Wednesday, September 14, 2022

Kreasi Resep Tiga Sapi - Es Bongko

Kreasi Resep Tiga Sapi Es Bongko

Kekayaan Kuliner Minuman Khas Indonesia

Hal yang membuat saya bangga menjadi bangsa Indonesia, selain karena kekayaan alam dan budayanya, juga karena kekayaan kulinernya. Bayangkan deh, bukan hanya makanan loh, minuman pun semua daerah memiliki minuman khasnya masing-masing.

Contohnya seperti Es Cendol, Es Kolak, Es Doger, Es Podeng, Es Selendang Mayang, Es Dawet, Es Pisang Ijo, Es Kacang Merah, Es Bongko, dan lain-lain. Sebagai penggemar kuliner Indonesia, saya suka semuanya dong, hehehe....

Sebagian besar minuman khas Indonesia tersebut memang menggunakan santan sebagai bahan utama pada kuahnya. Pantas saja jika rasanya enak dan segar. Perpaduan antara gurih dan manis.

Kemarin, tiba-tiba saya kepingin Es Bongko. Saya tuh memang hobi kulineran. Untungnya, selain beli, masih suka juga bikin sendiri. Tapi, enggak suka bikin yang ribet-ribet, hihihi.... Makanya saya pun akhirnya membuat Kreasi Resep Tiga Sapi - Es Bongko versi simpel ala saya.

Tentang Es Bongko

Es Bongko merupakan minuman khas dari Pontianak. Alhamdulillah ya, meski saya belum pernah ke Pontianak, tapi pernah mencicipi segarnya Es Bongko. Terima kasih pada akun jasa titip, hohoho....

Bahan utama Es Bongko ini terbuat dari tepung hunkwe yang dicampur dengan jus daun pandan. Makanya teksturnya lembut memanjakan lidah dengan aroma pandan yang kuat memanjakan hidung. Adapun kuahnya dibuat dari campuran santan dan gula merah. Serta diberi pelengkap sagu mutiara dan potongan buah nangka.

Kreasi Resep Tiga Sapi - Es Bongko versi Simpel ala Nathalia

Nah, kalau Kreasi Resep Tiga Sapi - Es Bongko versi simpel ini, saya skip jus daun pandannya, diganti dengan pasta pandan. Begitu juga dengan santan dan gula merah. Saya skip, diganti dengan susu evaporasi dan kental manis menggunakan produk Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis. Jadi tinggal dicampur saja, enggak perlu dimasak seperti santan. Jauh lebih praktis.

Penasaran? Ini dia Kreasi Resep Tiga Sapi - Es Bongko selengkapnya.

Bahan:

Tiga Sapi Kental Manis

Cara Membuat:
  1. Bongko: Campur tepung hunkwe, santan, air, gula pasir, dam garam. Masak hingga meletup. Dinginkan. Potong kotak.
  2. Kuah: Campur Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis.
  3. Masukkan bongko, nangka, dan sagu mutiara dalam wadah.
  4. Tuangkan kuah.
  5. Sajikan dalam keadaan dingin.

Es Bongko

Boleh loh kalau ingin ditambah es batu. Kalau saya sig enggak, lebih suka susunya aja yang disimpan di dalam kulkas. Jadi sudah otomatis dingin ketika disajikan.

Hasilnya? Wuih, segar.... Langsung ludes dilahap suami dan anak-anak. Bisa bagi-bagi buat orang tua dan adik juga. Bongkonya lembut, berpadu dengan mutiara yang kenyal dan nangka yang renyah. Meski tanpa santan dan gula merah, kuah susunya terasa creamy, gurih, manis, dan segar memanjakan lidah. Enggak salah saya memilih Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis sebagai bahan untuk membuat kuahnya. 

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Perbedaan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Kenapa sih saya memilih Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis? Sebelum saya ceritakan, saya mau tanya dulu nih, teman-teman sudah tahu belum apa perbedaan antara evaporasi, kental manis, dan susu biasa?

Buat teman-teman yang belum tahu, jadi Tiga Sapi Kental Manis itu bahan bakunya gula dan susu cair atau susu bubuk. Diproses dengan cara pasteurisasi. Karakteristiknya kental dan rasanya dominan manis. Nah, kandungan gula di dalamnya tersebut yang membuat produk tahan lama dan bisa mencegah kerusakan produk.

Adapun Tiga Sapi Susu Evaporasi dibuat dari susu segar tanpa lemak yang sebagian airnya diuapkan. Makanya karakteristiknya lebih pekat dari susu cair , rasanya pun lebih creamy, namun enggak sekental krim. Susunya diproses dengan sterilisasi secara higienis dan tanpa penambahan pengawet.

