Saturday, December 17, 2022

Unlock The Possibilities Bersama ASUS Zenfone 9


Love at First SHiNE

Pernahkah kalian merasa sangat mencintai sesuatu, dan saking cintanya sampai ingin orang lain merasakan hal itu juga?

Saya pernah, ketika mencoba kelas SHiNE Dance Fitness pertama kali. Sebelumnya, saya sudah mencoba berbagai macam format dance fitness. Ada yang workout banget, musiknya cuma jadi backsound, enggak fun. Ada juga yang dance banget, tapi rasanya cape hah heh hoh enggak jelas.

Sedangkan SHiNE Dance Fitness, menurut saya bukan hanya sekadar workout, tapi workout yang menyenangkan. Juga bukan cuma sekadar menari, tapi menari yang efektif melatih otot.

Sebahagia dan secinta itu pada SHiNE Dance Fitness membuat saya tergerak untuk menjadi instruktur SHiNE Dance Fitness satu tahun kemudian, pertama (dan sementara ini satu-satunya) di Indonesia.

Bukan keputusan yang dibuat sesaat, tapi setelah dipikir-pikir ternyata agak nekat ya, heuheu.... Namun demi niat mulia menyebarkan semangat berolahraga dengan cara yang fun, training selama sebulan pun saya jalani dengan senang hati. Tentunya enggak mudah, karena ada perbedaan nilai mata uang, perbedaan zona waktu, perbedaan bahasa, dan lain-lain.

Sayangnya, niat baik belum tentu bisa berjalan dengan mulus. Kenapa? Karena ternyata...

Mengajak orang untuk olahraga itu susah
Bukan kata saya, tapi kata beberapa orang yang lebih berpengalaman dari saya. Inginnya enggak percaya, tapi ya rupanya memang begitu kenyataannya, hehehe....

Kemampuan, sertifikat, dan lisensi enggak dianggap
Sambil membuka kelas online, saya menawarkan diri untuk bekerjasama dengan beberapa studio senam. Di sekitar rumah aja, belum tega meninggalkan anak lama-lama. Namun belum apa-apa sudah ditolak. Boro-boro menampilkan demo, menjelaskan tentang SHiNE Dance Fitness aja enggak sempat, huhuhu....

Kelas SHiNE online

Budaya kompetisi bukan kolaborasi
Ada sih beberapa studio yang mau menerima, namun syaratnya bukan sertifikat dan lisensi, tapi harus mempunyai member sendiri dulu. Padahal saya tuh menganggap bahwa SHiNE Dance Fitness bisa menambah variasi kelas, tapi ternyata malah dianggap sebagai saingan untuk instruktur yang sudah ada sebelumnya. Beda banget sama pengalaman instruktur SHiNE di luar negeri, hiks....

Pastinya hal ini sempat membuat saya super sedih, bahkan rasanya ingin menyerah dan berhenti aja. Untungnya, sedihnya enggak lama-lama, ya naik turun lah, karena ada komunitas SHiNE Instructorhood yang sangat suportif.

Hingga akhirnya ada satu sports club yang tertarik dan bisa melihat bahwa SHiNE Dance Fitness ini otentik. Yeay! Senang banget bisa mengajar secara langsung, di depan cermin yang besar, dan diiringi suara musik yang kencang. Serta yang paling penting, senang sekali bisa menemani teman-teman yang memang membutuhkan SHiNE untuk mendukung kesehatan fisik dan mentalnya.

Kelas SHiNE di The Clover

Sekarang ini, sudah 9 bulan kelas online dan 3 bulan kelas offline-nya berjalan. Langkah yang saya buat masih sangat kecil. Perjalanan masih jauh dan panjang. Di tahun 2023 mendatang, ada beberapa rencana yang ingin saya lakukan agar SHiNE Dance Fitness bisa berkembang di Indonesia.

Senjata utamanya, inginnya sih ASUS Zenfone 9.

Unlock The Possibilities Bersama ASUS Zenfone 9

Pertengahan kuliah sekitar tahun 2004, ketika beberapa ponsel mulai hadir dilengkapi dengan kamera, saya pernah berkata bahwa, "Hape tuh yang penting bisa digunakan untuk telepon dan SMS."

