Friday, November 10, 2023

Cegah Diabetes Dengan 4 Langkah Ini!


Diabetes dikenal sebagai ibu dari segala penyakit. Masalah kesehatan yang satu ini disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Lonjakan gula darah yang terjadi secara terus-menerus bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin, Jika kondisinya sudah semacam ini, teman-teman mengalami pre diabetes dan lebih besar kemungkinan untuk terkena diabetes melitus. Jadi mulai dari sekarang cegah diabetes agar tidak sampai menyerang teman-teman, apalagi bagi yang sudah mempunyai riwayat keluarga terkena penyakit gula tersebut.

Gula memang penting dijadikan sebagai sumber pembangun energi untuk melakukan rutinitas sehari-hari, namun terlalu banyak gula juga berbahaya karena beresiko menyebabkan diabetes. Pada dasarnya kadar gula darah setiap orang berbeda-beda, hal ini sangat bergantung pada usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, jenis makanan yang dikonsumsi sampai dengan efek samping obat yang dikonsumsi. Hanya saja terkadang memang ada satu pemicu yang dapat membuat jumlah kadar gula dalam darah ini tiba-tiba melonjak, seperti diantaranya adalah makanan dan minuman manis.

Sebenarnya untuk mengetahui apakah seseorang terindikasi punya diabetes melitus atau tidak dapat dilakukan dengan pemeriksaan yaitu tes hemoglobin A1c di laboratorium. Teman-teman bisa mencegah diabetes melitus dengan menerapkan beberapa langkah berikut ini, yaitu:

1. Olahraga secara rutin. Melakukan aktivitas fisik khususnya adalah olahraga memang sangat penting, setidaknya 2,5 jam perminggu dengan tujuan untuk menjaga agar kadar gula darah tetap normal. Apalagi untuk teman-teman yang mempunyai berat badan berlebih, olahraga ini diperlukan untuk membakar kalori dalam tubuh dan membuat insulin tetap mampu bekerja untuk menormalkan gula darah. Teman-teman bisa memilih jenis olahraga yang disukai, sehingga bisa lebih happy atau bahagia untuk menjalankannya, tanpa rasa terpaksa.

2. Memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Apa yang teman-teman makan serta minum nyatanya mempunyai pengaruh yang besar terhadap resiko diabetes melitus. Jadi tidak boleh sembarangan, tujuannya agar kadar gula dalam darah tetap bisa stabil. Sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman mengandung glukosa, termasuk diantaranya adalah nasi putih yang dapat diganti dengan jenis karbohidrat kompleks, perbanyak juga konsumsi serat yang berasal dari sayur dan buah-buahan.

3. Kelola stres. Tentunya teman-teman sendiri sudah sering mendengar bahwa penyakit itu datangnya dari pikiran. Nyatanya hal ini memang benar karena kebanyakan penyakit berasal dari beban pikiran. Apalagi untuk teman-teman yang sekarang ini rutinitasnya memang aktif bekerja, apalagi pada lingkungan yang kurang nyaman, tentunya resiko stres juga makin tinggi bukan. Harus punya management stres yang baik karena pola pikir sangat menentukan kesehatan teman-teman, sering-sering meditasi dengan yoga maupun jalan-jalan.

4. Jaga pola hidup sehat. Seperti diantaranya adalah dengan menghindari rokok serta alkohol. Faktanya memang kebanyakan pasien diabetes melitus ini adalah mereka dengan pola hidup kurang sehat, seperti diantaranya adalah suka merokok maupun mengonsumsi alkohol. Karena kebiasaan-kebiasaan semacam ini memang dapat memicu terjadinya lonjakan gula darah, sehingga resiko komplikasinya juga tinggi.

Selain menerapkan beberapa upaya cegah diabetes tersebut penting juga bagi teman-teman menyiapkan proteksi dengan asuransi kesehatan. Jadi jika seandainya sudah sakit maka tidak perlu khawatir lagi akan mahalnya biaya berobat.

Pilih produk asuransi yang juga dapat mengcover biaya pengobatan penyakit kritis semacam ini, seperti diantaranya adalah dari Allianz. Ingat bahwa sehat itu mahal harganya, pastikan teman-teman mulai mengubah pola hidup menjadi lebih sehat sekarang juga, jangan tunggu sampai penyakit datang menyerang.

No comments :

Post a Comment