga tidak tahu wujud asli dan spesifikasi barang secara mendetail. Hal ini menjadi kelemahan penjual dropshipper terutama jika terjadi komplain dari konsumen.

Modal jualan online
Apapun jenis jualan online yang teman-teman lakukan, modal adalah hal yang harus diperhatikan. Modal kadang menjadi penghambat dan membuat banyak orang enggan menjalankan sebuah bisnis. Hal ini karena tidak semua bisnis dapat berjalan dengan sukses. Banyak orang takut merugi dan menghabiskan uang mereka dengan sia-sia. Pemikiran tersebut harus disingkirkan. Bagaimana kita bisa tahu jika bisnis kita akan sukses jika kita tidak mencobanya dan bekerja keras untuk mencapai kesuksesan tersebut? Modal juga dapat dimiliki tidak hanya dari uang pribadi saja, tetapi juga bisa didapatkan dari pinjaman. Ada banyak tersedia pinjaman usaha tanpa jaminan terutama bagi usaha-usaha mikro dan usaha kecil. Kini, tersedia juga pengajuan kredit online yang dapat dilakukan jika teman-teman membutuhkan uang untuk melakukan usaha. Jangan lupa, dalam melakukan peminjaman, teman-teman harus menyesuaikan dengan kemampuan membayar. Jangan sampai teman-teman meminjam uang terlalu besar dan kemudian tidak memiliki kemampuan untuk mengangsur pinjaman tersebut.

Nah, itu tadi ulasan mengenai jualan online yang dapat teman-teman lakukan. Ada banyak cara jualan online yang dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan. Teman-teman bisa saja menjadi supplier jika memang mampu menjalankannya dan memiliki modal yang cukup. Bagi teman-teman yang ingin menjadikan jualan online sebagai usaha sampingan, dapat melakukan cara reseller atau dropshipper yang lebih mudah dengan modal yang lebih murah pula. Bagi teman-teman yang terbentur masalah modal, ada banyak pula sumber modal yang dapat dimiliki sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis jualan online juga tidak membutuhkan modal apapun. Tidak ada kata terlambat untuk membuka sebuah usaha. lakukan sekarang dan jadilah sukses dengan usaha yang teman-teman jalankan.

4 comments :