Sedangkan susu kemasan siap minum diproses dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi selama beberapa detik untuk menghilangkan bakteri yang terkandung di dalamnya. Karakteristiknya cair dan bisa langsung diminum.

Manfaat Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Dari penjelasan sebelumnya, sudah jelas ya perbedaan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis dengan susu biasa.

Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai jenis makanan dan minuman karena dapat menambah tekstur creamy dan rasa gurih. Bisa juga digunakan sebagai pengganti santan loh. Makanya, bukan hanya lezat, tetapi juga lebih sehat.


Adapun Tiga Sapi Kental Manis bisa digunakan sebagai bahan pelengkap untuk berbagai makanan dam minuman karena dapat menambah tekstur creamy dan rasa manis.


Cerita Tiga Sapi 

Kembali ke pertanyaan sebelumnya ya, kenapa saya memilih Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis? Nih, saya sebutkan keunggulan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis berdasarkan pengalaman pribadi yang saya rasakan.

Tiga Sapi Susu Evaporasi Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak
Kalau soal rasa, Tiga Sapi Susu Evaporasi ini enggak perlu diragukan lagi ya, creamy dan gurihnya pas. Lebih sehat pula. Pokoknya saya selalu menyetok minimal 2 kotak di rumah, hohoho....

Padahal dulu, saya tuh suka malas kalau menemukan resep yang harus memakai susu evaporasi. Susah mendapatkannya. Jangankan di minimarket dekat rumah, di supermarket langganan pun enggak ada. Jadi kalau mau beli, harus sengaja ke toko bahan kue atau ke supermarket di tengah kota. Butuh usaha lebih, heuheu.... Hingga akhirnya, beberapa bulan terakhir ini saya menemukan Tiga Sapi Susu Evaporasi di Griya dekat rumah. Yeay, senang banget deh.

Selain terjangkau cara mendapatkannya, Tiga Sapi Susu Evaporasi ini terjangkau juga loh harganya. Di Griya, harganya cuma Rp 13.450. Hemat banget kan. Isinya lebih banyak pula, 500 gram.

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Plus, yang paling penting, kemasannya juga ergonomis. Yup, Tiga Sapi Susu Evaporasi ini merupakan susu evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia. Memegangnya jadi lebih nyaman. Menuangkan isinya jadi lebih mudah hingga tetes terakhir. Selain itu, kalau kemasannya sudah dibuka, tapi isinya belum habis, bisa ditutup kembali serta isinya tetap aman dan higienis asalkan disimpan di lemari es. Disimpan di lemari es pun efisien dan enggak memakan banyak tempat.

Tiga Sapi Kental Manis Lebih Praktis dan Ekonomis
Rasa Tiga Sapi Kental Manis ini creamy dan manisnya pas. Terdapat 2 varian, original dan cokelat. Saya belum coba nih yang varian cokelat, kapan-kapan coba deh.

Sama seperti Tiga Sapi Susu Evaporasi, Tiga Sapi Kental Manis juga harganya sangat terjangkau. Di Griya, harganya cuma Rp 11.950. Lebih ekonomis dengan isi sebanyak 490 gram. Bisa dilihat dari kemasannya yang lebih tinggi.

Tapi seandainya bisa request, saya berharap semoga ke depannya Tiga Sapi Kental Manis juga menggunakan kemasan yang bisa dibuka-tutup seperti kemasan Tiga Sapi Susu Evaporasi, hehehe....

Kompetisi Foto Cerita Tiga Sapi

Teman-teman juga suka membuat Kreasi Resep Tiga Sapi untuk makanan atau minuman menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis? Saya punya info menarik nih. Siap-siap ya, karena bulan September nanti, tepatnya 9 - 30 September 2022, akan ada Challenge Cerita Tiga Sapi. Caranya gampang banget:
  1. Follow akun Instagram Tiga Sapi @lezatnyatigasapi dan follow Fan Page Facebook Tigasapi
  2. Upload testimoni dagangan teman-teman yang menggunakan produk Tiga Sapi Susu Evaporasi atau Tiga Sapi Kental Manis atau Kental Manis
  3. Tag @lezatnyatigasapi dan 3 orang teman
  4. Berikan hashtag #ceritatigasapi
  5. Pastikan akun enggak di-private

Pemenang yang beruntung akan mendapatkan saldo Ovo/GoPay total Rp 5.000.000 dan paket spesial dari Tiga Sapi. Setiap minggu, 4 orang pemenang favorit bisa mendapatkan saldo e-wallet sebesar Rp 250.000.

