Sunday, October 4, 2020

5 Tips Liburan di Masa Pandemi


Sebenarnya, tahun 2020 ini banyak rencana liburan yang ingin dilakukan bersama keluarga. Tapi ternyata belum rezeki. Yup, rezeki itu bukan hanya soal materi, tapi juga kesempatan. Karena pandemi, kami memilih untuk tetap di rumah aja. Tempat paling aman agar terhindar dari Covid-19.

Bosan? Oh pasti. Kalau sudah begitu, saya ucapkan mantra supaya bisa tetap bertahan, "Lebih baik bosan karena di rumah aja, daripada dirawat di rumah sakit karena sesak napas." Maklum punya alergi dan asma, jadi tahu banget bagaimana enggak enaknya sesak napas, huhuhu....

Tips Liburan di Masa Pandemi

Namun rasa bosan memang perlu disiasati sih. Apalagi jika sampai memengaruhi produktivitas juga. Enggak tahan ingin liburan? Yuk simak aturan dasar liburan saat pandemi berikut ini. 

1. Pilih Tempat yang Aman
Cari tahu terlebih dahulu, apakah tempat yang dituju termasuk zona merah atau bukan. 

2. Pahami Peraturan Pemerintah
Setiap daerah mempunyai kebijakan masing-masing dalam penanganan Covid-19. Cari tahu, apakah daerah tersebut terbuka untuk dikunjungi. Serta apa aja syarat yang harus dipenuhi untuk mengunjungi daerah tersebut.

3. Patuhi Protokol Kesehatan
Meski sedang liburan, penerapan protokol kesehatan pastinya tetap harus dilaksanakan. Di antaranya yaitu selalu memakai masker, rutin mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak dengan orang di sekitar. 

Selain itu, berikut beberapa tips dari saya apabila teman-teman ingin berlibur di masa pandemi.

1. Bersama Keluarga Serumah
Teman-teman bisa tetap liburan dengan aman kok, asalkan perginya hanya bersama dengan keluarga yang tinggal serumah. Sebaiknya tahan diri dulu apabila ada ajakan pergi liburan bersama dengan tetangga, grup arisan, reuni teman sekolah, dan lain-lain.

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi
Hindari bepergian menggunakan kendaraan umum, karena kita enggak tahu kan bagaimana kondisi orang lain yang satu kendaraan bersama kita tersebut. Habis dari mana dan habis bertemu dengan siapa.

Selain itu, kalau saya nih, biasanya bepergian enggak perlu jauh-jauh. Yang dekat aja dengan durasi perjalanan enggak lebih dari 2 jam. Jadi sebelum berangkat sudah salat, buang air, dan makan di rumah. Sehingga enggak perlu berhenti di tengah jalan. Enggak lupa, selalu bekal camilan dan hand sanitizer juga.

3. Pilih Alam Terbuka
Dengan memilih berwisata di ruang terbuka seperti ke kebun, hutan, atau pantai, risiko berkerumun dan melakukan kontak dengan orang lain akan rendah. Kebetulan sejak dulu saya memang lebih senang mengajak anak-anak jalan-jalan menikmati alam.


4. Menggunakan Metoda Pembayaran Cashless
Hindari kontak dengan orang lain dengan cara menggunakan metoda pembayaran cashless. Contohnya ketika membeli bahan bakar kendaraan, membayar tiket masuk tempat wisata, membeli makanan di restoran (take away atau drive thru), dan lain-lain.


5. Menginap di Villa 
Membutuhkan suasana lain dan ingin menginap di tempat baru? Daripada menginap di hotel, lebih baik menginap di vila. Di vila, kita bisa menginap tanpa perlu melakukan kontak dengan pengunjung lain seperti di hotel. Jangan lupa, semprot dulu barang-barangnya dengan disinfektan ya.

Selain lebih aman dari kontak dengan orang lain, menginap di vila juga membuat kita bisa mendapatkan privasi yang lebih baik dan fasilitas yang lebih lengkap. Seperti dapur, sehingga kita bisa memasak makanan sendiri dengan nyaman dan leluasa.

Rekomendasi Villa di Ciater

Nah, bagi teman-teman yang ingin berwisata dan menginap di Ciater, bisa menyewa villa di Ciater melalui https://bookingvillaciater.id/

Berikut beberapa keunggulannnya:
  • Informasi dan reservasi untuk menyewa villa di Ciater bisa dilakukan secara online melalui Whatsapp.
  • Tempatnya strategis. Lokasinya berada dekat dengan wisata pemandian air panas Sariater.
  • Villanya memiliki banyak tipe, baik untuk perorangan maupun rombongan.
  • Harganya pun bervariasi sesuai dengan pilihan tipe villa.
  • Kapasitasnya besar. Villa ini memiliki lahan yang luas dan daya tampung yang banyak yaitu sekitar 200 orang.
  • Fasilitasnya lengkap. Terdapat kolam renang air panas yang besar di dalam villa.
  • Ada diskon spesial untuk hari-hari tertentu.

Semoga tips liburan di masa pandemi dan informasi mengenai villa di Ciater ini bermanfaat ya.

No comments :

Post a Comment