Sunday, May 28, 2023

Smart CCTV Melindungi dari Berbagai Ancaman, Apa Saja?

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/teknologi-pengawasan-kamera-keamanan-cctv-7635126/

Kamera CCTV dikenal memiliki peran penting dalam sistem keamanan untuk menjaga kita dari berbagai ancaman. Tindak kejahatan yang semakin marak dapat ditekan, salah satunya dengan pemasangan kamera pengawas. Pasalnya, pelaku kejahatan dapat menurunkan niatnya saat menyadari adanya kamera pengawas. Sehingga hal tersebut dapat menurunkan angka kejahatan secara signifikan di sebuah wilayah.

Selain itu, pemasangan smart CCTV camera dapat membantu menemukan dan mengenali pelaku tindak kejahatan sehingga membantu petugas kepolisian dalam menemukan lokasi penjahat. Pada pusat bisnis, pemasangan sistem pengawas modern dapat mencegah terjadinya pencurian yang disebabkan pelanggan untuk menghindari adanya kerugian bisnis.

Sekarang ini sudah banyak yang menyadari pentingnya pemasangan smart CCTV. Sehingga tidak hanya di perkantoran, pusat perbelanjaan atau fasilitas umum saja yang dilakukan pemasangan kamera pengawas. Sudah banyak perumahan yang memasang CCTV untuk meningkatkan sistem keamanan di lingkungan sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk menekan tindak kejahatan serta memudahkan pemiliknya untuk melakukan pemantauan aktivitas di rumah ketika sedang bepergian.

Jenis Ancaman Kejahatan yang dapat Dicegah Berkat Adanya CCTV

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/bulat-pengawasan-cctv-pengintaian-7508684/

Tindak kejahatan yang semakin sulit untuk dikendalikan membuat kita harus lebih meningkatkan lagi sistem keamanan untuk melindungi bisnis, aset, atau properti. Pemasangan smart CCTV camera memiliki banyak keuntungan karena dapat melakukan penjagaan selama 24/7.

Bagi pemilik bisnis, smart CCTV tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan keamanan tapi juga untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang proses operasi yang terjadi setiap hari, serta menjaga kinerja dan perilaku karyawan agar tetap terkendali.

Ada beberapa ancaman kesehatan yang dapat dicegah berkat adanya CCTV, antara lain :

1. Pencegahan Tindak Kejahatan dari Luar Lingkungan
Kamera pengawas memiliki fungsi penting sebagai pencegahan yang serius agar tidak terjadi tindak kejahatan. Walaupun tidak serta merta dapat mencegah orang yang akan melakukan kegiatan illegal, setidaknya cukup mempersulit mereka dalam melakukan tindak kejahatan. Sehingga secara tidak langsung dapat menekan tindak kejahatan yang mungkin dapat terjadi di lingkungan bisnis atau perumahan.

2. Memantau Aktivitas
Pemasangan smart CCTV camera pada area bisnis dapat membantu pengusaha untuk memantau aktivitas yang terjadi di tempat kerja atau perusahaan dengan leluasa. Walaupun sedang tidak berada di lokasi, kita tetap bisa mengawasi aktivitas para pekerja. Sehingga pikiran tetap tenang karena memiliki gambaran jelas atas kegiatan yang sedang terjadi di bawah atap bisnis.

Begitu juga dengan pemasangan kamera pengawas di rumah, kita dapat dengan leluasa melakukan pengawasan terhadap asisten rumah tangga atau perawat ketika sedang bepergian. Kita cukup menyambungkan hasil rekaman CCTV dengan ponsel. Sehingga dapat melakukan pengawasan dari mana saja.

3. Mencegah Pencurian Eceran
Pemasangan kamera pengawas dapat menurunkan kemungkinan terjadinya pencurian eceran pada ritel. Pasalnya pencurian eceran memiliki potensi besar untuk sulit terdeteksi.

4. Menghilangkan Klaim Asuransi Palsu
Tidak hanya mencegah tindak kejahatan, smart CCTV juga dapat mencegah pelanggan untuk melakukan klaim palsu terhadap bisnis. Bukti kolektif yang berupa bukti visual dan pendengaran dapat digunakan untuk menghilangkan klaim yang dilempar ke perusahaan.