Challenge Cerita Tiga Sapi

Yuk, siapkan dari sekarang produk Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis, foto, dan ceritanya untuk Challenge Cerita Tiga Sapi ya. 

106 comments :

  1. Aduh es ini kelihatannya enak, baru dengar juga jarang nemu sih pastinya. Tertarik sama yang hijau mirip gabus, hemm bikin ngiler di jam-jam begini apalagi sama susu pasti ngeyangin perut ini mah. Terima kasih resepnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bahannya memang sama kaya es gabus, dari tepung hunkwe...

      Delete
  2. Baru tau ada minuman es bongko khas Pontianak, kalau di Bandung lebih mirip es podeng / goyobod ya teh. Menarik nih dicoba apalagi pakai 2 jenis susu tiga sapi. Cocok kayaknya buat minuman acara arisan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, mirip teh... Tapi kalau podeng/goyobod isinya lebih rame...

      Delete
  3. Ini enak banget sih. Apa lagi kalau pake tiga sapi susu evaporasi. Jadi pengin bikin, deh.

    ReplyDelete
  4. Jadi tercerahkan nih perbedaan kental manis dan evaporasi. Berarti kalau mau yang gulanya sedikit mending pilih evaporasi jadinya. Ya kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan... Susu evaporasi rasanya tawar, jadi kalau bikin minuman manis ya tetap harus ditambah kental manis...

      Delete
  5. Es Bongko-nya terlihat seger dan menggiurkan bikin pengen ikutan nyeruput, ternyata khas dari Pontianak yaaah.
    Wah, Tiga Sapi Susu Evaporasi ternyata bisa jadi pengganti santan yah, kebeneran banget di rumah lagi menghindari santan. Cucok deh!

    ReplyDelete
  6. Tadi ke supermarket lihat nih susu Tiga Sapi. Ragu mau beli karena belum tahu mau bikin apa. Cus ah...besok beli, siap praktek resepnya deh...

    ReplyDelete
  7. Ya ampuuun ngiler berat lihat es bongko. Tampak segar menggoda. Apalagi ditambah campuran nangka Dan sagu Mutiara. Mauuuu
    Hari ini langsung cuss belanja bahan-bahannya deh

    ReplyDelete
  8. dessert yang mudah dibuat karena resepnya sudah ada dan caranya juga mudah ya, makasi udah sharing resep

    ReplyDelete
  9. Pasti seger banget siang panas makan Es Bongko, kebayang rasanya yang enak dan creamy karena pake produk tiga sapi susu evaporasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ditambah tiga sapi kental manis juga yang manis dan legit...

      Delete
  10. Halo mba. Ini yang es yang jaman dlu suka dibekuiin dan dijual ya. Senangnya dlu makan es yang terbuat dari tepung hunkwe seperti ini tapi dikreasikan jadi makin enak dan lezat. Makasih inspirasinya mbaaa

    ReplyDelete
  11. Waaah segar dan menggoda sekali ya penampakan es Bongko. Pantes aku belum pernah ngerti. Ternyata dari Pontianak yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, jauh kalau ke pontianak, bikin sendiri aja, hehe...

      Delete
  12. Aduuuh, es bongko manis seperti yang membuatnya eeeeaaa hihi :D Ternyata ini toh rahasia mbak membuatnya, pakai Tiga Sapi susu evaporasi dan kental manis. AKu semakin penasaran karena udah banyak teman2 yang mencobanya. Praktis nih, jadi ga usah pakai santan, produk ini udah cukup ya. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sama-sama mbak, makasih...
      Iya, praktis banget pakai 2 produk Tiga Sapi ini...

      Delete
    2. Kudu lekas dibeli nih Tiga Sapi susu evaporasi dan kental manisnya. Ga sabar kepengen eksekusi bareng anak2 saat santai. Pas banget menikmati es bongko, lagi gerah2 gini. Atau pas anak2 sampai rumah pulang sekolah, mereka pasti happy :D

      Delete
    3. Iya mbak, boleh juga buat surprise anak pulang sekolah...

      Delete
  13. Wah seger sekali ini Es Bongko khas Pontianak, juas daun pandan ganti pakai pasta pandan, santan dan gula merah diganti dengan susu evaporasi dan kental manis Tiga Sapi. Pasti makin mantap ya rasanya!

    ReplyDelete
  14. Susu evaporasi itu memang gak ada ya duu mah, tapi sekarang jadi gampang dicari karena produksi lokal dalam negeri ya, gak kayak jenis susu atau krim susu yang jarang produk lokalnya, wah jadi penasaran juga nih sama rasa es bongkonya, makasih resepnya kak..

