Saturday, June 15, 2019

Jual Mobil 1 Jam Saja di BeliMobilGue


Adakah teman-teman yang pernah memiliki pengalaman jual mobil bekas online? Bagaimana hasilnya? Apakah cepat dan memuaskan? Kebetulan orang tua saya ingin menjual mobil bekasnya nih.

Saya sendiri sebenarnya pernah mencoba menjual mobil bekas secara online beberapa tahun yang lalu. Yang tertarik dan bertanya cukup banyak, tapi hanya beberapa yang benar-benar serius untuk datang melihat langsung kondisi mobilnya. Namun akhirnya setelah proses negosiasi yang alot, malah di-PHP-in, huhuhu.... Begitu banyak waktu dan energi yang terbuang sia-sia.

Kembali lagi ke masa kini, mobil yang ingin dijual orang tua saya adalah mobil model hatchback yang sebelumnya biasa digunakan ke kantor oleh ibu saya. Setahun yang lalu, ketika ibu saya pensiun, mereka menjual mobil model MPV-nya. Dengan pertimbangan toh mereka ke mana-mana cuma berdua, serta tahun produksi mobil MPV yang lebih tua daripada mobil hatchback-nya.

Masalah baru terasa setiap keluarga kami pergi bersama. Dengan dua orang anak, dua orang menantu, dan empat orang cucu, enggak cukup ditampung dalam mobil orang tua. Mobil saya juga model hatchback, jadi sama saja. Mobil adik model SUV, tapi karena sering pergi keluar kota dan membawa banyak barang, kursi baris ketiganya dilepas, jadi ya enggak cukup juga. Akhirnya, kalau pergi bareng harus pakai dua mobil, kurang seru.

Makanya, orang tua saya ingin mengganti mobilnya dengan yang lebih besar. Namun tentu saja, menunggu mobil hatchback-nya terjual dulu. Mereka sempat menawarkannya pada salah satu dealer, tapi hanya dihargai 140 juta rupiah. Untuk mobil yang masih gres, rasanya harganya terlalu rendah deh. Sedih kan....

Nah, kemarin saya baru mendapatkan info tentang BeliMobilGue. BeliMobilGue adalah C2B (customer to business) marketplace yang menawarkan solusi mudah untuk jual mobil bekas. Namun BeliMobilGue berbeda dengan marketplace lain karena prosesnya sangat cepat, aman, dan nyaman.

Cepat, aman, dan nyaman tuh seperti apa sih? Nih, saya jelaskan ya bagaimana cara kerja BeliMobilGue.

Pertama, masukkan data mobil. Berdasarkan karakteristik mobil tersebut, BeliMobilGue akan akan memberikan indikasi atau perkiraan awal harga jual mobil.

Kedua, buat jadwal inspeksi mobil. Saat ini BeliMobilGue memiliki lebih dari 30 lokasi di kota-kota besar Indonesia. Tinggal memilih lokasi terdekat, berikut tanggal dan waktu yang cocok. Di sana, ada inspektur berpengalaman yang akan mengecek kondisi mobil. Inspeksi tersebut dilakukan di 300 titik dan hanya memakan waktu 30 menit.

Oh iya, jangan lupa untuk membawa persyaratan berikut ini saat inspeksi.
  1. Mobil yang ingin dijual
  2. Dokumen orisinil (STNK, BPKB, SPH, Faktur)
  3. Plat asli nomor kendaraan
  4. Buku garansi dan dokumentasi riwayat servis
  5. Kunci serep/cadangan

Ketiga, melakukan penjualan. Setelah proses inspeksi, BeliMobilGue akan memberikan penawaran akhir atau perkiraan harga jual berdasarkan kondisi aktual dan nilai pasaran. Apabila setuju dengan harga tersebut, BeliMobilGue akan mengirimkan data mobil ke lebih dari 1000 partner terpercaya yang tersebar di seluruh Indonesia. Penawaran harga tertinggi dari partner menjadi harga jual akhir atas mobil tersebut. Selanjutnya, tinggal menunggu pembayaran yang akan langsung ditransfer dalam waktu 1 jam saja. 

Wow! Asyik ya, mudah dan praktis banget. Bayangkan, prosesnya hanya membutuhkan waktu 1 jam. Kalau begini kan jadi hemat waktu dan energi. Selain itu, enggak perlu mengeluarkan biaya apapun karena semua prosesnya 100% gratis. Yeay!


Tanpa ragu, saya pun langsung membuka website BeliMobilGue dan memasukkan data mobil orang tua saya. Ternyata mendapatkan perkiraan harga 142,5 hingga 185 juta rupiah. Wuih, senang deh. Sayangnya, berhubung belum ada lokasi BeliMobilGue di Bandung, jadi belum bisa membuat jadwal untuk inspeksi. Semoga Bandung segera menyusul. Ya, yang penting, sekarang saya sudah tahu kalau proses jual mobil itu enggak harus ribet dan melelahkan.


Adakah teman-teman yang memiliki rencana untuk menjual mobil juga? Langsung saja meluncur ke BeliMobilGue ya.

No comments :

Post a Comment