Tuesday, February 10, 2015

Ayam Betutu Cep'er, Jaen!

Beberapa waktu yang lalu, saya dan keluarga kebingungan mencari tempat makan siang sepulangnya dari Alam Wisata Cimahi. Tiba-tiba, suami saya teringat pada resto milik temannya yang berada di Jalan Cihanjuang. Menu andalannya katanya ayam betutu. Wah, menarik sekali. Setelah menanyakan lokasi tepatnya, kami pun segera meluncur ke Ruko Citra Cihanjuang.



Tempatnya cukup strategis dan mudah dicari. Karena berada di kompleks ruko, lahan parkirnya juga luas. Resto ini menempati salah satu ruko di bagian depan, di atas toko kue atau roti. Jadi harus naik tangga dulu untuk mencapai ke sana.

Tampak luar
Nyaman, rapi, dan bersih, begitulah kesan pertama yang saya dapatkan ketika tiba di resto tersebut. Desainnya minimalis tapi tetap trendi. Ada sekitar enam set meja dan bangku ala warung yang tersebar di ruangan itu sehingga suasananya terasa lebih santai. Pengunjung dapat memilih duduk di dalam atau duduk di dekat balkon.

Dapur dan kasir
Pilihan menunya pun beragam. Selain ayam betutu, ada varian menu ayam lainnya seperti ayam goreng, ayam kemangi, ayam sambal matah, ayam kuluyuk, dan lain-lain. Untuk yang bosan sama ayam, ada puyuh, soto, dan tomyum juga.

Menu makanan
Menu minuman
Waktu itu, kami memesan nasi uduk ayam betutu, nasi ayam goreng, dan nasi soto bandung. Baru terpikir sekarang, kenapa enggak ada yang pesan puyuh yah? Menyesal deh sekarang, penasaran bagaimana rasanya ….

Ayam betutunya sih enaaak…. Aromanya wangi sekali. Bumbunya mantap dan meresap ke dalam daging yang teksturnya sangat lembut. Saya belum pernah mencoba ayam betutu asli dari Bali, jadi saya enggak tahu apakah rasanya sangat mirip dengan aslinya atau sudah dimodifikasi sesuai lidah orang Sunda. Tapi yang pasti daun jeruk dan serainya melimpah. Harum, gurih, dan pedas. Semakin nikmat dimakan bersama nasi uduknya yang hangat, pulen, dan juga gurih. Delicious! Atau jaen kalau dalam Bahasa Bali :D

Nasi Uduk Ayam Betutu (Rp 16.000)
Nasi Ayam Goreng (Rp 16.000)
Saya juga sempat mencicipi ayam goreng. Enggak kalah enak, lembut, dan gurih. Apalagi dicocol sama sambal yang pedasnya pas.

Setiap pengunjung mendapatkan teh tawar hangat gratis. Cocok sekali untuk meredakan sensasi pedas setelah menyantap ayam betutu. Tetapi, selain itu, saya juga memesan Oreo Blended Cappucino. Manis dan segar. Enggak giung walaupun saya pesannya tanpa es.

Teh tawar hangat, keren ya cangkirnya :D
Oreo Blended Cappucino (Rp 9.000)
Kesimpulannya, resto ini recomended sekali. Bukan hanya karena tempat dan rasanya, tapi juga karena harganya yang cukup terjangkau. Bisa delivery pula. Asyik banget kan? ;)

~~~

Ayam Betutu Cep'er
Ruko Citra Cihanjuang
Jl. Cihanjuang No. 104
Prapatan Jati Cimahi
Buka: setiap hari, 10.00-22.00 WIB

30 comments :

  1. Aaah, aku tahu tempat ini. Sering lewat tapi belum pernah nyoba ayam betutunya. mampir ah kapan2.

    ReplyDelete
  2. aku belum pernah makan ayam betutu,penasan jadinya^^

    ReplyDelete
  3. Hmmm... Nampaknya sedikit berbeda dari ayam betutu biasanya. Di gambar blog ini ayamnya digoreng coklat dengan taburan bumbu, ya?

    Kalau di Bali, ayamnya dikukus kalau tidak salah, jadi warnanya kuning, hehe.. Baik versi berkuah atau yg kering. :D

    ReplyDelete
  4. nah akalu makan ayam betutu sudah pernah di tempat asalnya Bali, tapi kalau yg ini belum pernah, apa rasanya sama ya????

    ReplyDelete
  5. Sambalnya gimana? Pedasnya pas? Enak?

    Oya, Mbak Lia nulis "ayam kemangi"-nya dua kali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, perasaan udah lengkap & rapi, tetap aja ada yg kurang & salah ketik :D
      sambalnya enak mak, pedasnya pas...

      Delete
  6. makanan nya enak, harganya juga ramah di kantong ya Mbak....
    kalau ayam betutu di Bali warnanya kok kuning ya... anakku seneng banget karena ayamnya empuk dan bumbunya meresap.. kalau pas di Bali dulu dia suka bilang "Ma, ayo beli ayam betul-betul" hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ayam betul2 :p
      yang ini digoreng, tp rasanya empuk dan gurih jg :)

      Delete
  7. harganya murah mbak.. disini ada ayam bakar (kata orang2 enak tapi katamu biasa aja) harganya lebih mahal dari ini. itu sambel kemanginya bikin laper lagiiiii

    ReplyDelete
  8. Harganya masih ramah ya... Kelihatannya tempat yg asyik buat makan2... Tp udh lama gak main ke daerah Cimahi lg... *Jadi laper

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg jarang main2 di cimahi, paling ke rumah mertua aja :D

      Delete
  9. duh enak banget sih, murah pula harganya :)

    ReplyDelete
  10. jalan Cihanjuang yang adem dan ngga terlalu rame kendaraan jadi sangat cocok untuk mampir makan siang di Ayam Betutu ini teh da....sip atuh-lah yah.

    ijin ikutin blognya ya ceu.

    ReplyDelete