Monday, February 25, 2019

Tentang Rumah Kedua Saya

qwords

Selain menari, menulis blog merupakan salah satu cara mengekspresikan diri yang dirasa paling nyaman bagi seorang introvert seperti saya. Makanya, blog ini bagaikan rumah kedua. Karena di sinilah saya bisa menyalurkan hobi, menyimpan kenangan, mengungkapkan perasaan, dan berbagi pengalaman. 

Jadi, saya itu mulai menulis di blog sejak tahun 2007. Awalnya menggunakan dua platform sekaligus, blogspot dan wordpress. Yang gratis saja. Karena bingung, saya putuskan untuk mencoba keduanya. Hingga akhirnya beberapa waktu kemudian memilih untuk memakai blogspot.

Alasannya, agar bisa dihias dengan berbagai macam widget yang menarik, hehehe.... Templatenya pun lebih mudah untuk diutak-atik. Bayangkan, saya bisa mengganti template sampai satu minggu sekali. Alasan yang penting sekali kan, hahaha.... Maklum lah ya, waktu itu belum mengerti kalau menambah widget dan menggonta-ganti template ternyata bisa memengaruhi performa blog, hihihi.... 

Sebuah blog, tentunya membutuhkan nama domain. Nama domain adalah alamat dari situs di internet, yaitu alamat dimana pengguna internet dapat mengakses situs tersebut. Untuk nama domain blognya, saya menggunakan alamat sweetdonath. Donath itu panggilan saya dari zaman SD, dan masih terus berlanjut hingga sekarang. Sejarahnya pernah saya ceritakan di tulisan yang berjudul sweetonath ini.

Alhamdulillah, mulai tahun 2013, blog yang tadinya hanya menjadi tempat curhat, ternyata bisa menghasilkan juga. Makanya, saya pun mulai tertarik untuk meng-upgrade domain blog dengan Top Level Domain (TLD), serta mengganti alamatnya dengan nathaliadp. Supaya tampak lebih profesional, hohoho.... Tapi karena masih ragu, enggak jadi terus deh.

Baru di awal tahun 2015, saya merasa mantap untuk menggunakan TLD. TLD adalah segmen terakhir dari nama domain, yaitu huruf yang langsung mengikuti titik akhir di alamat internet. Contohnya seperti .com, .id, dan lain-lain. Jadi enggak ada embel-embel blogspot lagi. Keren kan.

Untuk mewujudkannya, saya memilih Qwords. Qwords adalah perusahaan yang fokus utamanya adalah pelayanan web hosting Indonesia. Yaitu menyediakan layanan penyewaan space untuk meletakkan file website dan akses email di internet. Selain itu, Qwords juga menyediakan layanan registrasi nama domain.

Kenapa Qwords? Pertama, karena saya sudah sering mendengar namanya, dan rasanya hati ini langsung klik. Mungkin begitu yang disebut jodoh. Kedua, karena memiliki kantor di Bandung, selain Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Jadi seandainya ada apa-apa kan dekat. Padahal enggak berpengaruh juga sih, hihihi....

Hasilnya? Memuaskan. Bagi teman-teman yang berencana untuk mengganti domainnya dengan TLD juga, berikut pengalaman positif saya selama 4 tahun menggunakan domain dari Qwords.

Tutorial Lengkap
Salah satu hal yang membuat saya maju mundur untuk menggunakan TLD adalah takut gagal dalam proses setting-nya. Saya kan jarang utak-atik yang begituan. Kalau enggak berhasil, terus terjadi hal yang enggak diinginkan pada blog, bisa hancur hati saya. 

Tapi ternyata, sebagai pelanggan Qwords, saya enggak perlu khawatir, karena semua proses ada Manual Knowledge Base-nya. Semacam tutorial gitu. Jadi enggak perlu mencari-cari lagi tutorial di Google. Semua lengkap sudah tersedia di Qwords. Mulai dari Cara Membuat Akun Qwords, Cara Menghapus Cache dan Cookies, Cara Mengatasi Website yang Terkena Malware, dan lain-lain termasuk Cara Pasang Blogspot dengan Domain Sendiri. Penjelasannya pun mudah untuk dimengerti dan diaplikasikan.

