Tuesday, March 20, 2018

Camilan Gizi Seimbang So Good


Ibu menyusui pasti lapar terus. Iya enggak sih? Atau saya saja? Hihihi.... Saya sih, enggak menyusui juga suka lapar terus. Apalagi sedang menyusui seperti sekarang ini. Bukan soal harus banyak makan supaya ASI-nya banyak juga sih. Tapi perut kenyang dan lidah puas yang membuat hati menjadi senang, hormon oksitosin meningkat, sehingga ASI pun mengalir dengan lancar deh.

Makanya, selain mengkonsumsi makanan gizi seimbang di tiga waktu utama, saya juga harus selalu sedia camilan untuk selingan. Pokoknya apa saja yang menganggur di meja, pasti saya lahap. Kadang kalau sedang rajin, baru deh sengaja bikin. 

Kali ini, saya akan berbagi resep salah satu camilan yang biasa saya buat di rumah. Jajanan khas dari Bandung nih. Yup, seblak basah. Duh, enggak sehat banget ya, seblak basah kan isinya kerupuk doang, pedas pula. Enggak apa-apa dong, sekali-sekali ibu menyusui me time sambil menikmati seblak basah. Toh dibuat sendiri dan menggunakan bahan berkualitas. 

Isinya pun jelas bukan hanya kerupuk. Saya modifikasi agar lebih sehat dan memenuhi syarat menu piring gizi seimbang. Yaitu terdiri dari 35% sumber karbohidrat, 35% sayuran, 15% sumber protein, dan 15% buah.


Jadi:
  • Kerupuknya saya ganti dengan makaroni sebagai sumber karbohidrat. 
  • Ditambah dengan sumber protein dari telur ayam, So Good Chicken Stick, dan So Good Bakso Sapi.
  • Ditambah dengan sayuran (tergantung stok yang ada di rumah) yaitu wortel dan brokoli.
  • Dilengkapi dengan buah (tergantung stok yang ada di rumah) yaitu buah naga.

Masih tetap pakai kerupuk sih, untuk formalitas saja. Soalnya kasihan, kalau enggak pakai kerupuk, jati dirinya sebagai seblak hilang, hihihi....

Sedangkan untuk pedasnya, cukup sedikit saja. Karena kalau enggak pedas, bukan seblak namanya. Memang sih ibu menyusui enggak apa-apa mengkonsumsi makanan pedas, enggak akan memengaruhi ASI-nya. Saya hanya berjaga-jaga supaya jangan sampai diare. Soalnya bolak-balik ke toilet saat sendiri di rumah itu bikin tersiksa, enggak ada yang bisa bantu memegang bayi. Sudah pernah soalnya. Repot, heuheu....

Nah, untuk sumber proteinnya, saya menggunakan produk siap masak dari So Good. Bukan hanya mudah dimasak, tetapi juga halal, higienis, kaya protein, bervariasi, dan enak. Gizinya? Tenang, produk So Good melewati proses pemasakan hingga suhu 170° C selama enggak kurang dari 3 menit. Kemudian langsung dibekukan secara cepat menggunakan teknologi IQF. Makanya kandungan nutrisinya tetap terjaga. 

Produk pertama yang saya gunakan yaitu So Good Chicken Stick. Sebenarnya seblak basah ini paling asyik ditambah dengan So Good Chicken Karage, lebih kriuk. Berhubung stoknya sedang kosong, jadi saya ganti dengan So Good Chicken Stick, merupakan nugget ayam seukuran jari. Renyah juga, tinggal dipotong terlebih dahulu sebelum digoreng.


Produk kedua yaitu So Good Bakso Sapi Kuah Original. Bumbu kuahnya bisa dimanfaatkan untuk membuat seblak juga. Praktis.


Berikut resep seblak basahnya.

Bahan:
  • 50 gram makaroni spiral, rebus
  • 10 keping kerupuk bawang, rebus
  • 1 butir telur ayam 
  • 3 buah So Good Chicken Stick Original, potong, goreng
  • 2 buah So Good Bakso Kuah, iris
  • 25 gram wortel, potong, rebus
  • 25 gram brokoli, potong, rebus
  • 1 batang daun bawang, iris
  • Bumbu Bakso Kuah So Good, secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • 5 buah cabai rawit merah

Cara membuat:
  1. Buat telur orak-arik, ketepikan.
  2. Tumis bumbu halus.
  3. Masukkan makaroni, kerupuk, chicken stick, bakso, wortel, dan brokoli. 
  4. Tambahkan air.
  5. Masukkan bumbu bakso kuah dan daun bawang.
  6. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut.
  7. Hidangkan selagi hangat.

