Wednesday, June 27, 2018

Foto Langka: Pemandangan di Korea Utara

korea utara

Apakah teman-teman termasuk penggemar hal-hal yang berbau Korea Selatan? Di Indonesia, cukup banyak warganya yang berkiblat pada budaya pop Korea Selatan baik dari sisi fashion, skincare, musik, drama, hingga kulinernya. Namun entah kenapa, saya sih belum mendapat hidayah untuk tertarik pada hal-hal tersebut. Makanya, karena enggak terlalu mengerti, dalam artikel ini saya enggak akan membahas tentang Korea Selatan, hihihi.... Tapi saya akan sedikit mengulas tentang tetangganya, Korea Utara. 

Berbeda dengan pemerintah Korea Selatan yang mendukung mewabahnya Korean Wave, negara pimpinan Kim Jong Un ini memang lebih tertutup. Apalagi bagi para turis yang berkunjung. Walau sekarang Korea Utara sudah cukup terbuka, namun mereka tetap memiliki aturan ketat seputar masalah pengambilan foto bagi para wisatawan mancanegara. 

Yup, banyak turis yang merasa enggak bebas ketika berada di Korea Utara. Mereka dilarang bereksplorasi ketika travelling dan selalu diawasi oleh pemandu yang lebih terasa seperti penjaga keamanan.

Namun ternyata ada loh seorang turis dan juga fotografer bernama Michal Huniewiz yang nekat mengambil foto kehidupan di Korea Utara secara diam-diam. Dia bukan hanya memotret, tetapi juga membagikannya di dunia maya.

Teman-teman penasaran enggak? Ini dia sisi lain Korea Utara yang jarang terungkap ke ruang publik.

1. Monumen Perang
Ketika berada di monumen ini, pemandu akan bertanya pada rombongan, adakah di antara mereka yang berkewarganegaraan Amerika. Selanjutnya, ia akan meminta orang tersebut untuk mengambil bunga dan berdoa di depan museum. Dengan bangga, pemandu akan bercerita ketika negaranya memenangkan perang ketika melawan Amerika dan sekutunya Korea Selatan.

korea utara

2. Foto Kim Jong Un di Kereta
Enggak pernah kan kita temui di kereta manapun di Indonesia, ada foto presiden di salah satu gerbongnya. Foto presiden Indonesia hanya dipajang di ruangan kerja, gedung negara, ruang sekolah, dan lain-lain, namun enggak di kereta. Berbeda dengan negara-negara lain, teman-teman bisa menemukan foto presiden Kim Jong Un di tiap gerbong kereta. 

korea utara

3. Pasar yang Sepi
Bahkan di pasar sekalipun dilarang untuk memfoto keadaan sekitar. Dari foto tersebut, dapat dilihat kondisi pasar yang sangat sepi jika dibandingkan dengan di Indonesia yang sangat ramai. Michal pun tak melewatkan momen ini untuk mengambil gambar secara diam-diam, sebelum petugas sadar akan aksinya.

korea utara

Begitulah kondisi negara tetangga Korea Selatan ini jika dilihat dari dekat. Walaupun bukan secara langsung, tapi foto dari Michal sudah mewakili betapa ketatnya peraturan yang ada di sana. Jauh berbeda bila dibandingkan dengan negara lain, apalagi Indonesia. Di sini, mau foto di manapun rasanya bebas saja. Baik itu di atas gunung, di tepi pantai, di depan gedung, bahkan selfie bersama presiden pun enggak jadi masalah.

Ngomongin tentang foto selfie, ada satu smartphone nih yang mempunyai fitur bagus sehingga dapat menghasilkan foto yang tajam dan bening dalam sekali jepret. Nama smartphone ini yaitu OPPO F7 dengan fitur AI Beauty 2.0 yang dapat mendeteksi hingga 296 titik pengenalan wajah. Bukan hanya itu, kamera smartphone ini juga dibekali dengan resolusi 25 megapiksel pada kamera depannya. Wow! Enggak salah deh kalau OPPO F7 menjadi smartphone unggulan untuk kategori selfie terbaik.

ai beauty 2

Nah, sekarang teman-teman sudah enggak penasaran lagi kan tentang kehidupan di Korea Utara? Seandainya teman-teman jadi Michal, berani enggak sih mengambil foto di sana secara diam-diam?

Oh iya, buat teman-teman yang tertarik sama OPPO F7, OPPO sedang mengadakan Ramadhan Special Cashback loh untuk setiap pembelian OPPO Camera Phone terpilih. Langsung saja cek ke sini http://f7.oppomobile.id/ramadhan

14 comments :

  1. kayaknya seru juga jalan jalan ke Korea Utara, hehe.

    ReplyDelete
  2. Meskipun sama sama Korea, namun Korea utara dan selatan sangatlah berbeda ya.

    ReplyDelete
  3. Wah kayaknya greget nih jalan jalan ke Korea Selatan.

    ReplyDelete
  4. Mau jalan jalan aja dijaga ketat kayak gitu.

    ReplyDelete
  5. Kalo aku sih mending jalan jalan ke Korea Utara aja deh hehe.

    ReplyDelete
  6. kalo aku gak kepingin jalan jalan ke Korea Selatan, pengen oppo F7 nya hehe.

    ReplyDelete
  7. Ini beneran gak bebas banget yah, mau wisata tapi dijaga terus. hehe...

    ReplyDelete