Dulu, saya berpikirnya untuk foto-foto kan ada kamera saku digital. Atau untuk mendengarkan musik kan ada MP3 player. Jadi sama sekali enggak tertarik dengan fitur-fitur lain yang terdapat pada ponsel. Siapa yang menyangka coba bahwa beberapa tahun kemudian, 90% kebutuhan hidup saya justru ada di hape, hihihi....

Sesuai namanya, saat ini smartphone memang semakin canggih dan multifungsi. Bukan hanya digunakan sebagai alat untuk komunikasi, tetapi juga menjadi sumber hiburan, bahkan bisa meningkatkan produktivitas.

Tanpa smartphone, hidup terasa ada yang kurang. Seandainya ketika bepergian harus memilih, ketinggalan dompet atau ketinggalan smartphone, tentu saya lebih memilih ketinggalan dompet, hehehe....


Kehadiran Zenfone 9 yang peluncurannya baru diresmikan ASUS pada tanggal 17 November 2022 yang lalu, membuat saya semakin yakin bahwa smartphone ini bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan hidup saya sehari-hari, tetapi juga bisa membantu saya mengembangkan SHiNE Dance Fitness.

Seri Zenfone ini dirancang dengan sejumlah upgrade signifikan dan fitur-fitur unggulan untuk menghadirkan pengalaman ponsel flagship yang ultra-compact, ultra-stylish, dan ultra-speedy. Ah, siapa sih yang enggak mau....

Lalu bagaimana ASUS Zenfone 9 bisa membantu saya mengembangkan SHiNE Dance Fitness? Ini dia fitur-fitur unggulannya.

Desain Eye Catchy
Katanya sih 'Don't judge a book by its cover'. Tapi da bagaimana, dari segi penampilan, ASUS Zenfone 9 ini memang langsung membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama.


Ada 4 pilihan warna, yaitu MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black. Semuanya memiliki tekstur permukaan yang membuatnya enggak hanya terlihat indah, tapi juga membuat ponsel ini lebih mantap ketika digenggam.

Unlock The Possibilities
Saya sih ngincer yang Sunset Red, sesuai dengan image brand personality SHiNE Dance Fitness yang genuine, playful, authentic, unique, dan confident.

Bentuk Kompak
Dari segi ukuran, Zenfone 9 ini benar-benar ringkas. Dengan ukuran layar 5,9 inci, Zenfone 9 memiliki panjang kurang dari 14,8 cm dan lebar kurang dari 7 cm. Sangat kompak, sehingga bisa digenggam dan dikontrol hanya dengan satu tangan. Disimpan di dalam saku pun muat loh.

Tapi jangan salah, meski dimensinya lebih kecil, Zenfone 9 ini bisa memuat komponen yang lebih besar. Soalnya dirancang dengan angle penempatan yang tepat. Back-cover-nya pun unik, sehingga dapat memaksimalkan volume di bagian dalamnya.

Unlock The Possibilities
Ponsel yang ringkas tentu memudahkan saya yang enggak suka ribet. Apabila bepergian, ponsel tuh lebih sering disimpan di saku, supaya mudah diambilnya. Tapi karena ukurannya yang besar, jadi suka nongol-nongol gitu, khawatir jatuh. Seandainya menggunakan Zenfone 9, saya enggak perlu khawatir lagi. Kan saya suka lari juga nih, untuk meningkatkan endurance. Nah, Zenfone 9 yang mungil ini cukup disimpan di dalam saku. Termasuk di dalam saku legging ketika sedang mengajar SHiNE dan dan ketika lari.


Tangguh di Berbagai Kondisi
Soal ketangguhan, tentunya enggak perlu diragukan, karena Zenfone 9 dilengkapi dengan material berkualitas premium. Mulai dari layar yang diproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus, sehingga membuatnya empat kali lebih antigores dibanding kompetitor dan tetap tangguh saat jatuh dari ketinggian sampai 2 meter. Hingga body-nya yang sudah tersertifikasi IP68, sehingga anti air dan debu.