5. Perlindungan Staf
Kita dapat melakukan mitigasi terhadap klaim palsu pada staf dengan menggunakan kamera CCTV. Sehingga dapat memiliki bukti visual dari realitas situasi yang belum di edit. Hasil rekaman CCTV juga dapat menyediakan catatan pengiriman atau pengunjung yang memasuki gedung, berfungsi untuk melacak petugas dan memastikannya dilakukan dengan benar.

6. Menekan Jumlah Pelanggaran Lalu Lintas
Saat ini, smart CCTV camera juga dimanfaatkan untuk membantu pengawasan lalu lintas di jalan raya. Ada banyak kamera pengawas yang dipasang pada lokasi-lokasi strategis, lampu merah atau lokasi yang rawan kecelakaan. Pemasangan kamera pengawas di lampu merah atau lokasi strategis lainnya tentu bertujuan untuk mendeteksi para pengguna jalan raya yang akan melakukan pelanggaran lalu lintas.

Pasalnya, pengendara yang tidak melintas pada jalan yang benar atau melanggar rambu-rambu lalu lintas dapat membahayakan jiwa pengendara sendiri, bahkan orang lain yang melintas di jalan yang sama. Selain itu dapat menggerakkan pengguna jalan raya agar lebih waspada jika hendak melakukan pelanggaran lalu lintas.

Sedangkan kamera pengawas yang diletakkan pada lokasi yang rawan kecelakaan bermanfaat untuk mendeteksi penyebab utama jika terjadi kecelakaan. Hasil rekaman kamera CCTV akan sangat membantu pihak kepolisian untuk mencari penyebab terjadinya kecelakaan. Tujuannya agar pengguna jalan raya dapat melintas dengan lebih berhati-hati.

CCTV Hikvision AcuSense Melindungi Bisnis dan Properti

Peran smart CCTV camera memang sudah tidak diragukan lagi, berbagai tindak kejahatan menjadi lebih mudah dilacak dengan menggunakan hasil rekaman CCTV. Selain itu, pengawasan terhadap lingkungan kerja atau situasi di sekitar rumah menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dari mana saja. Sistem keamanan yang baik penting sekali untuk diperhatikan untuk menciptakan keamanan serta kenyamanan bagi para penghuninya. Salah satu produk CCTV Hikvision AcuSense bisa menjadi rekomendasi untuk melindungi bisnis maupun properti.

Hikvision AcuSense melengkapi produknya dengan kecerdasan buatan bermesin canggih yang terpasang pada kamera serta perekam video, sehingga dapat memberikan hasil rekaman terbaik. Beberapa keunggulan kamera CCTV Hikvision AcuSense, antara lain :
  • Proses perekaman gambar secara real time
  • Kualitas visual akurat dan cerah
  • Terdapat fitur pengelompokan kategori hasil rekaman berdasarkan event / kejadian agar lebih mudah menemukan file yang dicari
  • Proses konfigurasi dan instalasi yang praktis dan mudah dilakukan sendiri

Tindak kejahatan yang semakin meningkat, membuat kita harus lebih waspada lagi untuk melindungi aset yang ada di lingkungan perusahaan, maupun di rumah. Sehingga sudah selayaknya kita memasang smart CCTV untuk meningkatkan sistem keamanan yang sudah ada. Percayakan pilihan pada kamera CCTV produk Hikvision AcuSense sebagai solusi sistem keamanan.

Berbagai unggulan produk Hikvision AcuSense telah ditawarkan, kita dapat memilih smart CCTV camera sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan kamera pengintai di dalam ruangan tentu akan sangat berbeda dengan penggunaan kamera di luar ruangan. Teman-teman dapat mengetahui secara lengkap produk Hikvision AcuSense di sini.

1 comment :

  1. Soal keamanan di masa sekarang CCTV bisa diandalkan apalagi kalau di pusat perbelanjaan dan pusat kota. Untuk rumah juga penting demi melindungi keamanan dan apabila ada bisa jadi bukti kalau ada kehilangan. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete