Sunday, December 25, 2022

Menikmati Hidangan Khas Nusantara di Gula Merah

Sumber: Benhard Mevis

Hari Sabtu seminggu yang lalu, rencananya sih kepingin hiking. Tapi karena malamnya habis hujan, terus pagi itu cuacanya lumayan dingin, akhirnya pada mager deh di kasur. Suami dan anak-anak sih, saya mah mendadak ngajar kelas SHiNE Dance Fitness gara-gara lupa matiin jadwal kelas hari itu di aplikasi Strongbee.


Agak siang, baru deh anak-anak ribut ingin jalan-jalan ke luar. Setelah diskusi, diputuskan lah main ke Mall Paris Van Java, ada yang perlu dibeli, juga karena udah lama banget enggak ke sana. Terakhir tuh entah kapan, jauuuh sebelum pandemi. Jarang banget main ke sana. Soalnya lokasinya jauh banget dari rumah, malas juga sama macetnya.

Ternyata asyik juga suasananya, meski buat saya yang bukan anak mall mah ya enggak seru-seru amat, hehehe.... Lumayan lah, Rashya bisa main-main sama hewan-hewan di sana, sempat ngasih makan kelinci juga.

Sebenarnya pas sampai di sana tuh pas banget waktunya makan siang. Jadi sebelum keliling-keliling kami mencari tempat makan dulu, dari lantai dasar sampai lantai paling atas. Enggak nemu yang sreg. Akhirnya justru nemu musala. Ya udah, sekalian salat aja dulu. Enak, musalanya semi terbuka, jadi segar ada angin semriwing-semriwing.

Setelah salat, kami memutuskan untuk makan siang di Justus Steak House, tapi ternyata penuh, waiting listnya pun lumayan. Enggak jadi aja deh.

Kami pun lanjut cari-cari tempat makan di lantai dasar. Terus nemu Gula Merah. Ngintip menunya, isinya makanan khas Nusantara gitu. Banyak banget pilihannya. Ada Soto Betawi, Soto Mie, Empal Gentong, Gado-Gado, Sate, Nasi Goreng, Nasi Bakar, dan lain-lain. Boleh lah dicoba.

Tempat makannya bisa pilih yang indoor atau outdoor di seberangnya. Berhubung yang outdoor tampak panas, kami memilih yang indoor supaya adem ada AC-nya.

Suasananya mewah dan Indonesia banget, dengan dominasi interior meja dan kursi kayu serta aksen lampu gantung klasik. Ketika kami masuk, lumayan sepi. Namun saat sedang menunggu pesanan, langsung ramai. Tiba-tiba hampir semua meja terisi penuh.

Pesanan kami tiba tanpa perlu menunggu terlalu lama. Minuman dulu ya. Yang pertama yaitu Es Kopi Susu. Rasanya ala kopi rumahan. Perpaduan kopi dan susunya pas. Dengan rasa kopi yang cukup kuat dan masih terasa butirannya. Manisnya pun cukup.

Es Jeruk (Rp 22.500) - Es Kopi Gula Merah (Rp 18.000) - Es Kopi Susu (Rp 22.500)

Kalau Es Kopi Gula Merah, enggak pakai susu. Dibanding Es Kopi Susu, saya lebih suka ini. Rasa kopinya sama-sama kuat, namun menjadi lebih legit karena tambahan gula merah.

Adapun Es Jeruk, standar lah ya. Manisnya pas, tapi lebih dominan segar dari jeruknya.

Selanjutnya makanan. Kami memesan Nasi Putih ditambah lauk untuk dimakan bersama-sama. Nasi Putihnya unik, disajikan dengan bentuk seperti tumpeng.

Nasi Putih (Rp 9.900)

Untuk anak-anak, kami memesan Ayam Bakar Gula Merah. Aslinya sih pedas, tapi karena untuk anak-anak bisa request jadi enggak pedas. Rasanya lumayan, bumbunya enak dan meresap.

Ayam Bakar Gula Merah (Rp 38.100)

Saya dan suami memesan Iga Penyet. Bumbu iganya cukup enak dan meresap, disajikan di atas sambal. Sayang, menurut saya dagingnya kurang empuk. Sambalnya nikmat, tapi kurang pedas.

Iga Penyet (Rp 68.200)

Ditambah Tahu dan Tempe Bacem. Rasanya oke, tapi di luar ekspektasi karena warnanya kurang gelap dan rasanya pun kurang manis. Seperti tahu dan tempe goreng biasa aja, bukan bacem.

Tahu Tempe Bacem (Rp 14.000)

Terakhir yaitu Kangkung Terasi. Menurut saya dari semua menu yang kami pesan hari itu, ini yang paling favorit. Kangkungnya segar dan renyah. Banyak tomatnya. Bumbunya pun gurih, segar, dan cukup pedas. Mantap.

Kangkung Terasi (Rp 27.500)

Alhamdulillah, cukup puas makan di sini. Semua ludes sampai sayuran segarnya juga. Rencananya kalau udah makan mau pesan pencuci mulut seperti Es Cendol atau Es Kacang Merah, tapi ternyata kenyang. Porsi nasinya banyak banget. Jangankan pencuci mulut, mau nambah kerupuk aja enggak muat, hihihi....

Apalagi yang menu paket-paket gitu. Ketika cuci tangan dan mengintip meja lain pun, saya liat malah pada enggak habis. Sayang....

Kalau saya cek di akun Instagramnya, selain di PVJ, Gula Merah ini banyak juga cabangnya di Jakarta..

~~~

Gula Merah
Mall Paris Van Java
Jl. Sukajadi No.131-139 Bandung
Instagram: @gulamerahindonesia

1 comment :

  1. Wah saya pernah makan di sini Mba, iga penyetnya emang mantab ini mba.....jadi pingin mampir ke Bandung lagi

    ReplyDelete