Tuesday, May 19, 2020

Review FSS Retinol Overnight Cream

fss retinol overnight cream

Salah satu produk skincare yang ingin saya coba adalah retinol. Maklum ya, usia sudah kepala tiga. Memang sudah sepantasnya mulai peduli pada perawatan kulit anti aging. Malah termasuk telat karena garis halus dan noda hitam sudah terlanjur menghiasi wajah.

Kenapa retinol? Karena retinol dapat melawan tanda-tanda penuaan dengan cara menstimulasi kemampuan sel kulit untuk beregenerasi. Retinol juga dapat membuat pori-pori lebih bersih dan terlihat lebih kecil. Selain itu, dapat menjadikan warna kulit lebih rata, serta teksturnya lebih lembut dan halus.

Sudah lama saya penasaran sama Serum Retinolnya For Skin's Sake (FSS). Tetapi belum ada keberanian untuk mencoba. Pertama, karena khawatir enggak cocok. Jenis kulit saya yang kering takut semakin kering, soalnya retinol terkenal bisa membuat kulit menjadi kering. Kedua, karena waktu itu saya masih menyusui Rashya. Jadi ya sudahlah, fokus untuk rutin melakukan perawatan kulit basic aja.

Hingga suatu hari, ketika menemani anak-anak bermain di halaman rumah, saya iseng bercermin di jendela mobil. Lalu jeng jeng... terpampang nyata dong garis halus di dahi saya. Selama ini, yang saya sadari karena terlihat di cermin itu cuma garis halus di sekitar mata. Makanya kaget banget, huhuhu....

Pas kebetulan FSS baru mengeluarkan produk barunya, Retinol Overnight Cream. Kandungan retinol pada produk ini hanya 0,1%, rendah, cocok untuk saya yang belum pernah menggunakan retinol. Selain itu, produk ini juga mengandung green tea, vitamin E, dan hyaluronic acid, sehingga enggak akan membuat kulit menjadi kering. 

Patut dicoba nih. Apalagi saat itu produk ini sedang promo di Sociolla. Diskon 15% menjadi Rp 204.000, bonus FSS Lip Balm by Buttered pula. Langsung dong saya amankan.

fss retinol overnight cream

Setelah barangnya sampai, baru deh sadar. Saya kan masih menyusui, hihihi.... Yup, retinol dan produk turunan vitamin A lainnya (retinoid) enggak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu menyusui karena akan memengaruhi kandungan ASI dan dapat menyebabkan efek tertentu pada bayi. Akhirnya disimpan dulu deh FSS Retinol Overnight Cream-nya.

Makanya, setelah Rashya disapih beberapa bulan kemudian, saya merayakannya dengan menggunakan retinol. Yeay!

Product Info

Description:
Slow down aging by letting this cream fight against premature aging, fine lines and also increases your skin collagen production during the night. This moisturizer is designed to work while you sleep. A time where your skin is the most receptive while it is repairing and regenerating itself.

Main Active: 0.1% Retinol
Enriched With: Hyaluronic Acid, Vitamin E, Green Tea, Centella Asiatica Extract

Helps With: Skin Reparation, Premature Aging, Fine Lines, Collagen Production

Brand Values: No Paraben, No Silicone, No Animal Testing, No Added Fragrance

Ingredients:
Aloe Barbadensis Leaf Juice, Aqua, Helianthus Annuus Seed Oil, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Cassia Angustifolia Seed Extract, Stearic Acid, Glycerin, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Butyrospermum Parkii Butter, Tocopheryl Acetate, Panthenol, Retinol, Camellia Sinensis Leaf Extract, Propolis Extract, Centella Asiatica Extract, Equisetum Arvense Extract, Geranium Maculatum Extract, Taraxacum Officinale Extract, Xanthan Gum, Polysorbate 20, Pentylene Glycol, Alcohol, Lecithin, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin

How To Use:
Use at night, as the last step in your skincare routine. Apply lightly all over face and neck.

Size: 30 ml

Price: Rp 240.000

Review FSS Retinol Overnight 

Ini produk FSS yang pertama kali saya beli. Packaging-nya elegan ya. FSS Retinol Overnight Cream ini dikemas dalam kotak karton dengan variasi warna krem dan marun, cantik deh. Isinya aman dari goncangan karena ada karton penahannya juga.

fss retinol overnight cream

Informasi yang tercantum di kotaknya lengkap banget. Bukan hanya deskripsi produk, cara pemakaian, ingredients, Period After Opening (PAO), dan expired date. Tetapi juga penjelasan lebih detail mengenai produk ini seperti tahap penggunaan dan cara penyimpanan. 