Unlock The Possibilities
Dengan kegiatan yang aktif begini, risiko ponselnya tergores dan terjatuh memang jadi lebih besar sih. Tapi, kalaupun memang jatuh atau bergesekan dengan barang-barang lain, enggak akan terlalu panik karena Zenfone 9 ini benar-benar tangguh. Oh iya, kalau lagi strength training, supaya otot-ototnya lebih kuat, keringat saya tuh suka banjir dan bercucuran ke mana-mana. Suka khawatir air keringatnya menetes ke ponsel, karena selain untuk memainkan musik, saya juga menggunakan ponsel sebagai timer. Dengan Zenfone 9 yang tahan air, saya bisa lebih leluasa menggunakannya dalam kondisi apapun. Keringat, hujan, debu, aman....



Kontrol Mudah dengan Satu Tangan
Desainnya yang sleek dan clean, diperkuat mid-frame dengan material matte aluminum yang memiliki tombol multifungsi ZenTouch di sisinya, untuk gesture control yang lebih lengkap.

Selain itu, ASUS membekali Zenfone 9 dengan antarmuka ZenUI 9. Performanya lebih cepat dan smooth, lebih pintar, serta tentunya sudah disesuaikan juga untuk memudahkan penggunaan satu tangan. Oh iya, Zenfone 9 juga dilengkapi dengan tool Edge sehingga bisa menemukan aplikasi favorit dengan lebih cepat.

Unlock The Possibilities
Saat sedang berolahraga, kadang ada saatnya juga harus menggunakan ponsel. Dengan Zenfone 9, mengecek notifikasi, memilih lagu, mengatur volume suara, mengecek jarak lari yang sudah ditempuh, memotret pemandangan yang menarik ketika lari, dan lain-lain bisa lebih mudah dan praktis hanya dengan satu tangan.

Performa yang Powerful
Fitur selanjutnya yang sangat penting pasa ponsel setelah desain tentunya adalah performa. Zenfone 9 diperkuat dengan prosesor flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform untuk menghadirkan performa yang lebih smooth dan responsif.

Dibandingkan pendahulunya, all-new Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform ini menawarkan CPU clock speed yang tinggi sampai 3.2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi, namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1. Adapun untuk meminimalisir potensi bottleneck, Zenfone 9 dilengkapi dengan LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage.


Zenfone suka panas? Deuh, ke mana aja, itu mah so last year deh. Walau performanya buas, ponsel ini tetap adem berkat teknologi cooling system yang sudah diperbaharui dengan vapor chamber berteknologi tinggi dan fitur penyebaran panas. Makanya, bisa menghasilkan performa tinggi tanpa kenaikan suhu berlebihan.

Unlock The Possibilities
Meski sedang merasa asyik dengan SHiNE Dance Fitness, peran utama saya tetaplah sebagai ibu, yang juga blogger dan membantu perusahaan keluarga. Maka multitasking enggak bisa dihindarkan. Katanya perempuan memang jago multitasking, makanya perlu didukung juga dengan ponsel yang mumpuni. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 90% kebutuhan hidup saya ada di ponsel. Makanya butuh Zenfone 9 yang bisa diandalkan, enggak suka nge-hang dan enggak panas, supaya hidup lebih damai, hohoho.... Mendengarkan lagu untuk persiapan mengajar, sambil menulis draf blog, sambil bolak-balik cek Instagram buat war perlengkapan bekal sekolah, sambil transfer uang perjalanan dinas untuk pegawai, enggak masalah.

Konektivitas Kencang
Zenfone 9 ini sudah mendukung konektivitas Wi-Fi paling ngebut Wi-Fi 6E untuk menghasilkan konektivitas yang lebih stabil dan lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded. Multiple-antenna setup di dalamnya pun sudah di-upgrade dengan teknologi HyperFusion untuk menyajikan konektivitas simultan antara Wi-Fi dan seluler, sehingga pengguna bisa mendapatkan koneksi dengan sinyal terbaik.

