Thursday, May 20, 2021

Ziarah Religi di Masa Pandemi Bersama TRAC Bus Paket Ziarah

trac bus paket ziarah

Lebaran tahun ini, saya tiba-tiba kangen masa ketika masih kecil dan berkunjung ke Cirebon setelah Idul Fitri.

Lebaran di Indonesia, memang identik dengan ritual mudik ya. Tetapi, meski enggak pandemi, sejak kecil saya sih enggak pernah merasakan yang namanya mudik. Nenek saya, baik ibunya Mamah maupun ibunya Papah, keduanya tinggal di Bandung. Jadi Lebaran ya cuma keliling-keliling di Bandung aja. Enggak punya kampung halaman, hihihi....

Nah, baru beberapa hari setelahnya, kami meluangkan waktu untuk silaturahmi mengunjungi kakek saya (ayahnya Mamah) di Cirebon. Bukan mudik, karena cuma berkunjung sehari aja kok, enggak menginap. Meski cuma setahun sekali, kunjungan-kunjungan tersebut masih membekas di dalam ingatan saya.

Sayangnya, kegiatan tersebut sudah enggak berlanjut, semenjak kakek saya meninggal ketika saya duduk di bangku SMP. Padahal biasanya kami diajak uak, emang, dan bibi keliling kota naik becak, makan empal gentong dan empal asem, mengunjungi pabrik dan memborong sirop tjampolay, juga termasuk ziarah religi.

Yup, Cirebon memang memiliki banyak tempat ziarah religi. Saya sendiri sudah agak lupa sih bagaimana detailnya. Namun beberapa hal yang masih saya ingat sampai sekarang tentang tempat ziarah religi di Cirebon yaitu bangunan-bangunan dengan ciri khas tembok berwarna merah dan hiasan piring di dindingnya. Cantik....

Tempat Ziarah Religi di Cirebon

Bagi teman-teman yang penasaran, berikut sedikit gambaran mengenai beberapa tempat ziarah religi yang terkenal di Cirebon. Saya kumpulkan dari berbagai sumber, sekalian nostalgia.

Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan adalah bangunan yang pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon. Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. Sedangkan halaman depannya dikelilingi tembok berbata merah. Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap. Salah satu isinya yaitu kereta kencana Sunan Gunung Jati.

Sumber: news.detik.com

Keraton Kanoman
Selain Keraton Kasepuhan, peninggalan Kesultanan Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan. Lokasinya berada di belakang pasar Kanoman dan memiliki luas sekitar 6 hektare. Sama seperti hampir semua bangunan bersejarah di Cirebon, terdapat piring-piring porselen asli Tiongkok yang menghiasi dinding-dindingnya.

Sumber: javatravel.net

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah masjid yang berada di Keraton Kasepuhan. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1480 M (ketika Wali Songo menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa) dan merupakan masjid tertua di Cirebon. Yang menarik, pintu utamanya didesain pendek agar pengunjung yang akan beribadah menundukkan badannya saat masuk masjid.

Sumber: travelingyuk.com

Makam Sunan Gunung Jati
Sunan Gunung Jati merupakan salah satu Wali Songo. Makamnya merupakan tempat ziarah religi di Cirebon yang paling ramai dikunjungi. Bangunannya unik karena menggabungkan desain Arab, Cina, dan Jawa.

Sumber: travel.okezone.com

Petilasan Sunan Kalijaga
Pengunjung yang berziarah ke makam Sunan Gunung Jati biasanya melanjutkan perjalanannya ke Petilasan Sunan Kalijaga. Bersama Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga juga menyebarkan agama Islam di Jawa Barat.

Sumber: ramadan.tempo.co

Ziarah Religi di Masa Pandemi

Tempat ziarah religi di Indonesia bukan hanya di Cirebon. Masih banyak dan tersebar di kota-kota lain. Momen Idul Fitri ini pas sekali dijadikan waktu untuk ziarah religi bersama keluarga.

Namun karena saat ini kondisinya sedang pandemi, tentunya ada protokol kesehatan yang harus dilaksanakan secara ketat ketika bepergian. Apalagi ziarah religi keluar kota. Daripada menggunakan kendaraan umum, lebih baik memilih moda transportasi yang aman, contohnya yaitu menyewa kendaraan dari TRAC.

