Wednesday, January 20, 2021

Tetap Semangat dan Produktif Belajar dari Rumah Bersama ASUS VivoBook 14 (A416)


Suatu pagi....
"Jav, udah absen?"
"Belum, laptopnya masih loading."

Beberapa jam kemudian....
"Gimana Jav, ada yang enggak ngerti?"
"Videonya juga belum berhasil dibuka!"

Sore harinya....
"Kok ngedit videonya pakai hape?"
"Laptopnya nge-hang lagi. Edit di hape aja!" 

Serba-Serbi PJJ

Akhirnya pemerintah membatalkan belajar tatap muka untuk semester ini. Di Indonesia, dengan keadaan yang serba terbatas, kondisi seperti ini memang terasa serba salah. Tetapi karena lebih mengutamakan kesehatan anak-anak, saya pribadi sangat bersyukur dengan kebijakan ini.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Belajar dari Rumah (BDR), Study from Home (SFH), atau apapun istilahnya, tentu enggak terlepas dari berbagai masalah. Mungkin setiap keluarga mempunyai drama PJJ-nya masing-masing. Begitu pun keluarga kami. Anak yang enggak semangat belajar, adik yang senang mengganggu, plus saya yang enggak sabaran, mewarnai rutinitas PJJ di rumah kami. 


Untungnya, saya enggak sendiri. Yup, yang PJJ kan bukan anak saya saja. Menurut data dari Save the Children, pandemi Covid-19 telah menyebabkan tutupnya 646.000 sekolah di Indonesia dan memberi dampak terhadap lebih dari 60 juta anak. Nah, setelah 9 bulan pandemi dan PJJ, ternyata 40% orang tua menyebutkan motivasi belajar anak semakin berkurang. Hiks....


Wajar ya. Coba deh lihat dari sudut pandang anak-anak. Tujuan mereka ke sekolah selama ini kan sebenarnya untuk bertemu dan bermain bersama teman-temannya, belajar itu cuma bonus, hihihi.... Sampai SMA dan kuliah pun saya juga begitu kok. Semangat ke sekolah dan kampus karena bisa bertemu teman-teman, menari, dan ngeceng, hehehe.... Sekarang harus belajar di rumah, hanya sendiri, ditemani ibu yang galak, laptopnya sering nge-hang pula, jelas lah motivasi anak menurun.

Rasanya melelahkan harus terus menyemangati, sementara anaknya sendiri kadang sudah malas duluan. Akhirnya, saya pun mencoba beberapa tips mendampingi anak saat PJJ

Pertama, dari sisi saya sebagai orang tua, agar anak enggak merasa tertekan selama PJJ.
  • Turunkan ekspektasi. Sekolah sudah berusaha menyederhanakan kurikulum dan mengembangkan metode belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Meski begitu, dari sisi akademis, saya (dan suami) sih enggak berharap banyak. Yang penting anak ada kegiatan dan enggak bengong di rumah. Mumpung PJJ, saya justru ingin menguatkan pendidikan karakter, lifeskill, serta minat dan bakat Jav.
  • Perbanyak sabar. Saya enggak pernah memposisikan diri menjadi guru, tetapi tetap menjadi orang tua yang perannya mengawasi, mengingatkan, dan membantu jika diperlukan. Kalau anak sedang malas, ya sudah. Untuk apa memaksa anak menyelesaikan tugas cepat-cepat, toh batas waktu mengumpulkan tugasnya sampai pukul 9 malam. Biar saja anak belajar dan merasakan sendiri konsekuensinya, bagaimana enggak enaknya mengerjakan tugas dengan energi sisa, hohoho....

Kedua, dari sisi anak agar tetap semangat menjalani PJJ dan enggak kehilangan motivasi belajar.
  • Menyediakan fasilitas. Rumah bukan sekolah. Sebagai orang tua, saya hanya perlu menciptakan atmosfer belajar yang nyaman. Salah satunya yaitu menyediakan sudut belajar yang aman dari gangguan adiknya, lengkap dengan fasilitas pendukung berupa laptop dan smartphone, plus jaringan internet kencang dan camilan favoritnya.
  • Memberikan kebebasan. Di luar jam sekolah, saya memberikan Jav kebebasan untuk melakukan apa saja yang bisa membuat hatinya gembira. Video call bersama teman sekolahnya, mabar Roblox bersama teman komplek, berkreasi di dapur, membuat konten video untuk Youtube, dan lain-lain. Pssst, Jav ini produktif sekali loh membuat konten untuk Youtube, saya saja kalah, heuheu....