Produknya sendiri dikemas dalam botol kaca berwarna hitam. Bukan hanya mewah, tetapi juga menjaga kualitas isinya. Tutupnya berbentuk ulir. Dan ketika dibuka, dibaliknya ada tutup pelindung lagi. Warna krimnya putih kekuningan. Aromanya mirip obat.

fss retinol overnight cream

Oh iya, ada spatula untuk mengambil isinya. Awalnya senang karena bagus kan ya menjaga kehigienisannya. Tapi lama-lama saya malah jadi malas memakai spatula, langsung colek saja menggunakan jari. Soalnya malas bolak-balik membersihkan spatulanya. Lebih praktis mencuci tangan sebelum memakai skincare, heuheu....

fss retinol overnight cream

Saat dioleskan ke kulit terasa teksturnya yang lembut dan ringan. Krimnya cukup cepat menyerap. Di beberapa menit pertama terasa agak lengket, tapi setelah itu enak kok, nyaman.

Di awal penggunaan, saya memakainya seminggu sekali sebagai penutup rangkaian skincare malam. Deg-degan banget, hehehe.... Khawatir, soalnya pada beberapa orang, retinol bisa menyebabkan purging. Tapi ternyata alhamdulillah aman. Kulit saya enggak mengelupas dan enggak merah-merah juga.

Setiap saya cek keesokan paginya pun, kulit tetap lembap. Padahal saya enggak menambahkan pelembap lagi. Yup, bentuknya yang krim ini memang cocok untuk jenis kulit kering karena bisa mengunci kelembapan kulit saat sedang tidur.

Jadi ketika menggunakan produk ini, saya hanya memakai cleansing milk, face wash, hydrating toner, dan terakhir ditutup dengan FSS Retinol Overnight Cream. Katanya bisa sih digunakan dengan zat aktif lain. Tapi karena masih pemula, saya memilih untuk menggunakannya satu per satu. Contohnya AHA dan BHA, saya gunakan di hari lain. Padahal sebenarnya enggak apa-apa juga sih digunakan bersama dengan retinol. Soalnya AHA dan BHA bekerja di lapisan luar kulit, sedangkan retinol bekerja di lapisan kulit yang lebih dalam. 

Setelah penggunaan selama satu bulan, saya tambahkan frekuensi pemakaiannya menjadi dua kali seminggu. Masih aman juga. Rencananya ingin saya tambah lagi menjadi dua hari sekali. Tapi nanti deh, enggak mau terburu-buru. Slow down, hohoho....

Jadi saya belum bisa menyimpulkan hasilnya ya, karena belum terlalu lama menggunakan produk ini.  Katanya butuh waktu 2-3 bulan agar hasilnya nyata. Yang penting cocok aja dulu. Semoga saya bisa terus telaten sehingga hasilnya juga oke.

fss retinol overnight cream

Teman-teman tertarik juga? Menurut saya memang recomended sih untuk pemula. Tapi ingat, harus selalu memakai sunscreen juga ya.

Pssst, kalau mau beli di Sociolla seperti saya, jangan lupa pakai voucher diskon SBN0493DE ya. Lumayan loh, bisa dapat potongan Rp 50.000 jika belanja di atas Rp 250.000. Asyik kan....

24 comments :

  1. Kapan hari aku juga lihat YouTube Suhay Salim bahas retinol ini Mak.
    Owalaahh, jadi memang banyak banget faedahnya buat kulit kita yak.

    ReplyDelete
  2. Horeeee udah menyapih anak jd bebas pakai skincare salah satunya yang mengandung retinol ya hehe :D
    Wah bagus mbak ada spatulanya jd produk dalam jar tetep terjaga higienis yaaa.
    Cocok ya mbak sama produknya soalnya gak ada iritasi maupun pengelupasan kulit? Jd penasaran jg ma produknya hehe

    ReplyDelete
  3. Packagingnya lucu nih Liaaa. Udah diskon dikasih bonus lip balm pula. Soal skin care pun pr banget buatku yang (apalagi) udah 40 tahun huehehe. Warna kulit ga merata sama mata pandanya nih yang pengen banget ku beresin

    ReplyDelete
  4. Wah kemasannya bagus ya, warnanya..aman juga..menanti ulasan dirimu setelah rutin memakainya, aku penasaran lipbalmnya juga deh

    ReplyDelete
  5. Retinol emang katanya bagus ya buat skin care n hasilnya bs cepat jg
    Cm mmg ga recommended buat bumil busui ya

    ReplyDelete
  6. Night cream yang lembab dikulit memang jadi pilihan banget ya.. karena saat malam hari kulit bekerja meregenerasi, jadi kita kita menggunakan cream malam yang lembut, maka hasilnya juga sangat baik dikulit wajah kita ya..

