Sunday, January 14, 2024

Potluck Party Menyambut Tahun Baru

potluck

Tahun baru sudah berjalan 2 minggu. Namun kenangan liburan akhir tahun masih membekas di hati. Termasuk salah satunya yaitu momen malam tahun baru.

Menyambut Tahun Baru di Rumah Orang Tua

Sebenarnya kami enggak pernah merayakan tahun baru sih. Hanya aja, karena keesokan harinya tanggal merah, keluarga kami biasanya berkumpul di rumah orang tua. Kadang setelah Magrib, kadang sejak dari sore setelah Asar. Enggak ada kembang api dan enggak sampai pergantian tahun, karena pukul 10 juga sudah bubar, kembali pulang dan tidur di rumah masing-masing, hihihi.... Apalagi malam tahun baru kemarin itu sempat ada gempa juga kan, huhuhu....

Meski di rumah aja, tapi tetap asyik loh. Kegiatannya tentu makan-makan, hohoho.... Selain itu pastinya anak-anak mah bermain bersama ya, sementara yang dewasa biasanya karaokean.

Untuk meramaikan suasana, kami juga membuat permainan khusus untuk anak-anak. Permainannya macam-macam, mulai dari kuis cerdas cermat, tebak gaya, dan lain-lain. Lumayan lah, bisa mengalihkan perhatian anak-anak dari televisi. Supaya anak-anak semakin semangat, ada hadiahnya juga. Hadiahnya snack murah meriah aja, tetapi membuat anak-anak happy.

Ibu saya memberi kuis cerdas cermat untuk cucu-cucunya

Hidangan Potluck Menyambut Tahun Baru

Nah, untuk hidangannya, sistemnya potluck. Sebagai tuan rumah, biasanya ibu saya menyiapkan makan malam lengkap dengan beberapa camilan. Saya dan adik tinggal menambah menu lain. Supaya menunya enggak sama, kami infokan dulu akan membawa apa aja.

Berikut menu potluck keluarga kami sebagai hidangan menyambut tahun baru kemarin. Bukan hidangan mewah, tapi pastinya istimewa dong.

Nasi Kebuli
Supaya enggak bosan makan nasi putih, ibu saya membuat nasi kebuli. Kuliner khas Indonesia yang diadaptasi dari masakan Timur Tengah ini gurih dengan aroma rempah yang kuat tapi tetap terasa ringan di lidah. Bikin kepingin menambah terus, hihihi....


Ayam Panggang
Sebagai pelengkap nasi kebuli, ibu saya membuat ayam panggang. Ayamnya sudah diungkep, jadi sesaat sebelum makan tinggal dipanggang sebentar.

Mi Bakso
Favorit semuanya nih. Mi yang lembut ditambah bakso yang kenyal dan kuah kaldu yang gurih. Semakin nikmat dengan ceker dan kerupuk sebagai pelengkap.


Bolu
Sejak masih aktif bekerja kantoran, ibu saya senang membuat kue. Apalagi sekarang setelah pensiun. Kali ini ibu saya membuat bolu cokelat pandan yang lembut dengan taburan keju parut di atasnya.


Daging Sapi Panggang
Malam tahun baru identik dengan pesta barbeque. Makanya adik saya menyiapkan beef slice yang sudah dimarinasi. Setelah dipanggang, daging yang masih hangat tersebut dibungkus dan dimakan bersama daun selada segar. Tetap sehat dan tentu aja yummy....


Jagung Rebus
Malam tahun baru juga identik dengan jagung bakar. Tapi supaya lebih mudah dikonsumsi oleh anak-anak, adik saya membuat jagung rebus, jadi jagungnya lebih empuk. Untungnya masih dapat kiriman jagung bakar juga dari pengurus DKM.


Sate Sosis
Untuk melengkapi daging sapi panggang, saya menyiapkan sate sosis. Yaitu potongan sosis dan paprika yang sudah dibalur saus barbeque.


Sate Strawberry
Masih persatean nih. Tadi kan versi gurih, sekarang versi manisnya, sate strawberry. Yaitu potongan strawberry dan marshmellow yang disiram saus cokelat.


Buko Pandan
Hidangan penutup khas Filipina ini menjadi andalan saya setiap ada acara. Soalnya membuatnya praktis sih. Tinggal mencampurkan agar, jeli, sari kelapa, biji selasih, dan susu.


Cream Soup
Karena cuaca Bandung sedang dingin, saya juga membuat cream soup. Yang simpel aja dengan isian sosis, jagung, dan wortel, plus topping potongan roti panggang. Alhamdulillah, lezat....