    ReplyDelete
  15. Woooahh terlihat seger banget yah kak, aku juga udah cobain tuh Tiga Sapi, emang seru buat jadi bahan kreasi masakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru ya, bebas mau dibikin minuman manis atau masakan gurih...

      Delete
  16. kenapa sih yang bikin resep pake Tiga Sapi bisa bikin ngiler. Kan saya jadi pengen coba. Trus menunya aneka es minuman berbagai daerah, aduh kebayang sih enaknya gimana itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, kumpulin resepnya terus dicoba satu-satu ya biar engga ngiler...

      Delete
  17. Daku suka lihat warna-warninya es..
    Pakai tiga sapi jadi makin legit dan segar disantap saat dingin ya kak

    ReplyDelete
  18. Tadi siang aku liat postingannya di IG dan udah komentar di sana. Nah baca di sini lengkap nih infonya.

    Aku meskipun udah pernah ke Pontianak, malah gak nemu es Bongko ini Nat. Baru tahu dari sini malahan. Keliatannya enak, manis, dan seger gitu. Rasanya pernah minum es begini tapi lupa di mana dan namanya apa.

    Penggunaan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis bikin es nya jadi lebih enak ya Nat. Thanks resepnya. Kapan-kapan cobain ah.

    ReplyDelete
  19. cara buatnya praktis banget yaa, kebetulan belum pernah buat dan merasakan rasa es bongko ini, kalau aku duplikat kayaknya bisa deh, bahan-bahannya juga mudah dicari

    ReplyDelete
  20. Waaaww sangat menggoda sekali es nya, baru tau perbedaan susu kental manis dan susu evaporasi.
    Mau aah cobain bikin es buah pake susu evaporasi cap tiga sapi.

    ReplyDelete
  21. Yummmy jadi mupengg bikin es buah pakai susu evaporasi cap tiga sapi. Baru tauu beda antara susu kental manis dan susu evaporasi.

    ReplyDelete
  22. Bongko tu mirip puding ya..sering lihat tepung hunkwee di minimarket ternyata bisa ya pake buat ky puding ..

    ReplyDelete
  23. Indonesia kaya akan kuliner ya mbak
    Baik makanan maupun minuman
    Es bongko ini enak ya mbak , segar dinikmati siang hari

    ReplyDelete
  24. Oalah bongko ini dari tepung hunkwe yaaa, kupikir apaan haha. Duh keliatan seger banget sih mana ada nangkanya dan kental manis Tiga Sapi mkwkwkw. Dipaduin sama yang susu evaporasi, aku bisa bayangin seger manisnyaaa

    ReplyDelete
  25. Kalau di sini namanya apa yah yg ijo2 itu, kwkw kalo ga salah es gabus mbaa. eh beda apa sama sih? Seger bangett yaa, jadi pengen ikutan bikinnn >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, kalau es gabus polos gitu diplastikin terus dibekuin, hehe...

      Delete
  26. enak banget nih, kebayang segernya gurih manis pakai susu kental manis ya hihi

    ReplyDelete
  27. Wah kayaknya enak banget mba... gurih, creamy, manis jadi satu ya rasanya... jadi pengen recook :D

    ReplyDelete
  28. wahh ternyata susu evaporasi juga bisa ya buat bahan minuman kaya es bongko, aku baru cobain bikin kue sama pasta pake tiga sapi susu evaporasi nih

    ReplyDelete
  29. Pernah denger kuliner satu ini tapi kebetulan belum pernga makannya mbak. Aku bayangin rasanya legit bangett ya ini, gurih manis dari tiga sapi juga

    ReplyDelete
  30. Oh, es bongko ini ternyata dari tepung hunkwe yaa..
    Jadi terkenang sama Ibu yang suka banget bikinin puding. Tapi kalo gak ada, diganti tepung hunkwe. Memang jadi kenyang banget sih yaa..
    Kesegarannya karena ada esnya, jadi pelepas dahaga di siang hari.

    ReplyDelete
  31. Dari sini jadi tahu akutuuu perbedaan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis dengan susu biasa. Dan bayangin Es Bongko yang segar dan mantap jadi pengin bikin sendiri aku. Pas buat sajian keluarga ini!