Alhamdulillah, dengan lantunan doa dan kalimat motivasi untuk Jav, ditambah menjalankan tips yang tadi, lumayan bisa melandaikan kurva kasus aktif Covid-19 stres ibu dan anak. Cuma masih ada masalah soal laptop nih.

Laptop untuk Pelajar

Sebenarnya, hanya dengan smartphone pun sudah cukup untuk mendukung kegiatan anak selama PJJ. Namun untuk kenyamanan, saya lebih memilih laptop sih. 

Kenapa? Karena dengan menggunakan laptop, anak bisa tatap muka bersama gurunya, menyimak presentasi dan video materi pelajaran, mengerjakan tugas, mencari referensi, membuat gambar, mengedit foto dan video, hingga menikmati hiburan dengan lebih nyaman dan leluasa. Jadi smartphone hanya untuk mendokumentasikan dan mengirim tugas saja.

Sayangnya, laptop bekas saya yang kini digunakan Jav, performanya sudah sangat menurun. Ada garis hitam di layarnya, loading-nya lama, jangankan dipakai untuk mengedit video, membuka materi presentasi dari sekolah pun kadang nge-hang. Pernah tuh temannya sudah mulai mengumpulkan tugas, Jav malah baru mulai mengerjakan karena lama membuka bahan materinya. Pokoknya harus diperlakukan dengan lembut dan sabar banget, karena jika terburu-buru klak klik klak klik, laptopnya suka langsung ngadat, hiks.... 

Saya yakin, insya Allah pandemi ini akan berakhir, tapi entah kapan. Mungkin Jav masih harus menjalani PJJ lebih lama, huhuhu.... Oleh karena itu, saya (dan suami) sedang mempertimbangkan memberi laptop baru untuk mendukung kegiatan PJJ dan hobi Jav. Supaya lebih semangat dan produktif.

Oh iya, membahas tentang laptop baru, selama pandemi ini penjualan laptop mengalami peningkatan loh. Yup, karena PJJ dan Work from Home (WFH), permintaan laptop dunia tahun 2020 tumbuh 12,7% serta menjadi yang tertinggi dalam 10 tahun terakhir.

Nah, kembali ke soal laptop untuk Jav. Selain harga sebagai bahan pertimbangan utama, ada tiga kriteria lain yang menjadi bahan pertimbangan kami dalam memilih laptop.
  • Laptop untuk pelajar itu, pertama, harus ringan dan ringkas. Ukuran 14 inci sepertinya pas, enggak terlalu besar dan enggak terlalu kecil. Adapun beratnya kalau bisa di bawah berat laptop Jav yang sekarang, 2 kg. Karena pelajar kan masih dalam masa pertumbuhan.
  • Kedua, performanya kencang. Enggak perlu sekencang ROG lah, yang penting nyaman digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah serta kuat untuk multitasking dan mendukung hobi. Sudah menggunakan SSD yang waktu load-nya lebih cepat dari HDD.
  • Ketiga, dapat diandalkan untuk PJJ. Sudah dilengkapi dengan kamera dan mikrofon, serta Microsoft Office Pre-Installed.


Banyak maunya ya, hihihi.... Memangnya ada laptop yang seperti itu? Ada dong, dari ASUS. Teman-teman sedang mencari laptop dengan kriteria yang sama seperti di atas? Nih, saya kasih tahu solusinya. 

ASUS VivoBook 14 (A416)

Bulan Desember kemarin, ASUS baru saja memperkenalkan produk terbarunya, VivoBook 14 (A416). Ah, teman-teman pasti tahu VivoBook kan, lini laptop dari ASUS yang diciptakan khusus untuk yang berjiwa muda. 


VivoBook 14 (A416) ini merupakan laptop serba bisa yang dapat digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, wirausahawan, dan lain-lain, termasuk blogger seperti saya. Sesuai dengan tagline-nya Easy Portability, Effortless Productivity, bentuknya ringkas dan memiliki performa yang bisa diandalkan. Tetapi dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai 4 juta rupiah saja.

Ringan dan Ringkas
ASUS VivoBook 14 (A416) merupakan laptop 14 inci dengan bodi yang ringkas dan ringan dibandingkan laptop 14 inci pada umumnya. Bobotnya hanya 1,6 kilogram dan ketebalannya hanya 19,9 mm. Charger-nya pun mungil dan bisa dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas.


Pokoknya nyaman dan mudah untuk dibawa bepergian. Selama PJJ sih bepergiannya di dalam rumah saja. Dari kamar, ke ruang tengah, atau ke teras, hihihi.... Nanti kalau sudah sekolah seperti biasa, baru benar-benar terasa ringannya.