Unlock The Possibilities
Mempelajari video tutorial dan menghadiri pertemuan virtual dengan instruktur SHiNE Dance Fitness dari seluruh penjuru dunia, membutuhkan konektivitas yang baik. Apalagi ketika mengadakan kelas online, konektivitas yang stabil betul-betul saya butuhkan untuk memberikan kesan profesional. Lagipula enggak asyik aja kan kalau sedang seru-serunya olahraga, tau-tau koneksinya putus di tengah jalan. Oh iya, sebagai ibu rumah tangga pun, konektivitas yang kencang sangat penting. Karena zaman sekarang, persaingan semakin berat, harus war dulu untuk mendapatkan sesuatu. Mulai dari peralatan bekal sekolah, roti sehat, SBN, bahkan tiket event lari harus pakai war. Selain jari yang lincah, ya butuh koneksi yang kencang.

Baterai Tahan Lama
Performa terbaik tentu harus didukung dengan baterai yang mumpuni dong ya, supaya penggunaannya bisa lebih memuaskan. Zenfone 9 sudah menggunakan baterai berkapasitas 4300mAh, lebih besar dibandingkan Zenfone 8. Bisa digunakan sepanjang hari, bahkan lebih.


Teman-teman tau ROG Phone 6 kan? Nah, baterai pada Zenfone 9 ini juga sama dengan ROG Phone 6, menggunakan teknologi STP (Specific Tab Process) yang memungkinkan baterai diisi dari middle and out sehingga menurunkan impedansi dan kenaikan suhu selama pengosongan dan pengisian daya, sehingga Zenfone 9 bisa menggunakan adaptor HyperCharger 30W. Dengan begitu, bisa menghasilkan daya baterai yang lebih lama serta pengisian ulang yang lebih cepat.

Unlock The Possibilities
Hidup tanpa ponsel itu rasanya hampa. Apalagi ponsel menjadi senjata utama saya untuk ngeblog dan mengajar SHiNE Dance Fitness. Makanya enak kalau pakai Zenfone 9, enggak perlu sering-sering dicas.

Asyik untuk Gaming
Bagi para penggemar gaming, Zenfone 9 juga bisa diandalkan loh. Karena ponsel ini sudah dibekali aplikasi Game Genie untuk meningkatkan gaming experience. Dashboard Game Genie versi terbaru di ZenUI 9 pun menyajikan pengalaman gaming seperti yang bisa dinikmati pengguna di ponsel gaming ROG Phone 6. Wuih, mantap.

Unlock The Possibilities
Sebenarnya menari dan main-main dengan playlist aja audah membuat saya happy. Menonton drakor juga. Oh iya, sudah menonton Cheer Up? Kalau belum, coba tonton deh, bikin makin semangat berolahraga, hohoho.... Tapi kadang saya juga kangen main game PUBG Mobile, sensasi refreshing-nya beda, memicu adrenalin. Belum berjodoh dengan ROG Phone 6, semoga berjodoh dengan Zenfone 9.

Kamera Sekelas Flagship
Kalau dulu saya merasa kamera di ponsel itu enggak penting, sekarang justru sebaliknya. Kamera menjadi salah satu hal utama yang saya pertimbangankan dalam memilih ponsel.

Cocok lah kalau pakai Zenfone 9. Soalnya ponsel ini memiliki formasi kamera depan dan belakang berkualitas pro dari Sony. Di belakang ada kamera utama 50MP ultra-wide angle dari SONY IMX766 yang diperkuat teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer dan Autofocus untuk pengambilan gambar yang lebih stabil dan bebas guncangan.

Kamera ini mampu merekam video 8K/24fps dengan OIS/EIS. Kamera ini juga mampu merekam foto 16MP dengan light sensitivity yang lebih tinggi menggunakan filter warna Quad Bayer, serta perekaman hingga 50MP pada kondisi terang.

Lalu kamera kedua yaitu 12MP ultra-wide dengan sensor SONY IMX363 yang mendukung fotografi makro dan disertai fitur autofocus. Kamera ini mampu merekam video 4K/60fps dengan EIS dan koreksi distorsi yang real-time. Kamera ini juga mampu merekam foto makro dengan fokus sampai jarak 4cm.