TRAC sudah menerapkan SMART Protocol. Yaitu penyemprotan rutin unit kendaraan dengan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

TRAC Bus Paket Ziarah

Ziarah religi memang paling seru dilakukan secara bersama-sama. Baik dengan keluarga besar maupun teman/tetangga yang tinggal dalam satu lingkungan.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan perjalanan ziarah religi dalam jumlah besar, teman-teman bisa memilih paket perjalanan TRAC Bus Paket Ziarah. Harga sewa bus di TRAC bervariasi, yaitu mulai dari 3,5 juta rupiah. Selain itu, pelayanan yang ditawarkan TRAC juga sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan perjalanan di masa pandemi.

sewa bus

Bersama TRAC Bus Paket Ziarah, teman-teman bisa memilih paket berdasarkan zona. Terdapat beberapa zona ziarah yang bisa dikunjungi. Lengkap deh, di antaranya yaitu:
Zona Religi One Day Trip
  • Ziarah Banten: Masjid Agung Banten, Gunung Santri, Batu Quran (Jakarta - Banten, 16 jam)
  • Ziarah Wali 5: Sunan Bungkul, Sunan Drajat, Sunan Bonang, Sunan Ampel, Sunan Gresik, dan Masjid Tiban Turen (Surabaya - Gresik - Tuban)
Zona Religi Overland
  • Ziarah 9 Wali: Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Kalijaga, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Drajat, Sunan Bonang, Sunan Ampel, Sunan Gresik (Jakarta - Jawa Barat - Jawa Tengah - Jawa Timur)
  • Ziarah 3 Wali: Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Kalijaga (Jakarta - Jawa Barat - Jawa Tengah)
  • Ziarah Panjalu: Cirebon, Panjalu, Pamijahan (Jakarta - Jawa Barat)

Fasilitasnya pun baik, karena:
  • Setiap bus dirawat dengan baik dan interior dibuat senyaman mungkin.
  • Setiap seat dilengkapi dengan sabuk pengaman.
  • Setiap perjalanan di atas 280 km, TRAC menyediakan 2 pengemudi profesional.

TRAC To Go

Teman-teman tertarik untuk melaksanakan ziarah religi bersama TRAC? Langsung saja unduh aplikasi TRAC To Go ya. Aplikasi ini bisa diunduh baik di Google Play Store maupun di Apple Appstore.

trac to go

50 comments :

  1. Mampir lagi ke blog keren ini.. apa kabar mbak?? ohw Mba keturunan cirebon ya.. deket dong sama kampung saya Tegal, kalau pas mudik pasti lewat Cirebon.. cuma semenjak ada tol cipali nggak bisa lewat kotanya...

    ReplyDelete
  2. Wah cirebon wisata religinya sypwr lengkap nih apalagi Dengan adanya paket bus ziarah dari TRAC sangat membantu kita yang suka wisata ziarah karena busnyanlengkap dan penuh kenyamananan

    ReplyDelete
  3. Enak nih sewa kendaraan gak pakai ribet ya mbak cukup pakai aplikasinya aja. Mungkin kalau gak ziarah tapi buat mudik privat bisa juga kali ya hehe
    Belum pernah ke Cirebon, tapi sering lewat kalau mudik ke Sby naik KA, moga nanti bisa mengunjungi Cirebon :D

    ReplyDelete
  4. Benar memnag..Ziarah religi memang paling seru dilakukan secara bersama-sama. Baik dengan keluarga besar maupun teman/tetangga yang tinggal dalam satu lingkungan.Kayak ibu-ibu sekomplekku biasa tiap tahun pergi. Pas nih kalau aku usulin sewa bis paket ziarah di aplikasi TRAC To Go

    ReplyDelete
  5. Ternyata Cirebon tempat nya sunan-sunan ya. Setahuku cuma keraton gitu ๐Ÿ˜ Btw Kalau ziarah 9 wali itu dalam waktu berapa lama ya mom?

    ReplyDelete
  6. Pengen liat interiornya deh.. kalau sewa bus untuk keluarga harus nyaman, biar ga pada protes :)))

    ReplyDelete
  7. Sudah lamaaaa sekali saya nggak pergi rame-rame sewa bus. Jadi inget dulu pas masih kuliah, beberapa kali sewa bus untuk pergi retreat mahasiswa. Tapi zaman itu yaaa...masih masa normal, ga ada mikir prokes segala :D. beda dengan masa sekarang, pilih alat transportasi pun mesti yang mempertimbangkan prokes seperti Trac To Go ini

    ReplyDelete
  8. Kok aku tertarik untuk ikutan yang one day trip ini sih, sepertinya seru ya ikutan wisata religi apalagi dengan trasportasi dari TRAC.