Sebelum pandemi, setiap seminggu sekali, Jav memang biasa membawa laptop ke sekolah. Tetapi perlu diingat nih, sebelum usia anak mencapai 18 tahun, tulangnya masih berada dalam masa pertumbuhan. Agar kesehatan tulang anak enggak terganggu, beban tas yang dibawa anak enggak boleh lebih dari 10% berat badannya. Nah, kalau laptopnya ASUS VivoBook 14 (A416), total berat laptop ditambah catatan harian, alat tulis, bekal snack dan makan siang masih aman lah, enggak akan lebih dari 10% berat badan Jav.

Layar Luas
Mengapa VivoBook 14 (A416) bisa memiliki bodi yang lebih ringkas dan ringan? Tentu saja berkat teknologi eksklusif ASUS NanoEdge Display. Teknologi ini memungkinkan bezel layar pada VivoBook 14 (A416) menjadi sangat tipis, sehingga memiliki screen-to-body ratio hingga 82%. Makanya, meski bentuknya ringkas, Jav bisa tetap belajar dan menikmati konten multimedia di layar yang lega.


Membahas soal layar, VivoBook 14 (A416) juga telah dibekali layar dengan resolusi hingga Full HD (1080 x 1920 pixel). Lebih dari cukup untuk belajar dan bekerja. Dengan resolusi ini, Jav bisa memasukkan dua jendela ukuran penuh di samping satu sama lain. Misalnya ketika dia mengerjakan tugas yang membutuhkan riset, satu jendela untuk Word, dan satu jendela lagi untuk browser. Multitasking jadi lebih nyaman. Foto dan video yang ditampilkan pun lebih tajam dan detail karena titik-titiknya lebih kecil. Mempelajari materi pelajaran berupa foto dan video menjadi lebih menyenangkan.

Layar pada VivoBook 14 (A416) juga memiliki sudut pandang hingga 178 derajat. Dengan sudut pandang yang lebar ini, Jav bisa mendapatkan warna dan kontras yang tepat meski melihat dari berbagai sudut. Baik dari kanan, kiri, atas, atau bawah. Sambil duduk atau (kadang) sambil terngkurap tetap nyaman dan mengurangi kelelahan pada mata.

Selain itu layar tersebut juga sudah dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare). Teknologi ini membantu mengurangi pantulan dari sinar lampu yang terang atau cahaya matahari yang silau. Dengan teknologi ini, Jav dapat belajar dan bekerja dengan nyaman di mana saja, di dalam atau luar ruangan, di kamar atau di teras tanpa perlu repot memiringkan layar ke depan atau ke belakang untuk mencari sudut yang tepat.

Desain Simpel dan Elegan
ASUS VivoBook 14 (A416) memiliki desain sederhana namun elegan dengan logo ASUS yang mewah pada bagian depan cover-nya. Pilihan warnanya pun sesuai dengan gaya hidup masa kini yang serba praktis dan simpel. Yaitu Transparent Silver untuk kesan yang lebih dinamis atau Slate Grey yang lebih kalem.  


Warna keduanya aman digunakan oleh siapa pun, baik tua atau muda, pelajar atau pekerja, laki-laki atau perempuan. Pokoknya cocok untuk semua kalangan. Kalau Jav katanya kepingin yang Slate Grey.

Performa Kencang
ASUS VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Konfigurasi dan kemampuan prosesor tersebut membuat VivoBook 14 (A416) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, berselancar di internet, atau menikmati konten multimedia.


Beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330 yang membantu banget ketika Jav membutuhkan performa grafis ekstra saat membuka aplikasi photo editing, video editing, ataupun game kasual.

Agar dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan, VivoBook 14 (A416) hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memori. VivoBook 14 (A416) telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 12GB.


Sementara untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5 SATA dan M.2 PCIe. Yup, sekarang enggak perlu pusing lagi memilih keunggulan kinerja data supercepat atau kapasitas penyimpanan yang besar, karena ASUS VivoBook 14 (A416) memberikan keduanya. Untuk respons dan waktu load yang lebih cepat, bisa instal aplikasi di SSD. Sedangkan untuk menyimpan file besar seperti film, koleksi musik, dan album foto, bisa menggunakan HDD. Enggak akan ada lagi drama laptop nge-hang, hohoho....