Tau enggak, Zenfone 9 merupakan ponsel pertama yang menggunakan sensor SONY IMX663 yang mampu melakukan autofocus dengan cepat berkat dual PDAF. Kamera depan ini mampu merekam foto hingga 12MP dan video 4K/30fps atau FHD/60fps dengan EIS. Bukan hanya mampu melakukan zoom, pengguna juga bisa melakukan selfie dengan hasil super memuaskan, lebih detail dan lebih tajam.

Dengan formasi kamera selengkap dan secanggih ini, pengguna bisa melakukan perekaman foto dan video dalam mode pro. Jadi pengguna bisa mengatur sendiri setup kameranya. Dengan manual setting, pengguna bisa mengatur focus, ISO, kecepatan shutter, EV, dan white balance, serta perekaman dalam RAW untuk menghasilkan foto maupun video sesuai dengan yang diinginkan.

ASUS juga menyediakan fitur baru Light-trail mode (BETA) yang memungkinkan pengguna menggunakan manual shutter atau melakukan preset shutter time untuk merekam objek bergerak dan menghasilkan efek cahaya yang menarik, seperti lalu lintas malam hari, light graffiti, memotret air terjun, dan sebagainya. Canggih banget ya....

Unlock The Possibilities
Dengan kamera berkualitas pro dari Zenfone 9, foto-foto di Instagram dan blog bakal semakin menarik. Saya juga membutuhlan kamera yang bisa menangkap foto dan mendokumentasikan video saat meski objeknya bergerak dengan cepat. Makanya, dengan Zenfone 9, video promosi cuplikan gerakan SHiNE Dance Fitness pun akan lebih jernih dan mulus. Bahkan, mantap juga digunakan sebagai kamera pengganti webcam saat mengadakan kelas online. Yup, ponsel bisa juga loh digunakan sebagai kamera pengganti webcam. Nanti saya tulis deh caranya di artikel lain.

Audio yang Impresif
Dance is music made visible. Makanya untuk bisa menari sebaik mungkin, tentu kualitas musiknya pun harus maksimal.

Nah, Zenfone 9 solusinya. Ponsel ini enggak hanya memiliki dua speaker linier yang masif dan didukung oleh Qualcomm AqsticTM smart amps, tetapi juga dilengkapi dengan jack audio 3.5 mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru. Bersama dengan sound tuning dari Dirac, Zenfone 9 menyajikan pengalaman audio yang sangat impresif.

Dual speaker pada Zenfone 9 dilapisi dengan Dbass foam ball untuk menghasilkan kedalaman suara yang ekstra. Masing-masing speaker tersebut sudah diperkuat Qualcomm Aqstic WSA8835 amp yang powerful. Dari pengujian, Zenfone 9 mampu memproduksi bass 50% lebih besar dibandingkan kompetitor.

Meski body smartphone ini sangat ramping, speaker-nya tetap maksimal karena ASUS bekerjasama dengan pakar sound dari Swedia di Dirac Research. Melanjutkan kerjasama sejak project ROG Phone 3, para pakar sound di Dirac menggunakan Dirac HD Sound Technologies untuk melakukan koreksi pada impulse dan frequency response, peningkatan bass dan volume, sehingga menghasilkan suara yang lebih kuat, bass yang lebih terasa, dan bebas distorsi.

Penggemar headphone 3.5mm pun bakal dipuaskan dengan output Hi-res Audio yang mampu dihasilkan oleh ponsel ini. Apalagi sudah menggunakan Qualcomm® AqsticTM WCD9385 DAC terbaru, sehingga menghasilkan dynamic range dan low distortion yang luar biasa.

Zenfone 9 juga sudah dilengkapi aplikasi AudioWizard untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas audio pada Zenfone 9. Aplikasi ini bisa diset dengan cepat di quick setting. Antarmukanya menampilkan 10-band equalizer yang mudah diatur serta pilihan audio style: Dynamic, Music, Cinema, dan Game.