    ReplyDelete
  7. Wah cantik nih kemasannya. jadi kepingin nyoba juga hehe tapi cocok gak ya kira2?

    ReplyDelete
  8. Unyu2 nih warna dan kemasannya. Udah gitu ada spatulanya juga. Buat kulit sensitif kayak aku bisa nih kayaknya. Aku punya eksim di sekitar dagu dan mulut. Tungguin mbak Lia dulu deh kelar pakai habis semua hehehe. TFS.

    ReplyDelete
  9. Semoga nanti hasilnya sesuai dengan yang diharapkan ya mba.. sudah modal sabar nungguin sampe proses sapih soalnya 😀

    ReplyDelete
  10. Seingat saya belum pernah pakai sekinker retinol ini, secara selama ini pakai sekinker masih belum istiqomah. Btw, kode diskon SBN0493DE ini berlaku sampe kapan Mbak?

    ReplyDelete
  11. Tagline oke yaa... Slow Down, Baby.
    Ini menandakan kebiasaan wanita yang inginnya langsung tampak hasil yang berbeda ketika menggunakan skincare.

    ReplyDelete
  12. wah menarik banget ini ya, terutama untuk melembabkan kulitku yang kering ini pakai ini jadi lembab sepanjang hari.

    ReplyDelete
  13. Wihihi iya ya mbaa.. kalo udah kepala 3 jadi harus fokus ke antiaging ya mba..soalnya usia ga bisa dilawan tapi penuaan bisa ditunda... wohoo terima kasih vouchernya mba.. mayan banget buat belanja di sociolla ya..

    ReplyDelete
  14. Aku pake yang serumnya mak waktu itu lagi bazaar jadi beli mayan promo. Cocok sampe sekarang pakai fss
    Ringan
    Yg ini aku malah ga pake 😂 creamnya

    ReplyDelete
  15. Jadi penasaran nyoba yg versi night cream ini. Aku baru mo yoba retinol juga si. Tapi pengen beli yg somethinc itu. Jadi galau nih. Nyoba mana dulu ya

    ReplyDelete
  16. Duh mau serumnya...lumayan ya klo beli pas ada diskon. Selama dirumah aja sy malas dandan nih gara2 merasa ga ke luar rmh

    ReplyDelete
  17. retinol is one great ingredient that can help us improving our skin. Pas sudah tidak menyusui bisa pakai deeh

    ReplyDelete
  18. Aku jarang sekali menggunakan perawatan wajah di malam hari nih. Bawaannya selalu udah males duluan hehehee... TApi baca artikel ini jadi sadar, kulit wajah harus dirawat dengan maksimal, termasuk di malam hari. Oke, agendakan untuk menggunakan overnight cream agar wajah lembab dan kenyal.

    ReplyDelete
  19. kemasannya cute ya mba, ada anti aging nya lagi jadi pengen nyobain edisi 17 tahun lebih banyak hihi,

    ReplyDelete
  20. Eh aku juga penasarans ama retinol ini.
    Baca reviewmu jadi tertarik untuk pakainya, umur menjelang 50 tahun, kudu ekstra perawatan wajahnya :)

    ReplyDelete
  21. Packagingnya bagus banget ya jadi penasaran mau nyobain, pasti kulit makin lembut sehat dan makin glowing deh

    ReplyDelete
  22. Aku baru tahu produk ini mb, kudrt banget ya. Lihatnya suka design packagingnya cantik, ada serum anti aging juga ya. Kebetulan aku dah usia cantik alias kepala 4

    ReplyDelete
  23. uwuu... makasih mbak vouchernya, saya penasaran nih setelah baca reviewnya mbak lia. Soalnya kulit saya juga sensitif banget jd kalau aman ya saya pengen coba

    ReplyDelete
  24. Aku malah baru tau produk ini. Kudet bangeet ya mbaak. Waah pakai retinol dari FSS ini bikin lembab ya mbak. Aku nggak berani coba produk baru sih. Takut jerawatan kalau nggak cocok

    ReplyDelete