Penutup

Itu dia 10 menu potluck keluarga kami sebagai hidangan menyambut tahun baru kemarin. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman. Kalau saya sih prinsipnya membuat yang praktis-praktis aja, yang penting kan momen kebersamaannya ya.

~~~

Cerita Hidangan Akhir Tahun

22 comments :

  1. Wow banget ini hidangan akhir tahunnya. Luar biasa, terniat sekali buat aneka sate-satean kayak gitu. Anak-anak pasti happy banget ya. Itu nyiapinnya dari siang kayaknya deh ya, jadi malam tinggal eksekusi ya.

    Btw Selamat Tahun Baru 2024
    Semoga makin sehat bahagi di tahun yang baru ini

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget buko pandan teh wkwkwk kalau ada yang bikin langsung tak habisin :D senang ya emang potluck begini mengeratkan saling interaksi

    ReplyDelete
  3. aku tergiur dengan cream soup dan sate strawberry mochi nya, pasti enak :D semoga keluarga kakak tetap sehat dan sejahtera ya. Selamat tahun baru!

    ReplyDelete
  4. Whhoooaaa... hidangannya enak-enak banget ini, aku pun waktu malam bikin Korbeq di rumah tapi hanya keluarga kecil doang sih. Setelah makan malam kami bermain kembang api sebentar, nonton sampai menanti pergantian tahun.

    ReplyDelete
  5. Yang bikin seru emang kumpul-kumpulnya inih. Kumpul kumpul jadi garing kalau ga ada yang dimakan. Menunya juga variatif gitu mba, Menu berat sampai menu camilan kekinian yaa

    ReplyDelete
  6. Momen tahun barunya Nathalia dan keluarga seru banget! Potluck-nya bikin ngiler, dari nasi kebuli sampe sate strawberry, semuanya ada! Keren juga ada permainan khusus buat anak-anak, jadi makin seru. Ngga cuma makanan, tapi suasana kekeluargaannya bener-bener dapet nih. Baca tulisan ini jadi pengen nyobain potluck juga deh, siapa tau bisa serame kayak gini 😄🍲🎉

    ReplyDelete
  7. Wow, menarik sekali nih menu akhir tahun makan2 bareng keluarga :) Segala ada dan dinikmati rame2 itulah berkahnya ya, alhamdulillaah. Potluck kayak gini menjadi solusi terbaik ketika ada acara keluarga sehingga ga ngerepotin empunya rumah. Orang tua makin bahagia nih pastinya :D Pengen comot semua hahahaha :D

    ReplyDelete
  8. Lho...buko pandan itu khas Philipina to mbak...saya pikir asli tradisional salah satu daerah di Indonesia hehee. Btw, acara kumpul2 keluarganya seru mbaaaa...hidanganya banyaaaak dan macem2. Kami sekeluarga malah tidur cepet dan ga kemana2. Keknya pukul 11-an malam uda berangkat tidur deh.

    ReplyDelete
  9. Ya ampunnn ngga berasa ya tahun baru udah lebih dari setengah bulan. Aku juga ngga merayakan tahun baru sih, tapi kalau diajakin ibu bakar ya hayuk aja wwkwk. Biasanya potluck juga, pokoknya ngumpul, guyub. Buko pandannyaaa hmmm bikin ngiler tuh.

    ReplyDelete
  10. Masya Allah!
    Puas banget nih kalau tahun baru bareng Mak Nathalia.
    Semua kulinernya bikin ngiler, euy!

    But, wait, mana ya kira~kira favoritku?
    Bolu dengan taburan keju, sate marsmellow dan nasi kebuli deh kayaknya.

    Btw,
    Potluck party ini biasanya kami lakukan juga dengan keluarga besar AFS di Balikpapan.
    Seru pisan euy, potluck party begini!

    ReplyDelete
  11. Asik tuh lengkap semuanya mulai dari es, rebusan, panggang. Pasti kenyang nih dan hemat kantong karena potluck .

    ReplyDelete
  12. Yaampun ngiler2 banget mbak sama makanannya :D Emang paling seru kumpul sama keluarga sambil makan2 apalagi di momen taun baru :)

    ReplyDelete
  13. masyaallah lezat sekali menu tahun barunya. Acaranya mirip dengan keluargaku yang lebih suka potluck ketika ngumpul. Daripada keluyuran di jalan yang udah pasti macet ya mending kumpul aja di rumah bareng keluarga gini dan ngadain acara seru bersama anak dan ponakan, hehehe.

    ReplyDelete
  14. Seru kalau kumpul makan makan potluck kadang menu ga nyambung tapi tetap enak kenyang

    ReplyDelete
  15. Seru banget acara menyambut tahun barunya, Mbak.. potluck-nya juga yummy semua tuh.. buko pandannya paling menggugah selera kalau menurut saya :D

    ReplyDelete
  16. Dari kesepuluh hidangan itu bakso yg jadi juara favoritnya bagi saya. Haha... Apalagi kalau meracik bumbunya sendiri, wah bakalan dibuat seenak mungkin... Wuih jadi ngiler deh ah ...

    ReplyDelete
  17. Tahun-tahun sebelumnya aku selalu potluck party dengan teman-teman di salah satu rumah mereka. Tahun ini agak berbeda karena harus stand by di rumah aja. Apapun ritualnya, semoga di tahun ini kita bisa jadi pribadi yang lebih baik ya Mak :))

    ReplyDelete
  18. Seru banget mbak merayakan tahun baru sama keluarga besar. Apalagi kalau potluckan gitu bisa dinikmatin bareng2.
    Wah itu kyknya krim soup-nya resepnya bikin penasaran. Roti yang dipakai jenis roti apa ya?

    ReplyDelete
  19. aku baruuu aja potluck-an d i tempat tanteku dan kumpul dnegan keluarga di Jakarta. Seru heart-warming dan seru kalau bisa berkumpul dengan saudara yaa.. sambung silahturahmi dan juga rezeki!

    ReplyDelete
  20. Wah enak - enak semua makananya, jadi ngiler saya. Seneng ya ngumpul gini.

    ReplyDelete
  21. Kemarin cuma bikin bakaran aja mba beli sosis, nuget, dagung slice... tapi yg kumpul keluarganya itu ya... Aku naksir sama baksonya nikmat banget dimakan malam2 sambil lihat kembang api

    ReplyDelete
  22. masyaallah seru sekali mba persiapan potluck party menyambut tahun baru bersama keluarga, kalo aku sekeluarga tahun baru kemarin di rumah aja, tidur, hehehe mungkin karena cuaca lagi sering hujan besar kali ya jadi mager ngapa2in juga btw happy new year ya

    ReplyDelete