Untuk penggunaan gaming pun, speaker bawaan maupun headset ASUS ROG sudah disetting untuk mendukung game mode saat ponsel ini dipakai untuk memainkan game. Mode ini menerapkan penyetelan audio khusus game dalam frekuensi tertentu, sehingga lebih mudah untuk mendengar suara yang penting dalam game, seperti langkah kaki.

Unlock The Possibilities
Audio yang impresif, bukan hanya mendukung untuk bermain game. Sebagai instruktur SHiNE Dance Fitness pun, saya akan merasa terbantu dengan kualitas suara Zenfone 9. Dengan kualitas audio yang optimal, gerakan yang dihasilkan pun bisa lebih detail dan pas dengan beat.

Layar Terakurat
Layar AMOLED 5,9 inci pada Zenfone 9 ini layak disebut layar flagship karena panelnya mampu menghasilkan akurasi warna yang tinggi. Untuk mempertahankan akurasi warna yang tinggi, bahkan di outdoor, panel layar ini memiliki tingkat brightness sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits.

Data multimedia, teks, maupun game, dalam format high resolution, akan tampak luar biasa di layar ini berkat diamond PenTile subpixel matrix dengan resolusi FHD+ (2400x1080) yang bisa memberikan densitas piksel sampai 445 ppi.

Unlock The Possibilities
Rencananya, saya akan mulai mencoba melamar lagi ke tempat yang lebih profesional. Tentunya harus update CV. Dengan Zenfone 9, mengedit CV, infografis untuk blog, atau apapun akan lebih menyenangkan karena warnanya sangat akurat.

Layar Tercepat di Dunia
Kecepatan responnya pun tinggi untuk pengalaman menikmati berbagai konten dengan visual yang lancar dan mulus. Ponsel ini sudah diperkuat refresh rate 120Hz yang ultra-smooth, touch-sampling rate 240Hz, dan response time hanya 1ms. Pengguna akan merasakan pengalaman sekelas ponsel flagship yang lebih besar dan lebih mahal.

Layar pada Zenfone 9 juga sudah menggunakan format 20:9 untuk keseimbangan yang lebih baik antara aktivitas menikmati konten-konten video maupun melakukan browsing internet dan gaming.

Unlock The Possibilities
Fitur refresh rate, touch-sampling rate, dan response time ini sangat penting. Selain untuk bermain game, juga untuk war-war-an.

Nyaman di Mata
Adapun untuk kesehatan mata, layar ini sudah tersertifikasi SGS Eye Care Display, sehingga menghasilkan emisi blue-light yang lebih rendah dan lebih nyaman di mata. Layar ini juga sudah mendukung DC Dimming, Always-on Display, dan menawarkan empat pilihan refresh rate, yaitu 120Hz, 90Hz, 60Hz, atau Auto.

Unlock The Possibilities
Jangan pikir saya mempelajari video tutorial SHiNE Dance Fitness sambil latihan terus-terusan. Capek atuh, nanti overtraining, hihihi.... Jadi mempelajarinya sambil rebahan, kalau sudah hafal, baru deh dicoba sambil latihan sekali aja. Sambil rebahan gitu, suka bikin lupa waktu, tau-tau mata lelah aja. Kalau pakai Zenfone 9, mata tetap terjaga kesehatannya. Maraton menonton drakor pun asyik-asyik aja, mata tetap terasa nyaman.

Harga ASUS Zenfone 9

Zenfone 9 dengan kapasitas penyimpanan 6GB/128GB bisa didapatkan dengan harga Rp7.999.000 dalam empat warna pilihan, yaitu Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue.

Sedangkan, Zenfone 9 dengan kapasitas penyimpanan 8GB/256GB bisa didapatkan dengan harga Rp9.999.000 dalam dua pilihan warna, yaitu Midnight Black dan Moonlight White.

Terakhir, untuk Zenfone 9 dengan kapasitas penyimpanan 16GB/256GB bisa didapat dengan harga Rp11.999.00 dalam satu pilihan warna aja, Midnight Black.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, dan ASUS Online Store.

Spesifikasi ASUS Zenfone 9


~~~

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari

No comments :

Post a Comment