    ReplyDelete
  9. Aku baru tau nih ttg Trac to go yang bisa ada paket2nya gitu. Mau aku rekomendasiin ahh sama suami dan keluarga besar

    ReplyDelete
  10. Indonesia punya beragam jenis wisata, termasuk wisata religi. Biasanya wisata religi ini dilakukan ramai-ramai bareng grup gitu kan ya...Pas mau merencanakan wisata religi ga perlu repot lagi karena bisa langsung hubungi TRAC untuk memesan bis atau mobil yang pastinya kualitas terjamin untuk mengantarkan kita dalam wisata religi

    ReplyDelete
  11. Ternyata, TRAC ini lengkap ya teh ada paketnya juga. Ini oke banget untuk direkomendasiin kalau ada acara keluarga untuk wisata religi. Thanks sharingnya.

    ReplyDelete
  12. zaman kecil juga sering ke Cirebon makan empal gentong teh meni enak pisan :) makan ayam selundreng juga teh enak dulu sih maennya jarang ke tempat ziarah biasa ke Taman Ade Irma

    ReplyDelete
  13. Pernah liat teman ke Cirebon dan mampir ke beberapa tempat ini jadi tambah pengen berkunjung juga

    ReplyDelete
  14. Aku pernah ziarah ke cirebon ini mbaa. Dulu masih kecil banget belum ngerti. Ternyata wisata religi, baru ngeh pas udah gede. Asyik ya pakai Trac, rombongan bisa, seatnya tinggal pilih kapasitasnya yaaa..

    ReplyDelete
  15. Ada paket ziarah menggunakan Trac, jadi membuat hemat perjalanan bareng rombongan. Rekomen sih ini

    ReplyDelete
  16. Saya suka deh liat desain interornya bus trac to go. Sepertinya nyaman banget. Astra memang keren ya inovasinya, seolah mengerti kemauan pasar.

    ReplyDelete
  17. bus bus yang ada di TRAC ini emang bagus mbak
    perumahanku juga klo ada acara ziarah religi, sewa bus nya ya di TRAC

    ReplyDelete
  18. KAlau mau ziarah biasanya bingung dengan lokasi paling praktis sewa bus khusus ya ada paket ziarahnya juga lewat TRAC To Go banyak paket yang bisa dipilih

    ReplyDelete
  19. Walau masa pandemi tetap bisa berziarah dan wisata religi dengan aman dan nyaman ya dengan menyewa kendaraan di Trac To Go

    ReplyDelete
  20. Ternyata banyak wisata religi di Cirebon yah mba, apalagi skrg ad Trac To Go, jd gak perlu repot soal sewa kendara

    ReplyDelete
  21. Sewa kendaraan di trac to go lebih aman ya, walaupun dimasa pandemi ziarah mah tetep kudu dikunjungi ya ...

    ReplyDelete
  22. wisata religi seperti ini memang mendekatkan diri pada sang pencipta ya, dan membuat diri ini lebih banyak bersyukur

    ReplyDelete
  23. Track ini sangat memudahkan banget ya buat kita bisa berwisata keluarga ataupun wisata rame-rame dan apalagi dengan wisata religi ini sangat penting banget

    ReplyDelete
  24. Aku pernah tinggal di Cirebon selama 3 tahun.
    Dan memang kota ini sangat religius sekaligus adatnya juga masih sangat kental.
    Ada banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran bagi anak muda sekarang yaa.. Dengan wisata religi akan menambah khazanah ilmu pengetahuan dan ketakwaan terhadap Allah subhanahu wa ta'ala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TRAC To Go ini semakin simple yaah...
      Alhamdulillah, kini gak perlu pusing lagi kalau ingin keluar kota rombongan dengan prokes yang tetap diterapkan dengan baik.

      Delete
  25. Wah ada ya paket jiarah begini. Kemaren di sini pengajian pada ziarah juga. Coba kali pake TRAC pasti nyaman dan lancar ya

    ReplyDelete
  26. mantap nih , slusi dari Trac, aku yah baru tahu. bisa direkomedasikan ke teman deh, kukira buat perjalanan biasa aja, hehehe

    ReplyDelete
  27. Ziarah religi memang bagus ya mak prospeknya. Bahkan di masa pandemi ziarah religi ga kekurangan peminatnya

    ReplyDelete
  28. Waaah kok keren banget sih, sekarang Trac punya program paket ziarah nya ..
    Jadi gak ribet nih kalau semisalnya mau tour ziarah, nanti aku coba rekomendasikan sama ibu-ibu pengajian sekitar rumah siapa tau ada wacana mau ziarah

    ReplyDelete
  29. Sewa bus untuk wisata religi sekarang lebih mudah ya, Mbak. Apalagi dengan TRAC layanannya terjamin jadi perjalanan pun lebih nyaman.

