Wednesday, June 13, 2018

So Good Cheesy Baked Rice: Masakan Rumah Khas Ramadhan Praktis dan Bergizi

so good masakan rumah khas ramadhan

Puasa tinggal beberapa hari aja nih. Enggak terasa ya, sebentar lagi bulan yang spesial ini akan segera berlalu, hiks.... Bagaimana kabar teman-teman di akhir bulan Ramadhan ini? Sudah mudik dan berkumpul bersama keluarga? Atau masih sibuk bikin kue? Yang pasti, semoga ibadah saum dan ibadah Ramadhan lainnya selalu lancar ya hingga Hari Raya Idul Fitri.

Balada Ibu Menyusui

Saya pun masih semangat dong puasanya. Yup, meski menyusui Rashya, saya juga tetap menjalankan ibadah puasa. Memang sejak tahun lalu--saat masih berada di dalam kandungan, Rashya sudah saya ajak untuk berpuasa. Ketika itu, puasa saya bolong 10 hari. Bukan karena hamil, tapi gara-gara wasir. Enggak elit banget ya, heuheu.... Kalau tahun ini, sampai tulisan ini tayang, puasa saya bolong 7 hari karena haid dan 1 hari karena alerginya kambuh, sesak napas dan sakit kepala seharian. 

Iya, agama Islam memang memberi keringanan bagi ibu hamil dan menyusui untuk enggak berpuasa. Namun apabila saya enggak memanfaatkan keringanan tersebut, bukan berarti karena sombong loh. Awal berpuasa pun niatnya hanya mencoba dulu. Kalau saya enggak kuat atau Rashya rewel, ya pasti berbuka. Berhubung percobaannya lancar, ya sudah deh terus dilanjutkan sampai sekarang.

Apalagi usia Rashya saat mulai puasa kan sudah 9 bulan, sudah mendapatkan MPASI juga. Jadi ada asupan lain selain ASI. Seandainya masih ASI Eksklusif, mungkin saya enggak akan berani puasa. Karena prioritas utama ibu menyusui tentu bayinya. 

Alhamdulillah, Rashya enggak rewel. Saya sendiri merasa lemas sih, tapi ya masih dalam tahap wajar layaknya orang normal yang berpuasa. Enggak sampai berkunang-kunang atau ingin pingsan. Jujur, malah lebih lemas ketika saya enggak puasa saat haid. Apalagi hari-hari haid pertama tuh. Duh, rasanya cuma mau tiduran, enggak sanggup ngapa-ngapain.

Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Namun sebagai ibu menyusui, tentunya enggak boleh sembarang puasa ya. Ada hal-hal yang harus diperhatikan apabila ingin sehat dan ASI tetap lancar.

Saya pernah membaca bahwa puasa enggak akan memengaruhi produksi dan nutrisi ASI. Produksi ASI diatur oleh hormon prolaktin yang bekerja sesuai isapan bayi. Makanya, selama terus menyusui secara rutin, produksi ASI enggak akan berkurang.

Yang perlu diperhatikan adalah risiko dehidrasi. Makanya ibu menyusui yang berpuasa harus sangat memerhatikan asupan cairan. Idealnya ibu menyusui membutuhkan 2,5 liter cairan yang harus dipenuhi sejak waktu berbuka sampai dengan akhir sahur. Tetapi saya sendiri memiliki target untuk minum air putih (enggak termasuk teh, jus, dan lain-lain) minimal 3 liter atau 12 gelas per hari. Takut dehidrasi atau sembelit dan wasir, hehehe.... Awalnya memang terasa berat, tapi lama-lama terbiasa kok. 

asupan cairan menyusui puasa

Adapun tentang nutrisi, komposisi ASI dari ibu menyusui enggak akan berubah atau berkurang kualitasnya. Saat berpuasa, tubuh ibu melakukan mekanisme kompensasi dengan mengambil cadangan zat-zat gizi dari simpanan tubuh. Begitu berbuka, tubuh akan mengganti cadangan zat-zat gizi tersebut. 

Makanya agar tetap fit, ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Istilah kerennya, menu 4 bintang. Yaitu 1 porsi makan terdiri dari karbohidrat, sayur, protein hewani, dan protein nabati. Ditambah buah yang dikonsumsi 20-30 menit sebelum makan.