Ergonomis
Untuk kenyamanan dalam mengetik, ASUS VivoBook 14 (A416) dibekali dengan keyboard full-size yang telah dilengkapi dengan backlit. Laptop dengan keyboard ber-backlit tuh ciri laptop mewah loh. Membuat laptop ini tetap dapat digunakan meski dalam kondisi minim cahaya. Bisa dimatikan dan juga bisa diatur cahayanya dengan 3 level tingkat kecerahan.


Keyboard ini didesain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboard-nya memiliki travel distance (tingkat kedalaman pada tuts keyboard ketika ditekan, agar input dapat dikenali dan ditampilkan di layar) sejauh 1,4 mm. Sangat ideal untuk belajar dan bekerja. Travel distance yang kecil membuat Jav enggak perlu menekan tuts keyboard terlalu dalam. Lebih menghemat tenaga dan waktu karena dengan sentuhan kecil pun, input sudah dapat terbaca.

Oh iya, VivoBook 14 (A416) juga dilengkapi dengan ASUS NumberPad. Memudahkan sekali jika tiba waktunya Jav bermain-main dengan angka. Cukup ketuk ikon panel sentuh, maka panel sentuh pun berubah menjadi panel angka yang diterangi LED.


Selain keyboard yang nyaman, beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium tersebut memungkinkan Jav dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, tanpa perlu repot mengetikkan password. Lebih praktis dan cepat.


Microsoft Office Pre-Installed
ASUS telah membekali VivoBook 14 (A416) dengan kamera, speaker, dan microphone, sehingga laptop ini bisa diandalkan sebagai perangkat untuk belajar dan bekerja dari rumah. 

Serta yang enggak kalah penting, laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed, yaitu Microsoft Office Home & Student 2019. Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. Dengan begitu, kami enggak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office. Lumayan banget, hemat 2 juta rupiah.


Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Dapat terus di-update sehingga laptopnya bisa terbebas dari berbagai ancaman celah keamanan dan malware. 

Konektivitas Lengkap
VivoBook 14 (A416) dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas untuk menghubungkan laptop ke berbagai perangkat periferal. Di antaranya yaitu:
  • Port USB-C® 3.2, spesifikasi terbaru dari USB. Merupakan konektor yang dapat dibalik dan dapat memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0.
  • Port USB 3.2 Tipe-A
  • Port USB 2.0
  • Output HDMI, untuk menghubungkan perangkat High Definition dan Ultra High Definition seperti monitor komputer, TV, konsol game, dan lain-lain. Penting nih, untuk olahraga bareng di Zoom, enaknya kan memakai layar yang lebih besar.
  • Combo audio jack, untuk menghubungkan audio output dan microphone. Bisa dipasang jika Jav ingin belajar atau tatap muka dengan lebih khusyuk.
  • MicroSD reader, untuk membaca kartu penyimpanan eksternal.


Adapun di sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1.

Tangguh
ASUS VivoBook 14 (A416) juga memiliki konstruksi yang tangguh. Berbagai bagian pada laptop ini, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya.


Pertama, reinforced chassis, penahan logam di bawah keyboard. Menghasilkan platform yang jauh lebih stabil saat sedang mengetik dan menggunakan touchpad. Selain memberikan kekakuan struktural, penahan ini juga memperkuat engsel dan melindungi komponen internal.

Kedua, reinforced lid. Sisi cover-nya diperkuat dan berfungsi seperti pelindung benturan pada bagian sisi mobil. Sehingga memberikan dukungan struktural untuk cover, layar, dan engsel.

ASUS juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 14 (A416) bernama E-A-R HDD Protection. Dibandingkan dengan SSD, HDD laptop umumnya lebih rentan terhadap kerusakan fisik. Tapi enggak perlu cemas, fitur peredam guncangan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan data yang ada di dalamnya.

Perlindungan hard drive akan aktif secara otomatis ketika mendeteksi guncangan dan getaran di ketiga sumbu, serta secara efektif mengurangi kemungkinan kerusakan HDD. Jadi Jav bisa belajar dan bekerja tanpa rasa khawatir, bahkan ketika misalnya berada dalam kendaraan yang bergerak.

Dukungan MyASUS
Satu lagi kelebihan VivoBook 14 (A416) adalah hadirnya MyASUS, sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, penggunanya dapat melakukan apa saja. Mulai dari memantau status laptop sekaligus melakukan troubleshooting. Yup, MyASUS menyediakan fasilitas untuk memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Bahkan MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.


Selain itu, yang paling menarik dari MyASUS adalah fitur bernama Link to MyASUS. Selama ini Jav mengirim data (tugas) dari smartphone ke laptop menggunakan Google Drive. Nah, dengan fitur Link to MyASUS, memungkinkan Jav untuk menghubungkan smartphone-nya dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih praktis dan produktif. Fitur ini memiliki beberapa fungsi mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop, hingga menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone.

