Friday, July 19, 2019

Bersama SehatQ.com, Enggak Panik Saat Sakit


"Sakit apa?"
"Udah ke dokter?"
"Kenapa enggak dibawa ke dokter?"

Begitulah pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan ibu saya apabila saya memberi tahu bahwa Jav atau Rashya sedang terganggu kesehatannya. Namanya juga orang tua, pasti khawatir ya saat mendengar kalau cucunya sakit. Apalagi setelah tahu kalau cucunya itu belum dibawa ke dokter.

"Kasihan..."
"Enggak ada uangnya?"
"Mau diantar?"

Heuheu.... Bukannya enggak sayang anak, tapi saya cuma mencoba untuk menjadi ibu yang lebih bijak. Khawatir sih sudah pasti lah ya. Namun jangan sampai hal tersebut membuat panik. Eh, tapi bukan berarti santai juga loh. Harus tetap cerdas. Tahu kapan bisa tetap tenang, dan tahu juga kapan harus cemas. 

Contohnya nih, saat Rashya diare. Di usianya yang menjelang 2 tahun ini, Rashya sudah dua kali mengalami diare. Diare yang pertama, langsung saya bawa ke dokter di IGD karena demamnya tinggi sekali hingga mencapai lebih dari 40°C dan buang air besar cair lebih dari 6 kali sehari.

Sedangkan diare yang kedua, enggak buru-buru saya bawa ke dokter karena buang air besar cair enggak lebih dari 3 kali sehari, makan dan minumnya masuk, serta enggak ada tanda-tanda dehidrasi. Saya pun hanya memberinya probiotik sambil terus mengobservasi kondisi badannya agar jangan sampai dehidrasi.

Saya tahu dari mana nih kapan harus begini dan kapan harus begitu? Ya dari membaca dong. Selain dari buku, juga dari artikel-artikel yang dapat dengan mudah diakses melalui internet. Yup, di era digital seperti sekarang ini, berbagai macam informasi begitu mudah untuk didapatkan. Tetapi hati-hati loh, jangan sampai memercayai informasi yang salah. Apalagi dalam hal kesehatan, banyak sekali tersebar informasi yang enggak benar (hoax) di sekitar kita. Makanya harus pintar memilih sumber informasi yang terpercaya.

Nah, salah satu sumber informasi kesehatan yang saya percaya adalah SehatQ.com. SehatQ.com merupakan platform layanan kesehatan bagi keluarga. Mulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, hingga perawatan setelah sembuh.


SehatQ.com menyiapkan berbagai informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel. Bisa cari dokter juga sesuai kebutuhan. Tim dokternya terdiri dari dokter umum dan spesialis dengan passion untuk memberikan akses layanan kesehatan yang kredibel, terpercaya, dan mudah dimengerti. Berikut beberapa fitur yang terdapat di SehatQ.com.

Direktori Penyakit. Lengkap banget, mulai dari penyakit berawalan huruf A sampai huruf Z. Isinya juga sangat informatif. Mulai dari pengertian, gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, pencegahan, kapan harus berkonsultasi dengan dokter, dan lain-lain.

Informasi Obat. Ini juga sama, mulai dari obat berawalan huruf A sampai huruf Z. Isinya yaitu merk dagang, dosis, aturan pakai, efek samping, dan lain-lain.

Forum Tanya Jawab. Bisa bertanya tentang kesehatan berdasarkan kategori kepala, mata, kulit dan kelamin, jantung, pernapasan, perut, psikologi, dan lain-lain. Nanti akan dijawab secara lengkap oleh tim dokter SehatQ.com.

MySehatQ. Merupakan fitur lengkap untuk mengatur keperluan kesehatan keluarga. Seperti kalender imunisasi, laporan tumbuh kembang anak, kalkulator BMI, kalender ovulasi, kalender kehamilan, booking dokter, akses asuransi, dan lain-lain.

Selain itu, SehatQ.com juga menyediakan berbagai artikel menarik yang menyajikan informasi dan berita kesehatan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.


Bersama SehatQ.com, mengelola kesehatan keluarga menjadi lebih mudah ya. 

18 comments :

  1. makasih mba ini ngebantu banget anak saya juga kisaran umur 2 th lebih

    ReplyDelete
  2. Wah, menarik nih. Sudah ada aplikasinya belum ya, buat Android? Atau masih lewat website nya saja?

    ReplyDelete
  3. Layanan kesehatan online, sungguh luar biasa. Saya jadi ingin forum tanya jawab, maklum ada permasalahan tentang kesehatan yang ingin saya tanyakan.

    ReplyDelete
  4. Terbantu ya ada sehatq.com jadi ada referensi soal kesehatan.Forum kesehatan online gini bantu banget, aku pernah dulu baca forum soal flu singapur dan iya bener ga perlu ke rs bisa sembuh. Semoga sehatq.com semakin terpercaya ya dalam menyajikan info kesehatan

    ReplyDelete
  5. Baru tahu tentang SehatQ.com. Nanti mau baca-baca ah

    ReplyDelete
  6. Waah praktis banget teh layanan kesehatan online, jadi ngga perlu datang langsung ke dokter. Aku juga jadi pengen tanya-tanya soal kesehatanku sama keluarga jadinya.

    ReplyDelete
  7. Kumplit ya fitur SehatQ ini. Aku jadi kepengen eksplor deh. Cus ke takepeeee

    ReplyDelete
  8. Wah baru tau ada yg kaya gini, berguna banget ni buat para ibu milenials

    ReplyDelete
  9. Sehatq ini andalan banget, jadi berasa punya asisten kesehatan pribadi deh

    ReplyDelete
  10. Wah sehat selalu ya baut kedua anaknya. SehatQ emang website kesehatan terpercaya. Jangan sampai kita termakan hoax, terutama sekali untuk urusan kesehatan

    ReplyDelete