Wednesday, January 17, 2024

Kriteria Menjadi Host Live Streaming

host live streaming

Saat ini proses jual beli barang secara online tidak lagi melalui aplikasi seperti tokopedia, shopee, lazada, blibli, atau aplikasi online lainnya, namun sudah melalui media sosial seperti instagram, twitter dan tiktok. Proses jual beli tidak hanya menawarkan barang melalui foto atau video saja, kini mulai marak orang melakukan live streaming untuk menunjukan barang dagangannya.

Tentu saja dibutuhkan orang yang pandai berkomunikasi layaknya sales-sales penjualan barang. Komunikasi yang dilakukan juga harus cepat dan ringkas, karena ada batas waktu setiap kali melakukan siaran. Selain itu, penjual harus mampu membuat siaran tampak menyenangkan agar pembeli tidak bosan dan membalas komen-komen pembeli dengan ramah.

Dengan berkembangnya zaman, proses jual beli melalui online ini juga membutuhkan host live streaming yang handal agar barang dagangan bisa laku keras. Host live streaming memiliki tugas diantaranya, melakukan live streaming secara rutin di sosial media sesuai jadwal, memperkenalkan dan menawarkan produk ke audiens, berinteraksi dengan audiens melalui live streaming, membuat hasil laporan dari live streaming, dan membuat analisa dan perencanaan sesudah dan sebelum live streaming

Tugas-tugas tersebut bisa saja berbeda tergantung dari yang memberikan pekerjaan, baik individu ataupun perusahaan. Misalnya saja ada yang menginginkan host live streaming untuk memberikan pengantar, memandu alur acara, atau berinteraksi dengan penonton melalui komentar atau chat. Ada juga yang host live streaming yang bertugas menghadirkan tamu atau narasumber, memoderasi diskusi, menyampaikan informasi dengan menjaga agar suasana tetap hidup dan menarik.

Kriteria umum yang diajukan pemberi kerja juga tidak sulit, diantaranya:
  1. Minimal lulusan SMA/K sederajat
  2. Usia maksimal 25 -30 tahun (diutamakan wanita)
  3. Berpengalaman menjadi Host streaming min. 1 tahun (diutamakan)
  4. Memiliki komunikasi yang baik untuk menjelaskan sebuah produk
  5. Percaya diri tampil di depan kamera
  6. Bersedia bekerja fleksibel

Lalu berapa gaji untuk posisi Host Live Streaming? Gaji seorang host live streaming dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat popularitas, ukuran audiens, jenis konten yang disajikan, dan negara atau wilayah tempat host tersebut beroperasi. Biasanya gaji host live streaming berkisar Rp 2 juta sampai dengan Rp 5 juta, namun angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena tergantung dari lokasi dan produknya.

Karena pekerjaan ini cukup menjanjikan, maka bagi teman-teman yang tertarik menjadi host live streaming bisa mencari informasi di loker Jakarta online. Lowongan kerja sebagai host live streaming akan banyak teman-teman temukan di loker Jakarta online dengan berbagai variasi gaji dan kriteria yang diinginkan pemberi kerja.

No comments :

Post a Comment