Thursday, March 28, 2019

Fun Bersama ASUS ZenFone Max M2


Di suatu malam....

Yeay, anak-anak sudah tidur. Tumben saya enggak ikut ketiduran, jarang-jarang loh, hihihi.... Enaknya ngapain ya? Curhat di blog sudah, blogwalking juga sudah, setrikaan belum ada karena baju kotornya masih sedikit jadi belum dicuci, buka media sosial bosan, nonton TV enggak ada film yang menarik, baca buku lagi enggak mood. Kalau sudah mati gaya begini, paling asyik ya main game.

Tapi, ZenFone Max Pro M1-nya dibawa suami ke Jakarta. Yup, saya mengikhlaskan smartphone limitless gaming itu untuk suami. Dia lebih membutuhkannya daripada saya. Buat main Mobile Legend. 

Cuma... kadang saya juga kepingin kan main game. Kangen main PUBG. Kangen serunya saat adrenalin terpacu, kangen gemasnya ketika gagal di menit-menit awal, juga kangen puasnya bila berhasil makan ayam. Kalau suami lagi di Bandung sih enak, bisa pinjam. Tapi pas suami lagi di luar kota, langsung deh gigit jari. Main di smartphone yang sekarang saya gunakan? Jangankan main PUBG, download aja enggak bisa, sudah penuh, hihihi....

Setelah menghadiri Blogger Gathering ASUS Next Generation Gaming Roadshow 2019 kemarin, maunya sih punya ZenFone Max Pro M2. Tapi setelah dipikir-pikir, untuk entry level gamer seperti saya, sepertinya ZenFone Max M2 sudah lebih dari cukup. Harganya lebih terjangkau, namun memiliki performa yang mumpuni untuk digunakan bermain game dengan nyaman.

ZenFone Max M2 ini memiliki tagline More Performance, More Battery, More Fun. 

Fun untuk Bermain Game

Untuk kepuasan dalam bermain game, ZenFone Max M2 dipersenjatai dengan prosesor terbaru yang kencang tapi hemat energi, yaitu Qualcomm Snapdragon 632. Prosesor ini merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625. Lebih cepat 40% dari generasi sebelumnya, tetapi lebih hemat daya dan memberikan pengalaman bermain game yang lancar dan responsif. Hal ini dibuktikan dengan skor AnTuTu yang jauh lebih besar dari brand kompetitor dengan Qualcomm Snapdragon 625. Jadi enggak ada tuh ceritanya smartphone nge-lag atau nge-hang ketika sedang dipakai bermain game. 

Meski memiliki prosesor yang sudah hemat energi, tenaga ZenFone Max M2 tetap didukung dengan kapasitas baterai yang besar. Baterai pada ZenFone Max M2 yaitu baterai li-polimer 4000mAh. Bisa bertahan hingga 33 hari dalam posisi 4G standby atau 8 jam untuk bermain game non-stop. Wuih.... Dengan begitu, saya enggak perlu khawatir kehabisan baterai saat bermain game. Dengan kebiasaan bermain game hanya 1-2 jam, paling akan menghabiskan baterai beberapa persen saja.

Selain itu, untuk mendukung kenyamanan saat bermain game, ZenFone Max M2 memiliki layar all-screen berukuran 6.3-inci dengan screen to body ratio 88% serta perbandingan 19:9 dan resolusi HD+ 1520 x 720. Dengan kualitas seperti itu, mata akan dimanjakan saat sedang bermain game, karena dapat menikmati tampilan yang lebih besar, lebih bagus, dan lebih detail.

Lalu bagaimana dengan hiburan yang lain? Ya dipakai main game aja mantap, apalagi kalau hanya digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton film, pasti oke banget lah. Ditambah lagi ZenFone Max M2 menggunakan 5 magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP dengan distorsi rendah, sehingga menghasilkan suara yang jernih dan jelas.


Fun untuk Foto-Foto

Selain asyik untuk digunakan bermain game, ZenFone Max M2 juga seru untuk dipakai foto-foto. Jadi enggak perlu memiliki kamera mahal untuk mendapatkan pengalaman fotografi yang luar biasa. ZenFone Max M2 memiliki sistem dual-camera dengan resolusi 13MP dan apertur f/1.8, sehingga dapat mengambil foto yang lebih jelas dan detail pada situasi apapun. Kamera keduanya dapat menghasilkan foto portrait dengan bokeh yang kekinian, yang membuat objek lebih menonjol.

Kamera tersebut dilengkapi dengan Phases Detection Auto Focus yang memastikan fokus yang tajam dan cepat. Cocok nih untuk blogger seperti saya. Soalnya saat menghadiri event kan biasanya saya hanya menggunakan satu ponsel. Dipakai menulis catatan untuk reportase, dipakai memotret narasumber, kadang sekaligus dipakai live tweet juga. Bergantian antara notes, kamera, dan media sosial. Tapi dengan ZenFone Max M2, saya enggak khawatir akan ketinggalan momen. Karena meski kamera enggak selalu standby, saat diperlukan bisa langsung fokus dan menangkap gambar dengan baik. Digunakan untuk mengambil video pun, hasilnya akan berkualitas karena dlengkapi dengan EIS yang membantu video menjadi lebih stabil.

