Wednesday, July 20, 2022

6 Kuliner Khas Surabaya Ini Wajib Dicoba, Dijamin Bikin Ketagihan

Sumber: https://www.traveloka.com/id-id/restaurants/indonesia/detail/sego-sambel-surabaya-iwak-pe-mlati-110788

Surabaya selama ini dikenal sebagai salah satu kota yang menyajikan paket lengkap untuk wisatawan yang berkunjung. Mau tempat wisata, ada. Mau wisata belanja juga terdapat banyak mal. Ingin wisata kuliner, pastinya juga banyak pilihan yang bisa memanjakan wisatawan.

Hal ini jugalah yang membuat Surabaya menjadi salah satu kota favorit wisatawan untuk berkunjung. Maka tak heran, setiap tahunnya banyak orang yang berlibur ke Surabaya, baik menggunakan pesawat terbamg, kereta api, atau pun keliling Surabaya naik mobil rental.

Terlebih, dengan semakin berkembangnya zaman, sewa mobil rental kini semakin mudah karena tersedia secara online, salah satunya adalah melalui Traveloka. Cukup cari dan booking, kamu sudah bisa menggunakan mobil rental untuk keliling Surabaya dan berwisata kuliner.

Nah, berbicara tentang kulinernya yang beraneka ragam, Surabaya memang dikenal sebagai salah satu kota dengan banyaknya makanan yang menggoyang lidah. Terlebih, harganya yang cukup terjangkau juga semakin menambah pesona kuliner khas Surabaya.

Lalu, kuliner khas Surabaya apa saja yang wajib dicoba ketika berkunjung? Berikut rekomendasinya.

Rujak Cingur
Bagi kamu yang gemar berburu kuliner khas daerah di Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan rujak cingur. Ya, makanan ini merupakan salah satu menu khas Jawa Timur yang bisa kamu temukan di Surabaya.

Meski bernama rujak cingur, tetap kuliner satu ini berbeda dari definisi rujak pada umumnya, lho. Rujak cingur terdiri dari potongan cingur atau hidung sapi yang direbus dalam waktu lama, hingga empuk dan kenyal.

Setelah itu, cingur tersebut akan dicampur dengan sayuran rebus dan irisan lontong sebagai pelengkap. Kuliner ini semakin lengkap dengan tambahan campuran bumbu kacang dan petis khas Jawa Timur. Yummy!

Lontong Kupang
Kuliner selanjutnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Surabaya adalah lontong kupang. Meskipun lontong juga ada di daerah lain, tapi lontong kupang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri, lho.

Sebab, lontong ini hadir dengan tambahan kupang atau kerang kecil-kecil yang direbus. Nantinya, lontong kupang disajikan bersama siraman kuah kaldu gurih dan perasan jeruk nipis, serta sambal petis.

Rasanya yang lezat ini juga mampu membuat siapa pun yang memakannya akan jatuh cinta. Sehingga, kamu jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi rasa lezat yang menggoyang lidah ini.

Rawon Setan
Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Surabaya tanpa mencoba rawonnya yang khas. Di Surabaya sendiri terdapat rawon setan yang menjadi ciri khas dari Kota Pahlawan ini.

Walau bernama rawon setan, bukan berarti kamu akan makan bersama makhluk halus, lho. Namun, kuliner satu ini dinamakan rawon setan karena hanya buka pada malam hari saja.

Rawon setan disajikan berupa daging sapi dengan kuah rawon yang menggugah selera. Salah satu warung rawon setan yang terkenal adalah Rawon Setan Mbak Endang, yang merupakan depot rawon setan pertama di Indonesia. Jadi, pastikan kamu untuk mampir ke rawon setan ini, ya.

Tahu Tek
Kuliner lainnya yang juga bisa dicoba saat berkunjung ke Surabaya adalah tahu tek. Dahulu, tahu tek merupakan makanan yang dijual di gerobak dorong.

Saat menjajakan makanannya, para pedagang biasanya memakai alat masak untuk membunyikan suara "tek", agar orang-orang datang membeli. Suara "tek" inilah yang akhirnya membuat kuliner satu ini diberi nama tahu tek.

Tahu tek biasanya disajikan berupa irisan lontong, telur goreng, kentang, dan tahu goreng. Biar lebih nikmat dan menggugah selera, tahu tek disiram bumbu petis dan ulekan kacang tanah, serta dilengkapi kerupuk udang.

Sate Klopo
Jika kamu penggemar satu, makanan satu ini pastinya wajib masuk ke dalam daftar wisata kuliner saat berkunjung ke Surabaya. Adalah sate klopo, kuliner khas Surabaya lainnya yang menjadi favorit wisatawan.

Sate klopo terbuat dari daging sapi yang ditaburi dengan parutan kelapa di atasnya. Sate ini semakin nikmat dengan siraman bumbu kacang yang gurih.

Salah satu warung sate klopo yang bisa kamu kunjungi di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen Ny Asih. Di sini, kamu bisa memilih sate dengan bahan dasar berupa udang, sumsum, daging sapi, dan daging ayam.

Sego Sambel
Terakhir, ada sego sambel yang juga bisa kamu nikmati ketika berwisata kuliner di Surabaya. Sesuai namanya, kuliner satu ini cocok untuk kamu para pecinta makanan pedas.

Sego sambel merupakan kuliner khas Surabaya yang terdiri dari nasi hangat, dan dilengkapi bersama lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala. Sambal inilah yang bisa membuat kamu ketagihan ketika mencicipinya.

Namun, jika kamu tidak suka ikan pari, tak perlu khawatir. Sebab, biasanya ada juga berbagai lauk lainnya yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap sambal yang lezat.

Bagaimana, sudah memutuskan ingin berburu kuliner apa ketika berkunjung ke Surabaya?

No comments :

Post a Comment