    ReplyDelete
  30. Memudahkan banget skrg jalan2 dg Trac gini. Dulu gak ngerti ada aplikasi begini jd serba bayar lebih n ada2 aja stuknya.. Musti aku rekomendasiin ke temen nih

    ReplyDelete
  31. Di Cirebon ini banyak banget tempat ziarahnya, ya. Semoga ada kesempatan untuk ziarah di tempat-tempat tersebut.

    Dan transportasinya enggak bingung lagi karena ada TRAC yg jadi solusi.

    ReplyDelete
  32. Ah, kapan ya bisa dolan bareng mba Nathalia
    Apalagi pakai TRAC To Go, semuanya jadi aman perjalanan
    Ziarah religi tak terlupakan sepertinya

    ReplyDelete
  33. wah, pakai Trac jadi mudah ya mau kemana mana, baik liburan maupun ziarah. udah lama enggak pernah kemana -mana kayaknya lebih baik sewa di TRAC aja ya, aman dan enjoy

    ReplyDelete
  34. menjelang hari-hari besar agama biasanya memang banyak ya rombongan melakukan ziarah religi
    senangnya ada TRAC, perjalanan jadi lebih nyaman dan aman

    ReplyDelete
  35. Ini kyknya bakalan disukai sama ibuk2 pengajian nih bisa sewa bus sepraktis ini utk ziarah hehe.
    Bisa juga nih kalau dah gak pandemi sewa hus misal ajakin keluarga besar liburan ke mana gtu ya mbak
    Makasih info sewa bus Trac yo Gonya๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  36. wah kalau pakai trac to go wisata ziarahnya jadi lebih aman ya, mbak karena punya smart protocol

    ReplyDelete
  37. Dan, akupun kangen sama cirebon, disana banyak banget wisata sejarah dan religi yang membuka semua mata termasuk mata batin, makasih sudah sharing

    ReplyDelete
  38. Wisata ziarah di cirebon emang juara ya mbak, asyik banget pasti pergi bareng-bareng keluarga keluarga besar pake bus TRAC.

    ReplyDelete
  39. Dengan TRAC bus paket ziarah, jadi gak bingung lagi ya kalau mau ziarah jauh..
    Alm.ibuku juga orang Cirebon asli, cuma belum sempat keliling daerah Cirebon nih hehehe..

    ReplyDelete
  40. TRAC punya paket ziarah yang lengkap ya mbak, kayaknya kapan-kapan mau ngajak keluarga buat ikutan paket ziarah dari TRAC ini sih. seru kayaknya

    ReplyDelete
  41. iya benar banget mbak
    perumahanku itu klo pergi pergi juga selalu sewa bus di TRAC
    bus nya bagus, skrg dgn adanya aplikasi TRAC To Go ini semakin memudahkan pelanggan untuk menyewa ya mbak

    ReplyDelete
  42. Keren emang Astra ya inovasinya. Mereka seperti bisa melihat peluang. Karena masyarakat kita kan suka dengan wisata religi, macam ziarah ke makam-makam sunan gitu.

    ReplyDelete
  43. saya belum pernah ziarah sampai wali sunan gunung jati. cuma wali limo yg di jawa aja. enak yaa kalau wisata religi bareng2 dan udah ada tour guide nya terus kendaraannya jg nyaman dan bisa sewa aja biar praktis

    ReplyDelete
  44. Aku pengen deh main ke cirebon, masih banyak tempat religi yg bisa dikunjungi. Sekarang udah ada busnya lagi yah buat rame2 pergi

    ReplyDelete
  45. Trac dari dulu selalu mementingkan kenyamanan dan keselamatan penunpang ya mbak. Apalagi di masa pandemi, selalu berinovasi memberikan yang terbaik.

    ReplyDelete
  46. Mba yang orang cirebon siapa dari mama atau bapak ? Aku juga orang cirebon asli nih.. hehehe

    Seneng banget bisa ketemu orang cirebon dan rwview situs budaya dan sejarah disana. Aku sendiri belum buat review tentang ini padahal kampung halamnku sendiri .. heheh

    ReplyDelete
  47. seru banget ya kalau wisata ke tempat2 religi ada paketnya.

    ReplyDelete
  48. ah nyesel banget saat ke cirebon kemarin ngga berkunjung ke leluhur sejarah negeri ini.

    ReplyDelete
  49. Wah kalau rombongan ziarah berangkat dan pulangnya naik Trac Bus, insyaallah anak atau kerabat yang ditinggal pergi buat ziarah gak khawatir, selain nyaman Trac Bus juga aman kan

    ReplyDelete