Adapun untuk kamera depannya, ZenFone Max M2 memiliki resolusi 8MP dan apertur f/2. Didukung dengan fitur real time beautification yang dapat menghilangkan jerawat, menyeimbangkan bentuk wajah, mencerahkan warna kulit, dan masih banyak lagi. Langsung tampil cantik secara instan deh, hohoho.... Bukan untuk membohongi diri sendiri loh ya. Karena sayang saja kan, misal ketika foto-foto pas ada jerawat. Jerawatnya cuma nongol 3 hari, tapi terdokumentasi selamanya, hihihi....

Namun, fitur kamera ZenFone Max M2 yang paling membuat saya mupeng adalah AI Scene Detection. Ada 13 tipe scene detection. Contohnya seperti people, food, sunset, sky, dan lain-lain. Jadi saya enggak perlu utak-atik sendiri, karena kameranya akan secara otomatis mendeteksi objek dan mengoptimasi pengaturan fotonya. Keren banget kan. Ini baru namanya ponsel cerdas.


Fun untuk Kegiatan Sehari-hari

Lalu apakah smartphone gaming itu besar dan berat? Enggak dong. ZenFone Max M2 memiliki desain metal body yang memberi kesan premium dan ramping. Tebalnya hanya 7,7 mm. Terdiri dari 3 pilihan warna, hitam, biru, dan silver. Kalau saya sih ingin yang warna hitam, tampak elegan sekaligus misterius, hehehe.... Beraktivitas sambil menenteng smartphone ini dapat mendukung penampilan menjadi semakin stylish.

Oiya, untuk akses yang cepat, selain sensor fingerprint di bagian belakang yang dapat mengaktifkan ponsel hanya dalam waktu 0,3 detik, ZenFone Max M2 juga memiliki sistem pengenalan wajah. Ini pun merupakan fitur favorit saya. Soalnya membuka smartphone menjadi sangat praktis. Cocok banget untuk emak-emak rempong yang hobi mengabadikan tumbuh kembang anak seperti saya. Coba bayangkan, anak-anak itu kan cepat sekali berubahnya. Lagi asyik main air, beberapa detik kemudian sudah memanjat tangga toren. Atau lagi asyik bercanda sama kakaknya, beberapa detik kemudian sudah menangis karena berebut mainan. Kalau enggak gesit dan buka ponselnya lama karena harus memasukkan pin dulu, bisa kehilangan momen deh.

Kemudian, yang enggak kalah penting, dalam hal koneksi dan penyimpanan data, ZenFone Max M2 hadir dengan TripleSlot. Yaitu 2 slot SIM Card yang mendukung 4G LTE dengan kecepatan lebih dari 300Mbps dan 1 slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan data hingga 2TB. Wow, mantul.... 

Terakhir, ZenFone Max M2 menggunakan sistem operasi pure Android Oreo 8.0. Dengan begini, bukan hanya membuat bermain game menjadi lebih ringan, segala pekerjaan pun bisa selesai lebih cepat. Penting nih untuk saya yang sering multitasking. Menulis blog, sambil riset, sambil mengedit foto, sambil belanja online, eh, hihihi....


Tuh, enggak salah kan pilihan saya. Spesifikasi ZenFone Max M2 ini memang yahud. Tapi bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Yaitu Rp 1.999.000 (3GB/32GB) dan Rp 2.399.000 (4GB/64GB).


11 comments :

  1. Saya juga suka hp yang ramping, ga makan tempat klo disakuin atau ga dimasukin ke dompet

    ReplyDelete
  2. Wah bagus banget nih ya Asus Zenfone Max M2 ini. Cocok buat yang suka game juga

    ReplyDelete
  3. Wah keren banget spesifikasinya. Baterainya juga tahan lama

    ReplyDelete
  4. Habis baca artikelnya, jadi pingin main mobile legend lagi nih. Padahal udah lama nggak main hehe

    ReplyDelete
  5. Keren banget ya spesifikasinya Asus Zenfone Max M2, handphonenya juga ramping sukaaa

    ReplyDelete
  6. Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih

    ReplyDelete
  7. wah murah banget

    ngga hanya untuk gaming, fitur kameranya juga kerennn

    #kabita

    ReplyDelete
  8. Jadi HP yang dipake para blogger kudu siap digusur multitasking ya, Lia hahaha. Coba kalau orang udah protes karena cape mikir. Nah, kalau hpnya bisa multitasking gini, aku kan ga usah sering-sering bawa kamera ke event. Lebih ringkas, simpel tapi hasilnya tetep memuaskan. Duh, aku kok jadi pengen install game lagi di hp nih.

    ReplyDelete
  9. Aku suka banget main game di HP. Asyik kayaknya pake Asus Zenfon ini

    ReplyDelete
  10. Puas banget kemarin nyobain selfie dan foto-fotoan pake Zenfone. Pertama kalinya nyoba. Hasilnya baguuuus!

    ReplyDelete