    ReplyDelete
  32. Wah terlihat sangat seger dan enak es bongko ini mbak
    Kalau di Surabaya, adanya jajajan bongko
    Bahannya sama lho, hanya saja dibungkus daun pisang lalu dikukus

    ReplyDelete
  33. duhhh sedepnya bongko ini dinikmati siang hari dengan keadaan dingin. Pasti seger banget dan bongko sendiri punya citarasa yang khas banget. Kalau di Pontianak namanya ati pasti, selain dinikmati "basah" bisa juga jering dengan lelehan gula merah dan kelapa

    ReplyDelete
  34. Praktis nih resepnya, jadi mau coba. Susu evaporasi bisa juga buat masakan ya selain dessert

    ReplyDelete
  35. tiga sapi evaporasi ini memang agak susah dicari sih, mbak. padahal ini praktis dan awet ya produknya dibanding susu segar atau uht. semoga aja nanti susu evaporasi tiga sapi bisa lebih mudah dicari yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu... Di tempat saya, malah tiga sapi susu evaporasi yang paling mudah dicari, dibanding merk lain...

      Delete
  36. Esnya seger dan mengenyangkan nih. Boleh dicoba. Aku belum pernah bikin Bongko pakai hunkwe. Nanti coba cari deh buat bikin resep ini

    ReplyDelete
  37. Esnya seger dan mengenyangkan nih. Boleh dicoba. Aku belum pernah bikin Bongko pakai hunkwe. Nanti coba cari deh buat bikin resep ini

    ReplyDelete
  38. Seger bangeettt apalagi klo diminum siang siang pas matahari persis d atas kepala.

    Mupeeenggg buat bikin jugaaaaa

    ReplyDelete
  39. Es bongko tuh es jaman dulu rasanya kayak gabus gitu kah bun?? Pakai susu evaporasi cap tiga sapi pastiii enaak seger gurih yaaa...

    ReplyDelete
  40. Jadi penasaran pengen cobain.. Kayaknya kok enak dan segerr banget niih. Mirip-mirip ama es podeng ya ini?

    ReplyDelete
  41. Itu saya penasaran pisaunya kayak apa. Buat motong hasilnya bagus gitu. Bikin es bongko makin cantik dan seger.

    Terus manisnya pas karena pakai susu Tiga Sapi.

    ReplyDelete
  42. Jadi ternyata Es Bongko ini adalah es khas Pontianak ya Mba. Enak nih pasti Segar kalau minum ini saat siang hari. Penasaran sama rasanya. Kalau di Bandung sih minuman tradisionalnya bubur lemu atau cingcau

    ReplyDelete
  43. Duh ini mah pasti seger pisan teh, praktis pula yah. AH catet juga resepnya

    ReplyDelete
  44. Itu irisan hunkweenya cakep amat ya, bergerigi gitu. Jadi cantik tampilan es bongko ya saat disajikan di mangkok
    Dinikmati siang-siang saat panas pasti enak banget ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya sengaja pakai pisau yang bergelombang, supaya agak beda...

      Delete
  45. Segar banget lihatnya mbak, minum es bongko buatan sendiri, bisa puas banget yaa. apalagi makannya barengan sama anak-anak. kebayang serunya!

    ReplyDelete
  46. Aku belum pernah cobain es bongko ini, kelihatannya enak, seger, dan mengenyangkan.. Beli dulu susu cap tiga sapi nya deh nanti cobain bikin juga, makasih reaepnya mbak

    ReplyDelete
  47. Iya evaporasi biasanya agak susah & mahal2 pula. Enak ini kalo tiga sapi juga punya evaporasi yg harganya pun terjangkau. Saya sering dengar es bongko, tapi belum pernah nyoba. Kuliner Pontianak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Tiga Sapi Susu Evaporasi ini mudah dicari dan terjangkau harganya...

      Delete
  48. Jujur belum pernah nyobain es bongkok, seperti enak banget ya mbk. Aku belum pernah masak pake susu evaporasi, next mau nyobain

    ReplyDelete
  49. cantik banget warna es bongko, merah kuning hijau. Bikin penasaran gimana rasanya. Tapiii kalau pakai susu tiga sapi enak ini mah!

    ReplyDelete
  50. Aku juga gitu mbak. Kalau pengen yang seher-seger tapi gak mau pake batu es, ya simpen aja di kulkas. Kan otomatis dingin

    ReplyDelete
  51. Aku ga familiar sama es Bongko karena hampir ga pernah nemu ini di Bogor, tapi kok keliatannya enak yaa. Save dulu resepnya, bisa jadi dessert buat keluarga hihi

    ReplyDelete
  52. ini enak buat takjil segerr pastinya, catet dulu ah buat kalau lagi puasa mau bikin buat menu buka

    ReplyDelete