Customer Service 24 Jam
Saat membuka situs Qwords, https://www.qwords.com/, akan muncul kotak untuk bertanya atau berkonsultasi dengan customer service. Jadi kalau bingung atau ada yang enggak dimengerti, bisa langsung chat dengan customer service-nya yang sangat responsif.

Nah, bagi pelanggan Qwords, tersedia juga bantuan dukungan teknis 24 jam melalui Support Ticket. Lebih aman gitu. Jadi, kalau belum menemukan solusi dari Manual Knowledge Base, bisa langsung mengirim tiket ke departemen (technical support, billing support, atau sales support) yang sesuai dengan masalahnya.  

Saat memasang TLD dulu, awalnya saya enggak berhasil. Sudah lebih dari 24 jam, tapi blog saya belum bisa diakses. Panik dong. Padahal saya sudah mengikuti petunjuk seperti yang dijelaskan di tutorial. Melalui support ticket, saya langsung mendapat informasi bahwa terdapat satu kesalahan pada konfigurasi yang saya buat. Siwer nih. Setelah diperbaiki, blog saya pun bisa langsung diakses. Yeay! Enggak sampai 24 jam, hanya sekitar setengah atau satu jam, cepat banget.

qwords

Selanjutnya, ketika mengganti http:// menjadi https:// saya juga mengalami masalah. Blog saya jadi enggak bisa diakses apabila ditulis tanpa www. Setelah diberi arahan oleh staf Qwords melalui support ticket, masalah pun terpecahkan. Alhamdulillah, sangat membantu bagi ibu-ibu yang cukup gaptek ini, hehehe....

Reminder untuk Si Pelupa
Setiap tahun, saya mendapat email mengenai Renewal Domain, yaitu proses perbaruan yang dilakukan setiap tahun atau sebelum berakhirnya masa aktif nama domain dengan cara membayar sejumlah biaya. Enggak tanggung-tanggung, selama belum membayar, pemberitahuan itu dikirim secara berkala, sejak 90 hari, 60 hari, 30 hari, hingga 15 hari sebelum masa aktif habis. Dengan begini, enggak akan ada kejadian domain dihapus dan blog enggak bisa diakses karena lupa melakukan pembayaran untuk perpanjangan nama domain.

qwords

Cara Pembayaran Mudah
Untuk melakukan transaksi di Qwords, cara pembayarannya sangat mudah. Bisa dilakukan melalui transfer rekening bank, kartu kredit, Paypal, Alfamart, GoPay, dan lain-lain. Namun favorit saya sih cara pembayaran menggunakan virtual account. Praktis banget. Tanpa perlu melakukan konfirmasi pembayaran, nama domain saya otomatis langsung diperpanjang.

Harga Bersaing
Kalau soal harga, menurut saya harga di Qwords masih cukup terjangkau. Memang sih ada yang lebih murah. Tapi dengan kepuasan yang saya dapatkan, harga tersebut sebanding lah. Apalagi Qwords juga sering menghadirkan berbagai macam promo. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.


Sekian review Qwords singkat dari saya. Semoga bermanfaat ya bagi teman-teman yang membutuhkan.

48 comments :

  1. Alhamdulillah ya Mba, sekarang sudah punya rumah kedua
    semakin semangat ngeblognya semakin menebar manfaat
    aku belum pernah make qwords, jadi kepo nih apa harus nambah rumah lagi nih saya wakakak

    ReplyDelete
  2. Wah promonya qwords murah banget itu ya? Mudah banget juga cara bayarnya. Cocok tuh buat temen-temen yang pengen pakai TDL

    ReplyDelete
  3. Tos, mba. Aku juga pengguna Qwords nih udah dua tahun. Dan emang user friendly banget, nih. Ga bikin bingung dan iya banyak panduannya. Live chatnya pun udah 24 jam sekarang.