Harga dan Spesifikasi ASUS VivoBook 14 (A416)

ASUS VivoBook 14 (A416) memang diciptakan untuk semua kalangan. Bisa dilihat dari harganya yang bervariasi mulai dari 4 juta sampai 10 juta rupiah, sesuai dengan spesifikasinya. Jadi tinggal pilih saja berdasarkan anggaran dan kebutuhan masing-masing.    


~~~

Referensi:
  • https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/
  • ASUS Press Release: ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop dengan Fitur Modern untuk Semua Kalangan
  • https://suara.com/health/2020/12/16/141248/akibat-pandemi-40-persen-pelajar-indonesia-kehilangan-motivasi-belajar
  • https://cnnindonesia.com/teknologi/20201013090856-185-557712/pasar-laptop-dunia-tumbuh-127-persen-kala-pandemi-covid-19
  • https://kumparan.com/amp/beritaanaksurabaya/lapsus-berapa-beban-maksimal-untuk-tas-anak-1rm6aSqmVpl
  • https://qwords.com/blog/perbedaan-ssd-dan-hdd/

12 comments :

  1. Laptop sekarang udah jadi salah satu benda yang wajib ada di setiap rumah ya, soalnya anak2 sekarang udah belajar online.

    ReplyDelete
  2. Bener banget mbak, laptop sekarang jadi barang penting untuk kita maupun anak. Untuk PJJ, anakku lebih kukasih memakai laptop. Kendala ngehang, lama loading bikin kesal juga. Baru tau nih, Asus Vivobook mulai dari 4jt, bisa nih anggarkan lagi untuk beli laptop ini.

    ReplyDelete
  3. laptop itu senjata utama ya mbak buat konten kreator spt kita
    klo laptopnya se kece ini pasti makin semangat dan produktif bikin konten ya mbak

    ReplyDelete
  4. Laptop memang sangat dibutuhkan selama PJJ. Memang bisa juga akses lewat hp, tapi layar hp terlalu kecil, lebih nyaman pakai laptop. Selama PJJ ini anakku memakai laptopku. Jadi kepikiran juga beli laptop baru buat anak, lebih enak tentunya kalo ada laptop sendiri. ASUS VivoBook 14 ini bisa jadi pilihan.

    ReplyDelete
  5. Ponakanku juga kalau udah PJJ bikin emaknya tandukan Naat hahaha. Dan kalau ngezoom suka numpang di laptopku. Walhasil tiap pagi harus ngatur waktu biar kerjaanku ga terbangkalai karena nunggu giliran. So far sih masih aman. Wiiih 4 jutaan untuk laptop pelajar mah cincai ya. Punyaku juga Asus nih dan udah masuk tahun keempat masih aman dipakai

    ReplyDelete
  6. Aku pengen beli laptop ini nih buat nailah jadi kami nggak rebutan lagi kalau aku ngetik dan dia kudu bikin tugas atau pakai zoom

    ReplyDelete
  7. PJJ itu bikin rempong, yang zoom, yang absensi via online, dan lainnya. Kalau laptopnya gak memadai, asli bikin enek sendiri.

    Jadi pengen nih laptop ASUS Vivobook A14.

    ReplyDelete
  8. Aku setuju banget niih..
    Meski belajar dirumah, tapi anak-anak juga harus tetap semangat dengan mendukungnya menggunakan gadget terbaik.
    In syaa Allah menjadi investasi masa depan dengan ASUS VivoBook 14 A416.

    ReplyDelete
  9. PJJ itu memang sesuatu banget deh. Tapi alhamdulillah sekarang dibawa tenang, biar anak-anak happy. Pengen punya laptop ini deh, bisa buat anak-anak.

    ReplyDelete
  10. Pas banget, nemu info ini pas lagi cari rekomendasi laptop. Laptopku mulai sering nge-hang nih. Rp 4 jutaan masih terjangkau deh... mau ah.

    ReplyDelete
  11. Keren ya ASUS ini
    Jadi pengen ganti laptop juga karena ASUSku sudah susah di-On-kan
    Senoga diijabah

    ReplyDelete
  12. ASUS VivoBook 14 A416 ini salah satu laptop inceranku karena fitur2nya yang mendukung banget untuk kerjaanku yang sekarang lebih banyak analisis data dan content creating. Selain itu juga bisa jadi investasi menarik untuk yang semua kerjaannya dikerjain dari rumah :))

    ReplyDelete