Monday, October 30, 2023

Wisata ke Thailand Seru dengan Bayar Tiket Pakai QRIS

Sumber: https://images.pexels.com/photos/17746130/pexels-photo-17746130/free-photo-of-wat-arun-temple-in-bangkok.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1

Kabar gembira, kini QRIS Gopay bisa dipakai di Thailand loh. Teman-teman yang berencana liburan ke Negeri Gajah Putih ini enggak perlu lagi repot menukarkan uang Rupiah ke Baht di money changer atau melakukan tarik tunai di ATM bank-bank Thailand untuk membeli tiket destinasi wisata, belanja oleh-oleh dan kebutuhan selama berlibur di sana.

Sekarang sudah banyak merchant di Bangkok dan kota besar lain di Thailand yang menerima transaksi pembayaran menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Dari mulai tempat wisata, agen tiket wisata, pusat perbelanjaan, mall, supermarket restoran hingga kaki lima. Teman-teman bahkan bisa membayar semangkuk Tom yum atau sepiring Mango Sticky Rice di pinggir jalan Khaosan dan Maha Chai hanya dengan memindai kode QR.

Keuntungan Menggunakan QRIS GoPay di Thailand

Semua kemudahan itu dapat dinikmati wisatawan Indonesia karena layanan QRIS telah terhubung dengan pembayaran lintas negara. Tepatnya sejak Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan Bank of Thailand meluncurkan pembayaran QR antar negara (QR Cross-Border) 29 Agustus 2022 lalu. Hadirnya QR Cross Border ini mendapatkan sambutan yang menggembirakan dari masyarakat Indonesia dan Thailand terutama para pelaku bisnis pariwisata dan wisatawan.

Berdasarkan catatan BI, transaksi QRIS dari pengunjung Indonesia di Thailand sebulan setelah launching QR antar negara sudah mencapai Rp764 juta. Nilai transaksi ini terus meningkat. Antusiasme traveller Indonesia menggunakan QRIS bisa dipahami karena metode pembayaran ini sangat memudahkan terutama saat akan membeli tiket destinasi wisata dan belanja oleh-oleh khas Thailand.

GoPay sebagai aplikasi digital pendukung pembayaran QR Cross Border di Thailand juga memberikan banyak keuntungan, antara lain:

1. Proses Transaksi Lebih Cepat
Destinasi wisata populer di Thailand seperti The Grand Palace, Wat Arun, Madame Tussauds Bangkok umumnya ramai pengunjung. Untuk beli tiket masuknya, teman-teman harus antri panjang.

Nah, untuk menghemat waktu teman-teman bisa gunakan pembayaran tiket dengan menggunakan QRIS agar lebih cepat dan praktis. Teman-teman hanya perlu membuka aplikasi pembayaran GoPay dan melakukan pemindaian kode QR yang terdapat di tempat penjualan tiket wisata tersebut.

2. Enggak Perlu Tukar Baht
Jika dulu teman-teman harus menukarkan segepok uang Rupiah ke mata uang Baht untuk bekal perjalanan ke Thailand, kini sudah enggak perlu seperti itu lagi. Dengan QR Cross Border, teman-teman bisa melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang Rupiah yang akan langsung terkonversi dengan mata uang Baht Thailand. Praktis, bukan?

Teman-teman enggak usah lagi bawa uang cash banyak-banyak, secukupnya saja. Hal ini juga berlaku untuk wisatawan dari Thailand yang berkunjung ke Indonesia. Mereka juga enggak perlu menukarkan mata uangnya yakni Baht ke Rupiah ketika ingin berbelanja di Indonesia, cukup scan kode QR saja.

3. Membayar Lebih Hemat
Menggunakan QR antar negara, teman-teman juga lebih menghemat uang. Saat teman-teman melakukan pembayaran dengan memindai QR code, saldo yang akan terpotong akan menyesuaikan dengan kurs mata uang lokal secara otomatis.

Meskipun memang ada biaya ketika scan barcode, tetapi dijamin fee yang diterapkan lebih murah daripada transaksi menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Bila dibandingkan dengan biaya tarik tunai dari ATM transaksi dengan QR juga jauh lebih hemat.

Cara Pembayaran Transaksi QRIS di Thailand

Sumber: https://images.pexels.com/photos/12935064/pexels-photo-12935064.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1

Bank Indonesia (BI) menginformasikan saat ini sudah ada 8 penyelenggara jasa pembayaran (PJP) yang bergabung melayani transaksi pembayaran di Thailand QRIS. Teman-teman bisa menggunakan aplikasi dari 8 PJP bank dan nonbank yang salah satunya adalah GoPay ini untuk pembayaran segala kebutuhanmu selama berlibur Thailand.

Adanya QRIS di Thailand, pembayaran tiket ke destinasi wisata populer semakin mudah dan praktis. Cara penggunaan juga sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya :
  • Teman-teman memilih aplikasi pembayaran yang memiliki fitur QRIS dan telah bekerja sama seperti GoPay
  • Setelah itu, teman-teman melakukan pindai kode QR yang telah disediakan
  • Masukkan nominal pembayaran dalam mata uang Baht Thailand
  • Selanjutnya lakukan konfirmasi tujuan dan nominal dalam mata uang Rupiah
  • Akhiri dengan memasukkan PIN untuk mengkonfirmasi transaksi
  • Transaksi berhasil dilakukan

Teman-teman enggak perlu menghitung kurs, karena nominal transaksi dengan menggunakan QRIS otomatis terkonversi. Pengguna QRS dari Indonesia langsung bisa mendebit uangnya dalam rupiah, sedangkan merchant Thailand otomatis menerima pembayaran dalam baht. Keduanya sama-sama diuntungkan.

Bayar Tiket Wisata di Thailand Lebih Mudah Pakai QRIS GoPay

Cara pakai QRIS yang praktis dan mudah tentunya membuat aktivitas liburanmu di Thailand semakin seru dan menyenangkan. Sebelum berangkat, pastikan saldo GoPay bisa mengcover kebutuhanmu selama libur. Jika kurang saldonya, segera melakukan top up melalui digibank by DBS. Bukan hanya itu, teman-teman juga dapat melakukan pembayaran apapun dengan sat set dengan digibank QRIS, termasuk membeli tiket pesawat dan tiket wisata.

Menariknya lagi, terdapat banyak keuntungan lain yang bisa teman-teman dapatkan ketika melakukan transaksi dengan menggunakan digibank QRIS, yaitu :
  • Bayar apapun menjadi lebih praktis dan sat set dengan digibank QRIS, salah satunya untuk pembayaran akomodasi liburan di Thailand
  • Menyediakan limit hingga Rp10 juta per transaksi setiap hari yang bisa teman-teman gunakan saat berlibur di Thailand
  • Menawarkan promo menarik di berbagai macam merchant pilihan yang bisa teman-teman manfaatkan untuk menghemat anggaran liburan.

Nah, sekarang teman-teman sudah siap liburan ke Thailand bersama teman-temanmu. Nikmati keindahan alam Suvarnabhumi yang eksotik dan kuliner khasnya yang siap menggoyang lidah. Pastikan teman-teman membeli tiket destinasi wisata dan berbelanja menggunakan QRIS GoPay supaya lebih praktis dan hemat. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk dan layanan digibank by DBS, silakan buka tautan di sini.

No comments :

Post a Comment