Adapun untuk buahnya, saya menyajikan buah naga merah yang sudah dipotong bersama jeli leci yang kemudian disiram dengan yoghurt bluberi. Cocok banget deh sore-sore ngemil ini. Habis makan yang pedas, dilanjut dengan dessert yang segar. 


25 comments :

  1. So Good variannya banyak yaa, yang paling kusuka nugget ma bakso

    ReplyDelete
  2. Saya paling suka sama nugget so goodnya, paling sering goreng buat anak-anak di rumah.

    ReplyDelete
  3. So Good emang paling enak dan praktis. Satu keluarga suka banget sama nuggetnya.

    ReplyDelete
  4. Kalau aku baru-baru ini suka sama so good basonya, sama so good ayamnya juga sih, hehehe.

    ReplyDelete
  5. Wow baru tahu nih, praktis dan lezat ya Teh, makasih resepnya๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  6. Ini andalan banget saya wkwkwk, bekal snack marwah tiap pagi

    ReplyDelete
  7. Aku pun selama menyusui dulu bawaannya lapar terus Teh.. gak kuat nahan lapar wkwk. Mupeng lihat menunyaaa

    ReplyDelete
  8. Soo good jadi makanan praktis yang enak dan mudah dibuat

    ReplyDelete
  9. Produk So Good ini memang makyuzzz, bisa membuat nafsu makan menjadi kambuh. :)

    ReplyDelete
  10. Samaa..klo baso so good suka dimasak buat tumis sm sayuran

    ReplyDelete
  11. Bukan hanya ibu hamil dan menyusui yang merasa lapar terus. Di musim penghujan seperti sekarang, bawaannya emang laper terus.hehehe... Tapi tenang aja, ada bakso so good dan olahan daging ayam so good yang bisa dijadikan andalan ketika lapar melanda, ya...

    ReplyDelete
  12. Wah, itu mah aku pisan kalo lagi menyusui bawaannya pengen makan terus. Tapi setelah menyusui pun ternyata tetep sih hahaha.

    Itu kelihatannya enak banget jadi pengen nyomot :))

    ReplyDelete
  13. Udah pernah coba bakso so good. Gitu aja udah enak apalagi dikreasiin ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  14. Kl aku langsung goreng aja tu mbak.. Emg nggak doyan seblak, wkwkwk
    Tp liat foto di atas kok jd pgn nyoba rasanya ya

    ReplyDelete
  15. wah, jadi ngiler lihatnya he..he..
    cocok jika di cocol sambal pedas..

    ReplyDelete
  16. Dingin-dingin gini bikin baso enak, nih

    ReplyDelete
  17. Saya sering bikin camilan ini untuk anak-anak. Persis kayak Mbak Nathalia, kerupuknya saya ganti makaroni. Tapi saya termasuk yang menghilangkan jati diri seblak, hehehe. Ya karena saya nggak masukkan sedikit pun kerupuk di dalamnya. Idenya oke, saya pengen cobain juga pakek produknya SOGOOD

    ReplyDelete
  18. Apapun kalo dimasak hangat-hangat pasti enak banget buat disantap... Semoga menang ya mbak

    ReplyDelete
  19. makanan kesukaan istri saya ini..sering banget goreng nugget dari sogood terus sambil minum teh

    ReplyDelete
  20. hihihi saya juga suka mengkreasikan bakso

    ReplyDelete
  21. Waaah... enak banget ini mah. Cuman, kalo buat saya, pedesnya kudu banyaaaak. Cengek domba 7 cukuplah. :D

    ReplyDelete
  22. so good variannya banyak dan praktis, pingin nyobain jg bikin seblaknya ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  23. Kmrn nyobain ayam potongnya dan anak2 sukak! Pengen coba yg alfabet tp sudah banget nyarinya kl disini mbak

    ReplyDelete
  24. Makasih resepnya teteeh.. Saya mau coba ah buat sarapan besok! :)

    ReplyDelete