    ReplyDelete
  4. toss, saya pakai qwords juga mba, pengen beli domain lg sih tapi ditunda dulu deh takut ga sempet nulisnya

    ReplyDelete
  5. Wah cukup lama juga ya melakukan aktifitas menulis di blognya. Saya mulai aktif menulis di blog mulai tahun 2012 an. Sama juga, memilih blogspot karena menurutku paling mudah diotak atik oleh orang gaptek seperti saya. Soal gonta ganti template, iya banget, sehari malah bisa diubah-ubah. Sekarang mah, sudah ngerti, ya sudah, jarang bahkan hampir ndak eprnah ganti lagi. Soal domain, saya malah belum bisa ganti .com sendiri, masih dibantu teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata gampang kok mbak, asal ngikutin tutorial dgn teliti ;)

      Delete
  6. Aku belum pernah pakai Qwords, ada opsi bayar bulanna jadi berasa ringan ya Mba?

    ReplyDelete
  7. Waah ternyata sweetdonath punya mba nathalia yaaa
    Aku dulu sering mampir deh...

    ReplyDelete
  8. Banyak juga yang pakai QWord ya. Kayakya emang recommended dan lumayan terjangkau. Minim masalah juga sih. JAdi kepo nih, barangkali pengin bikin domain lagi.

    ReplyDelete
  9. wohooo asik ya dibantu sekali buat jadiin rumah kedua ini bertop level domain. kalau ramah pelayanannya, jadi kerasan perpanjang di sini

    ReplyDelete
  10. Waduh ternyata bener2 recommended yah qwords ini. Jadi penasaran ingin ganti. Enak juga sih ada kantornya langsung di Bandung si qwords ini jadi kalo ada apa2 bisa langsung didatengin. Makasi infonya mbak

    ReplyDelete
  11. Memang kalau membeli suatu jasa dengan pelayanan yang memuaskan, pelanggan akan mau berbagi cerita positif kepada teman-temannya. Seperti saya yang tadinya tidak tahu mengenai QWord sekarang jadi tahu ;)

    ReplyDelete
  12. Sama banget nih dengan aku ya Mb Nath, aku juga puas banget pake Qwords. Pelayanannya oke banget, bikin kita yang gaptek gini enggak merasa minder untuk tanya2. :)

    ReplyDelete
  13. Waaah Qwords ada virtual account ya..mudah banget bayarnya jadinya. Pelayanan juga oke punya ya..Recommended nih

    ReplyDelete
  14. Omg murah banget kak, duh jadi tergoda pengen pindah di qwords 😂😂 kemarin jg sempat kebingungan saat mau pindah domain, alhamdulillah ad tmn bersedia membantu

    ReplyDelete
  15. Kebetulan banget nih aku lagi nyari web hosting dari kemarin bingung mau pilih yang mana karena lagi pada promo semuakan. Untuk ada review tentang Qword ini jadi pengen nyobain ah, lumayan soalnya.

    ReplyDelete
  16. Asyik ya, punya rumah kedua. Sebagai tempat mengeluarkan unek-unek. Dengan Qwords kegiatan negblog jadi lebih seru!

    ReplyDelete
  17. Qwords memang salah satu penyedia web hosting yanh banyak digunakan oleh blogger ya, mba. Dulu aku juga sempat beli domain di qwords.

    ReplyDelete
  18. Nanti kalo punya blog lagi mau nyoba pake Qwords ah i sya Allah. Pi gin aktifin wordpress lagi

    ReplyDelete
  19. Dua rumah maya ku juga pake Qwords mbak Don. Yang 1 udah mau 4 tahun, yang satu yang lg udah mau 3 tahun. Tahun ini mau beli 2 domain lg kyknya. Di Qwords juga

    ReplyDelete
  20. Kantornya QWords ini dulu dekat banget sama rumahku.
    Sayangnya sekarang uda pindah.
    HUhuuu~

    Ini menandakan QWords makin berkembang dan maju.
    Sukses selalu QWords.

    ReplyDelete
  21. Kalo aku yang ngebantuin setting ya suami xixix emang kalo emak2 tuh rempong ya nyetting2.

    ReplyDelete
  22. aku juga pake qwords Teh Nat dikasih tahu suami yang duluan punya web soalnya hahaha

    ReplyDelete
  23. wahh saya mau deh lihat2 hargany.. siapa tahu cocok.. apalagi layanannya oke banget

    ReplyDelete
  24. Kalau mempertimbangkan domain hosting emang satu pelayanan, dua harga. Kalau dapat dua2nya asik banget ya mbak di Qwords :D
    Iya aku jg menganggap blog udah kyk rumah kedua jg nih hehe :D

    ReplyDelete