Masakan Rumah Khas Ramadhan Praktis dan Bergizi untuk Ibu Menyusui

Tantangan terberat saya saat Ramadhan adalah memasak menu untuk sahur. Takut enggak bangun, hehehe.... Ya bayangkan saja, biasanya masih tidur pulas, sekarang harus masak. Masaknya harus bergizi pula. Kadang masaknya pun sambil diselingi kegiatan menyusui. Rasanya deg-deg serrr khawatir masakan belum siap saat waktu sahur tiba.

Untuk menyiasatinya, saya selalu membuat masakan yang simpel untuk menu sahur. Contohnya seperti So Good Cheesy Baked Rice. Bahannya sangat sederhana. Intinya sih memanfaatkan nasi dingin sisa berbuka. Kemudian ditambah bahan-bahan sesuai persediaan yang ada di kulkas.

Membuatnya pun mudah sekali. Enggak perlu ada acara ulek-ulek bumbu atau bungkus-bungkus pakai daun pisang. Tinggal cemplung-cemplung semua bahannya, masukkan ke dalam oven, sudah jadi deh. 

Yang paling penting, walau praktis tetapi tetap sehat karena memenuhi syarat menu gizi seimbang. Selain nasi sebagai sumber karbohidrat, ada wortel untuk sayurnya, jamur sebagai sumber protein nabatinya, serta telur ayam dan So Good Chicken Karage sebagai sumber protein hewaninya.

so good masakan rumah khas ramadhan

So Good ini andalan saya banget. Stoknya harus selalu tersedia di kulkas. Produk siap masak So Good bukan hanya mudah dimasak, tetapi juga halal, higienis, kaya protein, bervariasi, dan enak. Gizinya? Tenang, produk So Good melewati proses pemasakan hingga suhu 170° C selama enggak kurang dari 3 menit. Kemudian langsung dibekukan secara cepat menggunakan teknologi IQF. Makanya kandungan nutrisinya tetap terjaga. 

Resep So Good Cheesy Baked Rice

Berikut resep So Good Cheesy Baked Rice ala saya. 

Bahan:
  • 1 porsi nasi putih
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 bungkus jamur kancing yang sudah diiris dan direbus
  • 1/2 buah wortel yang sudah dipotong dan direbus
  • 3 potong So Good Chicken Karage 
  • 1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • Keju mozarela secukupnya

Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay hingga harum.
  2. Kocok telur ayam bersama garam, merica, dan kaldu bubuk.
  3. Campur nasi, tumisan bawang bombay, wortel, dan jamur.
  4. Masukkan ke dalam wadah tahan panas.
  5. Siram dengan kocokan telur.
  6. Panggang di dalam oven selama 10 menit.
  7. Sambil menunggu, goreng So Good Chicken Karage.
  8. Tambahkan So Good Chicken Karage di atas nasi.
  9. Tutup dengan irisan keju mozarela.
  10. Panggang lagi di dalam oven selama 10 menit.

Hasilnya? Yummy.... Aromanya itu loh, wangi banget. Berhubung bumbunya minimalis dan dicampur dengan wortel dan jamur, maka rasa nasinya juga ringan dan segar. Namun karena dipadukan dengan So Good Chicken Karage, rasanya jadi lebih kaya. Soalnya ayam balut tepung bumbu ala Jepang dari So Good ini rasanya gurih. Teksturnya pun renyah di luar serta lembut di dalam. Apalagi ditambah lelehan keju mozarela, semakin mantap deh. Makan sahur menjadi lebih nikmat, hohoho....

so good masakan rumah khas ramadhan

Teman-teman tertarik mencicipinya? Coba deh bikin, gampang banget kok. Oiya, cerita dong masakan khas Ramadhan di rumah teman-teman. Apakah menggunakan produk So Good juga?

6 comments :

  1. Alhamdulillah bisa puasa nih Bun, klo saya gak puasa karena haid terus sakit jadi bayar fidyah deh btw itu hidangan So good sangat menggugah selera, kreatif banget! 😍

    ReplyDelete
  2. Enak nih .. bayangin bulatan-bulatan cheesse baked ricenya.
    Terimakasih resepnya,kak

    ReplyDelete
  3. huaaa saya jadi ngiler banget ini, enak tuh sepertinya

    ReplyDelete
  4. Waaa, kenapa banyak yang membahas perihal So Good sih yaaa :D

    Duh, jadi ingin nenugget nih :D

    ReplyDelete
  5. Agak mirip-mirip risotto ya teh, yummy banget kelihatannya

    ReplyDelete
  6. Hmm enak dan praktis yah. Coba ah. Ntar aku bagiin jg resep so goodku 😄

    ReplyDelete